PWI Jateng Inisiasi VHF “Joglosemar” Tahun 2023, Dibantu Semen Gresik - WisataHits
Jawa Tengah

PWI Jateng Inisiasi VHF “Joglosemar” Tahun 2023, Dibantu Semen Gresik

PWI Jateng Inisiasi VHF “Joglosemar” Tahun 2023, Dibantu Semen Gresik

Rencananya event “kolosal” dan pertama kali di Indonesia ini akan berlangsung di Yogyakarta pada tahun 2023.

Jumat, 09 Desember 2022 | 23:31 WIB – Keberagaman
Pengarang : Siti Muyassaroh. Penerbit: Wis

KUASAKATACOM, Semarang – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah bersama PT Semen Gresik sukses menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) putaran ke-36 yang berlangsung pada Jumat (9/12) di Gedung Prof. Dr. H. Muladi SH Gedung Universitas Semarang (USM) berakhir. Menara.

Seluruh peserta yang terdiri dari rombongan wartawan utama dan dua rombongan pemuda dinyatakan kompeten oleh tiga penguji, yakni Amir Machmud NS, Hudono dan Widiyartono.

BERITA TERKAIT:
PWI Jateng Inisiasi VHF “Joglosemar” Tahun 2023, Dibantu Semen Gresik
Menjaga ketersediaan air, PT Semen Gresik membangun 3 waduk di Rembang
Semen Gresik melalui CSV mengajak masyarakat di Rembang untuk mengubah limbah tongkol jagung menjadi rupiah
FM mencegah jurnalis terlibat dalam anarkisme jurnalistik
Subhan Semen Gresik akan memimpin mulai awal tahun 2021

Menindaklanjuti kerjasama tersebut, PWI Jateng dan Semen Gresik menginisiasi pelaksanaan VHF dengan ratusan peserta dari Jogja, Solo dan Semarang (Joglosemar) pada tahun 2023.

Agenda VHF dengan target peserta minimal 150 jurnalis antara lain PWI Jawa Tengah, Surakarta dan DI Yogyakarta.

Rencananya event “kolosal” dan pertama kali di Indonesia ini akan berlangsung di Yogyakarta pada tahun 2023.

Ketua PWI Jateng Amir Mahmud NS mengatakan, setelah enam kali bersinergi dengan Semen Gresik di ajang VHF, pihaknya membuat kerjasama ini.

Pertama, sinergi dalam orientasi jurnalistik sebagai proses keanggotaan PWI. Kedua, menginisiasi UKW Joglosemar dengan jumlah peserta yang lebih banyak.

“Kegiatan ini didukung penuh oleh Semen Gresik. Nanti di VHF Joglosemar, tenaga penggeraknya tetap dari PWI Jawa Tengah dan kami bekerjasama dengan PWI DIY dan PWI Surakarta. Ini juga sikap ketiga daerah tersebut. Harapan kami juga menjadi pilot project dalam rangka sinergi,” ujar Amir usai acara wisuda VHF di USM.

Menurut Amir, VHF PWI Jateng sudah mendapat pengakuan dari PWI Pusat. Sebagai program unggulan, UKW memiliki misi mulia, yaitu mendidik jurnalis yang unggul secara profesional dan beretika.

Di sisi lain, Ketua PWI DIY Hudono yang juga penguji VHF menyambut baik VHF Joglosemar.

Ia sangat mengapresiasi program VHF PWI Jateng yang menurutnya luar biasa, baik dari segi kualitas peserta maupun sinergi dengan mitra kerja yang berbeda.

“Tentunya jika kami menjadi bagian dari UKW Joglosemar, itu akan menjadi sesuatu yang menyenangkan dan bisa menjadi panutan,” ujar Hudono.

Hal senada diungkapkan Ketua PWI Surakarta Anas Syahirul yang juga mengapresiasi gagasan VHF Joglosemar tahun depan. Menurutnya, ide cemerlang ini harus ditanggapi dengan menyapa wartawan yang tidak mengikuti VHF.

“Saya pikir ini brilian, efektif dan efisien. Tapi yang jauh lebih penting adalah semangat kerjasamanya,” kata Anas.

Agak gay

Sementara itu, Senior Manager Komunikasi dan CSR PT Semen Gresik Dharma Sunyata mengatakan, pihaknya mendukung segala bentuk inovasi terkait penerapan VHF, salah satunya VHF Joglosemar.

“Kalau sudah ketemu pimpinan PWI Jateng dan DIY, kenapa tidak kita satukan gelar? Ada Jawa Tengah, Yogya dan Solo. Akhirnya muncul ide UKW Joglosemar dan kami dukung. Pelaksanaannya pasti lebih seru dan gaungnya lebih luas lagi,” kata Dharma didampingi Manajer Hubungan Kelembagaan Yeni Indah Lestari.

Dharma mengapresiasi implementasi VHF USM yang menurutnya berkualitas tinggi dan menunjukkan kompetensi semua orang yang terlibat. Ia berharap kegiatan ini terus berlanjut karena FM sangat penting sebagai bahan penilaian keterampilan SDM wartawan.

Salah satu peserta utama VHF, Ilham Ardha Saputra, bersyukur bisa melewati VHF ini dengan baik dan dinyatakan kompeten. Ia ingin VHF ke depannya dikemas lebih menarik, misalnya di lokasi-lokasi wisata.

Untuk memotivasi para peserta, Semen Gresik memberikan hadiah kepada tiga jurnalis muda yang dinilai mampu menulis berita siaran. Tiga kontestan FM yang meraih juara I-III adalah Ari Sunandar, Wahyu Triatmaja dan Issatul Hani’ah.

***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button