Pura Mangkunegaran membangun taman megah yang terinspirasi dari era MN VII - WisataHits
Jawa Tengah

Pura Mangkunegaran membangun taman megah yang terinspirasi dari era MN VII

solo

Pura Mangkunegaran saat ini sedang mengembangkan Taman Mangkunegaran. Pembangunan dilakukan di atas bekas lapangan tenis di sisi barat laut Pura Mangkunegaran.

Penggeng Puro Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegoro X mengatakan, revitalisasi Candi Mangkunegaran telah berlangsung selama 5 bulan. Revitalisasi ini diharapkan selesai pada akhir Desember 2022.

“Jadi di sini kurang lebih pembangunan Taman Mangkunegaran terinspirasi dari era VII Mangkunegoro sekitar tahun 1920-an. Jadi ke depan akan kita kembalikan seperti ini,” ujarnya, Selasa (11/822). ).

Mengkunegoro X mengatakan akan ada tiga gedung di Taman Mangkunegaran. Gedung pertama Pracimasono, gedung kedua Pracimawisik dan gedung ketiga Pracimaloka.

“Di sini juga akan ada bangunan yang akan kita gunakan nanti. Karena fungsinya, informasi tersebut akan kita tindak lanjuti sekarang pada saat peresmian atau kesempatan lainnya,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, Taman Mangkunegaran akan dibuka untuk tujuan wisata umum di masa depan. Selain itu, juga akan menjadi tempat pelestarian pengembangan budaya.

“Misalnya di bidang seni, di bidang UMKM, UMKM juga bisa berkembang di sini, dan arahnya juga ada untuk makanan khas Mangkunegaran,” ujarnya.

Sebelum revitalisasi dilakukan, KGPAA MN X mengumumkan telah terlebih dahulu melakukan kajian.

“Taman ini terinspirasi dari era MN VII. Jadi dari kajian yang kami lakukan dengan dukungan dan warisan budaya, seperti taman, air mancur,” ujarnya.

Ditegaskan, seluruh anggaran dibiayai oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan Taman Mangkunegaran diharapkan bisa menjadi ruang publik bagi masyarakat.

“Semoga ini menjadi salah satu destinasi baru. ruang publik Ini baru tapi saya tegaskan lagi ini baru tahap awal, kan akan ada tahap di sini, Taman Prachima Twin. Baru nanti ada revival dan revival di tempat lain,” jelasnya.

Tonton Video Kisah Korban Banjir Bandang Semarang, Properti Terjual Habis
[Gambas:Video 20detik]
(aplikasi/dil)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button