PWI Jateng Gelar HPN 2023 Bertema “Pers Edukatif Menuju Tahun Politik 2024” - WisataHits
Jawa Tengah

PWI Jateng Gelar HPN 2023 Bertema “Pers Edukatif Menuju Tahun Politik 2024”

PWI Jateng Gelar HPN 2023 Bertema “Pers Edukatif Menuju Tahun Politik 2024”

Pengurus PWI Jateng dan Panitia HPN Jateng 2023 saat audiensi dengan Rektor Unwahas Semarang, Jumat (01/06/2023). (foto dok pwi)

SEMARANG (sigi jateng.id) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah siap menggelar rangkaian kegiatan mulai 9 Februari hingga akhir Maret 2023 untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) kolosal 2023.

Tahun ini, HPN 2023 berlangsung di Semarang dengan motto “Pers Edukatif Menuju Tahun Politik 2024” dan bertemakan “HPN Goes to Campus”.

Adapun substansinya yaitu semangat kembali kepada Khitah jurnalistik yang berkualitas, dinamika resonansi sikap media, membangun suasana kebangsaan yang sehat dan semangat pembangunan daerah.

Ketua PWI Jateng Amir Mahmud NS mengatakan keragaman kegiatan akan terlihat dalam rangkaian agenda kegiatan yang berbasis intelektualitas dan kesadaran untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) jurnalis.

“Pertama, kita akan adakan dialog antara lima Rektor, yakni Rektor Udinus, UKSW, Unissula, Unika dan Unwahas, di kampus Udinus. Temanya: Media Pendidikan Tahun Politik 2024,” ujar Senin (16/1/2023) didampingi Sekretaris Setiawan Hendra Kelana dan Ketua Panitia HPN Zaenal Abidin Petir.

Kedua, Dialog Membangun Kampus Nasional di Universitas Semarang menghadirkan Romo Benny, Dr. Superi, dr. Ferdinand Indianto dan Prof. Dr. Imam Taufik. Menkopolhukam Prof Mahfud MD yang juga anggota Majelis Wali Amanat USM rencananya akan menjadi keynote speaker.

Ketiga, dialog “UMKM implementasi ekonomi khas Indonesia” di kampus Unwahas dengan narasumber dari Koperasi Jateng dan kepala dinas UMKM, pakar ekonomi dari Unwahas dan pemangku kepentingan UMKM.

Keempat, Dialog “Pers Nasional Menuju Tahun Politik” di kampus UKSW Salatiga. Dialog tersebut akan dihadiri oleh Rektor UKSW, Civitas Akademika Undip dan Ketua PWI Jateng.

Kelima, Kelompok Khataman Al-Quran Ashabul Kahfi yang beranggotakan wartawan PWI Jawa Tengah, dilanjutkan dengan Tausyiyah Tahun Politik di kampus Unissula.

Puncak peringatan HPN 2023 di Dataran Jawa Tengah akan dilaksanakan pada 3 Maret 2023 di Gradhika Bakti Praja. Pameran foto jurnalistik dan produk UMKM Jawa Tengah juga akan digelar di hari yang sama.

VHF Joglosemar

Selain kegiatan di beberapa kampus, PWI Jateng juga akan menyelenggarakan Ujian Keterampilan Wartawan (UKW) Bersama bernama “UKW Joglosemar” bekerja sama dengan PWI Solo dan PWI DIY.

VHF yang didukung penuh oleh Pabrik PT Semen Gresik Rembang ini rencananya akan berlangsung di Kota Yogyakarta, sekaligus kolaborasi ketiga PWI untuk memperingati HPN 2023.

Ketua PWI Jateng Amir Mahmud NS, Ketua PWI Solo Anas Syahirul Alim dan Ketua PWI DIY Hudono beserta manajemen menggelar rapat dengan Pabrik PT Semen Gresik Rembang pada Senin, 16 Januari 2023 untuk membahas agenda penyelesaian.

“Masih banyak kegiatan lokal lainnya seperti ziarah ke makam wartawan, Tumpeng Syukuran HPN dan one day tour ke desa wisata di Kota Semarang,” tambah Amir Mahmoud. (muncul)

Baca lebih banyak berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button