PWI Malang Raya sedang mengembangkan potensi desa dan mempersiapkan desa wisata - WisataHits
Jawa Timur

PWI Malang Raya sedang mengembangkan potensi desa dan mempersiapkan desa wisata

Malang Post – Potensi Sumber Daya Alam (SDA) di wilayah Kabupaten Malang terus digali oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Sehingga pemerintah kabupaten terus berinovasi melalui kerjasama berbagai lembaga untuk membuka potensi alam.

Seperti yang dikembangkan, salah satunya adalah desa wisata. Dengan masing-masing desa nantinya akan memiliki sumber pendapatan di luar Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, Rabu (24/822) saat menerima tamu dari pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya di ruang kerjanya. Dikatakannya, dalam rangka mengembangkan potensi sumber daya alam yang ada di Kabupaten Malang, Pemkab Malang tidak hanya menjalin kerjasama dengan lembaga negara dan swasta, namun juga mendapat dukungan dari para wartawan yang tergabung dalam PWI Malang Raya. Dengan program kegiatan yang dibuatnya, dilaksanakan di Kabupaten Malang.

“Kegiatan inovasi akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Salah satu kegiatan program yang ia lakukan, kata Didik, adalah penjelajahan desa, mengunjungi 378 desa dan 12 kecamatan yang tersebar di 33 kecamatan.

Ia membawa konsep Village Exploration untuk menggali potensi desa. Misalnya desa yang berpotensi dijadikan desa wisata, maka tim PWI Malang Raya akan merancang sebuah situs untuk dijadikan objek wisata. Selain itu, tidak hanya untuk membangun tempat wisata, tetapi juga untuk membantu masyarakat desa dari sisi lain, mis. B. menjadikan desa sebagai desa digital.

“Kami sangat mendukung program PWI Malang Raya pada Village Tour yang akan dilaksanakan pada awal Januari-Februari 2023. Oleh karena itu, Pemkab Malang juga akan bekerjasama dalam bentuk kegiatan nyata untuk kemajuan desa,” kata Didik.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua PWI Malang Raya Sapteng Mukti Nunggal mengatakan, PWI Malang Raya sudah memiliki beberapa program, salah satunya sebenarnya Jelajah Desa. Sementara itu, program ini bertujuan untuk menggali potensi desa karena Kabupaten Malang kaya akan sumber daya alam. Dan kabupaten ini juga kaya akan potensi alam yang bisa dijadikan desa wisata. Oleh karena itu, Partai Jelajah Desanya juga menggandeng beberapa kementerian untuk menciptakan sumber pendapatan baru bagi desa, yaitu dengan memanfaatkan potensi yang ada.

Dalam eksplorasi desa nanti, kata dia, tim eksplorasi desa akan melalui desa setiap hari untuk menggali potensinya. Karena potensi desa nantinya akan berkontribusi dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi. Termasuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. PWI sendiri tidak hanya bergerak dalam penulisan berita, tetapi juga membantu pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa.

“Dan kegiatan Jelajah Desa akan kita awali dengan memberikan pelatihan literasi media kepada 738 Kepala Desa dan 12 Kepala Desa, yang juga akan kita informasikan juga mengenai rencana kegiatan Jelajah Desa yang akan dilaksanakan pada tahun 2023,” pungkasnya. (Ra Indra)

Source: malang-post.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button