QRIS BSI dapat digunakan di Thailand - WisataHits
Jawa Barat

QRIS BSI dapat digunakan di Thailand

Bogordaily.net – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) adalah salah satu dari delapan Penyedia Layanan Pembayaran (PJP) QRIS antara Indonesia dan Thailand. Melalui kerjasama ini, nasabah BSI dan masyarakat Indonesia dapat menggunakan QRIS melalui BSI Mobile untuk bertransaksi di Thailand.

Selain implementasi QRIS antar negara, Hery Gunardi, Presiden Direktur BSI, mengatakan pihaknya menyambut baik kerjasama antara Indonesia dan Thailand dalam mengimplementasikan layanan pembayaran berbasis kode QR.

BSI sebagai lembaga perbankan nasional tetap berkomitmen untuk mendukung langkah pemerintah dan regulasi untuk mempercepat ekonomi dan keuangan digital, serta upaya memperkuat digitalisasi sistem pembayaran. melintasi perbatasan di kawasan Asean.

“BSI mengapresiasi langkah Bank Indonesia dalam mengimplementasikan inisiatif ini. Dengan semangat BSI sebagai energi baru bagi Indonesia, kami mendukung upaya pemerintah untuk memperkuat digitalisasi sistem pembayaran, termasuk dengan memperluas akseptasi BSI QRIS di aplikasi BSI Mobile. Melalui transformasi yang telah dilakukan perusahaan, BSI akan terus berinovasi dan melakukan terobosan-terobosan untuk meningkatkan layanan digitalnya melalui BSI Mobile, sehingga menciptakan nilai bagi pelanggan dan masyarakat luas serta mendukung perkembangan ekonomi dan keuangan digital di tanah air,” kata Hery. kata di Jakarta, dikutip laman BSI, Sabtu, 3 September 2022.

Terobosan ini juga merupakan tanda konsistensi perusahaan dalam memenuhi amanat Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk mengubah BSI menjadi lembaga keuangan syariah modern dengan layanan digital berkualitas.

Dengan terkoneksinya sistem pembayaran QRIS BSI di Thailand, lanjut Hery, tentunya akan semakin memudahkan nasabah dan wisatawan Indonesia untuk melakukan transaksi cashless di negeri gajah putih tersebut.

QRIS melalui BSI Mobile untuk transaksi di Thailand. (Spesial/Bogordaily.net)

Konektivitas pembayaran di ASEAN juga dikatakan lebih inklusif, sehingga memudahkan transaksi bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan dunia pariwisata antara kedua negara. Pasalnya, kedua negara memiliki banyak potensi wisata halal yang akan terus berkembang.

“BSI siap memberikan kemudahan bagi nasabah dan wisatawan QRIS BSI Mobile untuk berbagai kebutuhan transaksi digital. Konektivitas ini dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, mendukung UMKM di tanah air dan mempromosikan keuangan digital di tingkat nasional,” jelasnya.

Sementara itu, Anton Sukarna, Director of Sales & Distribution BSI menambahkan, BSI bersyukur bisa menjadi salah satu dari 8 institusi yang menawarkan layanan pembayaran QRIS untuk Indonesia-Thailand. Semoga ini akan mempermudah pembayaran bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia saat berkunjung ke Thailand.

“Kami melihat potensi yang sangat baik dalam penerapan QRIS antar negara, mengingat kunjungan ke luar negeri oleh WNI khususnya ke Thailand diperkirakan akan meningkat seiring dengan penurunan kasus Covid-19,” kata Anton.

Cara bertransaksi menggunakan QRIS di Thailand sangat sederhana dan sama dengan menggunakan QRIS di Indonesia. Nasabah atau masyarakat cukup membuka aplikasi BSI Mobile, lalu pilih menu QRIS dan scan barcode QRIS di toko atau retailer lainnya.

Penerapan QRIS antar negara juga diyakini dapat mendorong pertumbuhan penggunaan layanan seluler BSI. Seperti diketahui, pengguna BSI Mobile mencapai 4,07 juta pada Juni 2022, meningkat 81% secara tahunan, dengan kumulatif transaksi BSI Mobile mencapai 117,72 juta transaksi pada Juni 2022, berkontribusi pada penyebaran penghasilan yang dapat dikenakan sebesar Rp 119 miliar.

Menurut Anton, transaksi BSI-QRIS juga terus meningkat signifikan. Sepanjang Januari hingga Juni 2022, total transaksi QRIS BSI mencapai 2,7 juta transaksi senilai Rp 524 miliar. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 459.000 transaksi senilai Rp 37 miliar.***

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button