Purwakarta akan menjadi tuan rumah JIT ITB 2023 - WisataHits
Jawa Barat

Purwakarta akan menjadi tuan rumah JIT ITB 2023

Purwakarta akan menjadi tuan rumah JIT ITB 2023

Didampingi staf khusus Kementerian BUMN Arya Mahendra Sinulingga, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika membuka event triathlon internasional ITB JIT 2023 di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

telusur.co.id – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika meresmikan International Triathlon Institut Teknologi Bandung Jatiluhur 2023 (ITB JIT 2023), ajang triathlon bertaraf internasional yang diadakan di kawasan Waduk Jatiluhur, pada Minggu, 15 Januari 2023 bertempat di Purwakarta, Jawa Barat.

“Dengan diadakannya event olahraga bertaraf internasional di kawasan Waduk Jatiluhur ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian khususnya sektor pariwisata di Kabupaten Purwakarta,” ujar Ambu Anne, sapaan akrab Bupati Purwakarta.

Menurut Ambu Anne, penyelenggaraan lomba triathlon dapat digolongkan sebagai sport tourism yang tentunya akan berdampak positif bagi promosi dan pengembangan wisata alam khususnya di Waduk Jatiluhur, serta citra positif pariwisata di Kabupaten Purwakarta.

Lebih lanjut, dengan dilakukannya kegiatan ini menunjukkan dan membuktikan bahwa Purwakarta dapat menjadi tempat dan tuan rumah untuk kompetisi triathlon yang aman, nyaman dan menyenangkan dengan lokasi yang sangat unik di kawasan Waduk Jatiluhur.

“Kegiatan ini patut dibanggakan karena tidak semua daerah memiliki tempat yang cocok dan layak untuk menggelar kompetisi triathlon ini,” ujar Ambu Anne.

Penyelenggaraan pertandingan triathlon juga memuat nilai inti daya tahan, kecepatan dan kehandalan yang melalui kegiatan olah raga dapat memberikan dorongan yang besar bagi pertumbuhan dan perkembangan destinasi pariwisata di Kabupaten Purwakarta.

Acara ini menarik atlet dari luar negeri, termasuk Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Singapura, Malaysia dan Australia, selain atlet dalam negeri.

Lomba lari, renang, dan bersepeda (triathlon) tersebut diketahui diprakarsai oleh Ikatan Alumni Sipil (ALSI) Institut Teknologi Bandung dan Jasa Tirta II serta mendapat dukungan penuh dari Kementerian BUMN dan Forkopimda Purwakarta.

Kompetisi internasional ini spesial karena diadakan di kawasan Waduk Jatiluhur, waduk terbesar di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara.

Perlombaan akan menampilkan dua kategori, yaitu jarak Olimpiade (renang 1.500m, bersepeda 40km, dan lari 10km) dan jarak Sprint (renang 750m, bersepeda 20km, dan lari 5km). Selain kelas individu, ada juga kelas lari estafet dengan jumlah peserta 3 orang (renang, bersepeda, dan lari) untuk masing-masing kategori.

Ajang triathlon di Danau Jatiluhur ini diharapkan mampu menarik minat para penggiat olahraga triathlon Tanah Air yang selama ini mendambakan ajang berkualitas. [ham]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button