Ragam batik kayu di Dusun Krebet, Bantul, Yogyakarta, Pasca-Pagebluk - WisataHits
Yogyakarta

Ragam batik kayu di Dusun Krebet, Bantul, Yogyakarta, Pasca-Pagebluk

Ragam batik kayu di Dusun Krebet, Bantul, Yogyakarta, Pasca-Pagebluk

BacaJogja – Dusun ini identik dengan batik kayu. Sudah diwariskan puluhan tahun dan masih eksis sampai sekarang, meski jumlahnya tidak sebesar sebelum krisis Corona.

Ya, namanya Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Penduduk setempat telah membuat batik kayu untuk mencari nafkah. Dusun Krebet sudah puluhan tahun dikenal dengan produk kerajinan batik kayu ini.

Baca Juga: Usai Merti Dusun Jetisan Pakem, Anak-anak Beristirahat di Museum Dirgantara Yogyakarta

Potensi tersebut juga berhasil mempopulerkan Krebet dan Bantul dengan berbagai prestasi di tingkat nasional dan internasional.

Namun sangat disayangkan ekosistem ekonomi yang sehat dari sektor kerajinan di Krebet sedang mengalami masa kritis akibat dampak pandemi Covid-19. Beberapa pengrajin mengelak untuk bertahan hidup di masa-masa sulit.

Baca Juga : Daftar Paket Wisata Merti Dusun Krebet Bantul Yogyakarta

Terpaksa oleh keadaan, para pengrajin batik kayu di Krebet yang dulunya berjumlah lebih dari 400 orang ini harus beralih profesi. Saat ini, hanya belasan pengrajin yang hidup dengan profesinya.

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo mengatakan meski kondisi tersebut tidak serta merta membuat masyarakat Krebet meninggalkan tradisinya. Salah satunya Merti Dusun, kegiatan ini masih dilakukan secara rutin. “Merti Dusun Krebet sudah menjadi tradisi yang sudah ada sejak tahun 1948, jadi lebih dari 70 tahun,” ujarnya.

Baca Juga : Merti di Dusun Krebet Di Pajang, Bantul, Wujud Rasa Syukur Manusia Kepada Tuhan

Ia mengatakan, pemerintah Kabupaten Bantul memberikan apresiasi karena masyarakat Krebet telah ikut menyukseskan program Kabupaten Bantul, khususnya dalam melestarikan budaya.

Panewu Pajangan Anjar Arintaka Putra memiliki harapan besar agar momen ini dapat dimaknai sebagai semangat masyarakat Krebet untuk bangkit dan pulih pascapandemi. “Mudah-mudahan ini menjadi momentum untuk melanjutkan andalan yang sudah dibangun sejak lama,” ujarnya. []

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button