Rangkaian kereta peluru Jakarta-Bandung diluncurkan di Qingdao - WisataHits
Jawa Barat

Rangkaian kereta peluru Jakarta-Bandung diluncurkan di Qingdao

JAKARTA (ANTARA) – Para wartawan mendapat informasi dari China Railway International Co., Ltd. (CRI) bahwa pada 5 Agustus, rangkaian kereta cepat dan kereta inspeksi komprehensif yang disesuaikan untuk jalur kereta cepat Jakarta-Bandung berhasil diluncurkan di kota Qingdao, provinsi Shandong, Tiongkok timur.

Sebelas rangkaian kereta api berkecepatan tinggi dan satu kereta inspeksi komprehensif dikirim ke Indonesia. Ini pertanda bahwa proyek pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, proyek unggulan dari “Belt and Silk Road”, telah membuat kemajuan yang signifikan dan akan meletakkan dasar yang kokoh untuk penyelesaian bangunan berkualitas tinggi. Jakarta-Bandung sesuai jadwal.

Seorang pejabat senior CRI mengatakan rangkaian kereta api berkecepatan tinggi dan kereta inspeksi komprehensif diluncurkan kali ini, dipimpin oleh CRI, anak perusahaan China State Railway Group Co., Ltd., CRRC Qingdao Sifang Co., Ltd., salah satu anggota Konsorsium Perusahaan Cina untuk Kereta Peluru Jakarta-Bandung.

Kereta ini menerapkan teknologi canggih dan matang dari standar seri kereta peluru Fuxing China dengan kecepatan 350km/jam, dan melakukan penyesuaian dengan lingkungan operasi lokal dan kondisi kereta api di Indonesia, serta mengintegrasikan produknya dengan budaya lokal Indonesia, sekaligus melakukan penyesuaian perbaikan dan Standar diadopsi desain dan manufaktur di Cina.
Foto dokumenter ini memperlihatkan Kereta Inspeksi Komprehensif KA Peluru Jakarta-Bandung saat uji coba pra-peluncuran. (Xinhua

Pejabat senior tersebut mengatakan bahwa rangkaian kereta peluru Jakarta-Bandung terlihat elegan dengan warna perak dan merah, yang berarti “kaya dan sejahtera”; dilengkapi dengan pola poligon merah yang terinspirasi dari tekstur hewan kebanggaan Indonesia “Komodo”, yang mencerminkan konsep koeksistensi yang harmonis antara manusia dan alam; warna utama untuk interior adalah abu-abu, merah dan biru, diadopsi dari “Candi Borobudur”, bendera nasional dan angkatan laut Indonesia; kursinya dihiasi dengan pola awan keberuntungan dalam gaya “batik” Indonesia.

Menurut pejabat tersebut, Kereta Peluru Jakarta-Bandung Series merupakan rangkaian power train terdistribusi yang kecepatan tertingginya mencapai 350 kilometer per jam saat beroperasi, dan fitur-fiturnya antara lain teknologi, keselamatan, kecerdasan canggih, kemampuan beradaptasi di lingkungan yang keras. , kekhasan lokal yang nyata, dll.

Untuk beradaptasi dengan lingkungan operasi di sepanjang kereta cepat Jakarta-Bandung, teknologi sensor cerdas diperkenalkan dan sistem pemantauan gempa dan peringatan dini dilengkapi. Dengan lebih dari 2.500 titik deteksi terpasang di kereta api, deteksi tepat waktu, peringatan dini, dan diagnosis dapat dilakukan di semua sistem utama; mengadopsi bentuk kepala mobil dengan resistansi rendah yang ramping, desain bodi kereta yang rata, dan teknologi pemulihan energi pengereman regeneratif, menjadikannya lebih rendah karbon dan hemat energi; mengadopsi desain anti korosi berkualitas tinggi dan teknologi perlindungan canggih, membuatnya lebih tahan terhadap semprotan garam dan sinar UV; memiliki “Mode Akselerasi Tinggi”, kinerja pendakian yang lebih baik dan dapat dimulai dengan aman di tanjakan 30 persen.

Pejabat tersebut menjelaskan bahwa kereta peluru seri Jakarta-Bandung memiliki kapasitas penumpang yang besar, fungsi pelayanan yang sempurna dan pengalaman perjalanan yang nyaman. Suatu rangkaian kereta api terdiri dari delapan gerbong dengan satu gerbong kelas satu, satu gerbong restorasi dan enam gerbong kelas dua dengan daya angkut 601 penumpang yang terbagi atas 18 penumpang kelas VIP, 28 penumpang kelas satu dan 555 penumpang kelas dua. .

Jika perlu, proses penyambungan kembali kedua rangkaian kereta dapat diterapkan. Kereta No. 4 memiliki zona aksesibel, dilengkapi dengan kursi dan sandaran tangan yang dapat diakses, toilet untuk penyandang disabilitas, tombol panggil SOS, rambu panduan Braille dan fasilitas lainnya untuk memudahkan perjalanan penumpang penyandang disabilitas; Kereta restorasi No. 5 dilengkapi dengan lemari penjualan, mesin kopi, lemari es, oven microwave dan peralatan lainnya, serta meja bar untuk memenuhi kebutuhan makan dan rekreasi penumpang.

Ia menambahkan, KA Inspeksi Komprehensif KA Jakarta-Bandung mengadopsi lapisan warna kuning dan mengintegrasikan peralatan pendeteksi rel dan rel, kabel overhead, sinyal komunikasi dan lain-lain, terutama untuk melaksanakan tugas deteksi komprehensif pada KA Jakarta-Bandung. , memastikan pengoperasian kereta cepat Jakarta-Bandung yang aman akan memberikan dukungan yang kuat.

Kereta peluru Jakarta-Bandung yang menghubungkan ibu kota Jakarta dan kota wisata populer Bandung, merupakan proyek unggulan dalam pembangunan “Sabuk dan Jalur Sutra” dan proyek unggulan kerjasama pragmatis antara China dan Indonesia, dengan total panjang 142 km, dan merupakan proyek kereta cepat Cina pertama di luar negeri dengan seluruh sistem, semua elemen dan seluruh rantai industri, dan seluruh jalur mengadopsi teknologi dan standar Cina.

Saat ini, semua terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah tersambung, dan pekerjaan dasar jalan, jembatan, dan stasiun kereta api sudah lebih dari 90 persen selesai. Pemasangan rel untuk jalur utama telah dimulai dan konstruksi proyek telah bergeser seluruhnya dari konstruksi di lokasi ke konstruksi di luar lokasi.

Pembangunan dan pengoperasian kereta api berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung akan membantu mempromosikan kerja sama yang lebih dalam antara kedua negara dalam pengembangan bersama “Belt and Silk Road” yang berkualitas tinggi, dan juga akan berfungsi untuk mempromosikan pengembangan China- Masyarakat Indonesia dengan Masa Depan yang sama.

Reporter: Xinhua
Penerbit: Satyagraha
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button