PWI Karawang sambut HUT RI ke-77 - WisataHits
Jawa Barat

PWI Karawang sambut HUT RI ke-77

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Karawang menggelar lomba baca puisi “Karawang-Bekasi” karya Chairil Anwar dan “Bancaran Sinar 45 dari Karawang” karya Dede Mulyana bersama Pejuang Siliwangi.

Lomba tersebut berlangsung pada Rabu (8/1022) di Waroeng Lengkong Kodim 0604 Karawang.

Pembukaan acara lomba tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Karawang, serta Ketua Pejuang Siliwangi (PS) Acep Jamhuri, Letkol Kav Makhdum Habiburrahman, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang, Martha Parulina Berliana , Ketua KNPI Kabupaten Karawang Guntar Mahardika, Perwakilan Polres Karawang dan Imigrasi Kelas IIA Karawang, Lapas Kelas IIA Karawang.

Ketua Pejuang Siliwangi Jabar dan Sekda Karawang Acep Jamhuri mengatakan, Pejuang Siliwangi bersama PWI Karawang ingin membantu memeriahkan HUT RI.

Melalui lomba puisi, diharapkan para kontestan dapat mengungkapkan perasaannya tentang peristiwa pertempuran para pahlawan.

“Semoga lomba baca puisi ini dapat memaknai nasionalisme dan patriotisme dengan mengisi kemerdekaan,” ujarnya.

Ketua panitia Panji Mayza Perdana mengatakan ada 67 peserta yang mengirimkan video pembacaan puisi, baik kategori sarjana maupun sarjana/umum.

Dari jumlah tersebut, panitia melakukan kurasi hingga akhirnya melihat 10 kategori mahasiswa dan 11 kategori mahasiswa/umum.

“Oleh karena itu, akan diadakan lomba membaca puisi di atas panggung hari ini untuk menentukan juara 1, 2, dan 3 masing-masing kategori,” kata Panji.

Panji menjelaskan, peserta yang lolos kurasi akan membacakan puisi “Karawang-Bekasi” karya Chairil Anwar dan “Pancaran Sinar 45 dari Karawang” karya Dede Mulyana dalam lomba membaca puisi.

Nantinya, mereka yang tampil akan dinilai oleh juri yang terdiri dari penyair nasional peri Sandi Huizche dan budayawan Abah Sarjang.

Dalam kesempatan ini, Panji berharap kegiatan ini menjadi program rutin di Karawang, dengan skala yang lebih besar lagi, mulai dari seluruh Purwasuka (Purwakarta Subang Karawang), seluruh Jawa Barat dan seluruh Indonesia.

“Berbicara tentang Karawang tidak lepas dari dunia sastra, biasanya Karawang memiliki destinasi kuliner dan wisata alam. Tapi ke depan, Karawang bisa menjadi destinasi wisata sastra,” ujarnya.

Lomba baca puisi ini disponsori oleh Sharp, Bank BJB, Summarecon Karawang, Galuh Mas, Pertamina PHE-ONWJ, Pindo Deli, eL-Record. Tidak hanya lomba membaca puisi, acara Kirab di Rengasdengklok pada 16 Agustus 2022 juga disponsori oleh para sponsor tersebut. (bulat)

Source: www.pelitakarawang.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button