Pura Joglo Purwodadi, Pura Buatan yang Memberikan Nuansa Bali - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Pura Joglo Purwodadi, Pura Buatan yang Memberikan Nuansa Bali – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Seorang pengunjung berfoto di Candi Joglo Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah. (Instagram @candi_joglo_purwodadi)

Solopos.com, GROBOGAN — Kabupaten Grobogan di Jawa Tengah (Jawa Tengah) belum memiliki objek wisata berupa candi seperti Kabupaten Karanganyar dengan candi Cetho dan Sukuh serta Magelang dengan candi Borobudur. Namun, hal itu tidak menyurutkan para pelaku pariwisata di Grobogan untuk membangun sebuah bangunan mirip candi yang sejak saat itu menjadi magnet bagi wisatawan, yaitu Candi Joglo Purwodadi atau juga dikenal sebagai Candi Joglo Semar.

Candi Joglo sebenarnya terletak di kecamatan Toroh, tepatnya di Dusun Sukoharjo, Karangganharjo. Namun candi ini lebih populer dengan lampiran Purvodadi mengikuti nama ibukota kabupaten yang lebih populer dari nama kabupaten.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Dikutip Jatengprov.go.id, Candi Joglo Purwodadi sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, situs tersebut baru dibuka untuk umum sekitar tahun 2022.

Adalah Muhadi, warga Grobogan yang memprakarsai pembangunan Candi Joglo. Muhadi membangun sebuah bangunan yang bentuknya seperti pura atau pura karena dilatarbelakangi oleh keinginan untuk membuat destinasi wisata yang dapat menarik wisatawan ke Grobogan.

Dikutip dari situs Grobogan.go.id, Pura Joglo Purwodadi pada awalnya merupakan sanggar seni budaya bagi warga Kabupaten Grobogan, sebagai wadah para seniman untuk mengembangkan bakatnya.

Baca juga: Ingin Suasana Bali? Langsung saja ke Candi Joglo Grobogan

Candi ini dibangun di atas lahan seluas 1 hektar dan terdiri dari beberapa bagian. Tempat ini awalnya digunakan untuk tujuan mediasi. Namun, setelah dibuka untuk umum, desain bangunan candi dibuat seperti candi untuk memberikan kesan kepada wisatawan yang berkunjung.

Selain bentuknya seperti pura di Bali, nuansa Bali semakin kental dengan suara khas gamelan Bali yang dimainkan terus menerus, memberikan kesan bahwa ada pariwisata Bali di Grobogan yaitu di Pura Joglo Purwodadi.

Pengunjung yang ingin memasuki candi ini hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang dan layar poleng sebesar Rp 5.000. Pengunjung yang datang juga bisa mengabadikan momen tersebut melalui foto.

Baca juga: Liburan Temukan Tempat Wisata Terbaru di Grobogan

Saat berfoto di Pura Joglo Purwodadi pasti banyak yang mengira sedang berlibur ke Bali.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button