Pupuk Kaltim membantu mengembangkan wisata pantai di Bontang - WisataHits
Jawa Timur

Pupuk Kaltim membantu mengembangkan wisata pantai di Bontang

Bontang (ANTARA) – PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) mendorong pengembangan pariwisata di Kota Bontang, Kalimantan Timur dengan semakin meningkatkan kapasitas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tanjung Laut Indah dan masyarakat pesisir yang tergabung dalam Better Living meningkat di program malahan.

Anggono Wijaya, Wakil Presiden Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PKT, di Bontang, Sabtu, mengumumkan di Bontang, Sabtu, bahwa kegiatan yang bekerjasama dengan Pengembangan Kursus dan Pelatihan LCT di Malang, Jawa Timur itu berlangsung selama satu hari.

Pembinaan diberikan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pengelola pariwisata mengingat Malahing masuk dalam 100 besar nominasi Indonesia Tourism Village Award (ADWI) oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf).

“Melalui kerjasama PKT dengan Pemkot Bontang di Pokdarwis, potensi wisata Malahing bisa kita maksimalkan, sehingga bisa masuk 50 besar nominasi ADWI tahun depan,” kata Anggono.

Ia mengatakan pembinaan yang dilakukan oleh PKT mengacu pada konsep Pentahelix sebagai salah satu unsur pengembangan potensi wisata, dimana pelibatan seluruh elemen masyarakat seperti pemerintah, akademisi, dunia usaha, masyarakat hingga media massa bertujuan untuk meningkatkan pengembangan dan pengembangan kearifan lokal. sumber daya.

Baca juga: Sandi: Pengembangan Personil Kendala Terbesar Pokdarwis

“Dengan cara ini, ke depan kita bisa mengembangkan rekomendasi pengelolaan pariwisata di Malahing yang lebih optimal dengan melibatkan berbagai pihak,” kata Anggono.

Sementara itu, Nurfaidah, Kepala Desa Tanjung Laut Indah, mengatakan pengelolaan pariwisata di Kampung Malahing saat ini terintegrasi melalui Pokdarwis Pesisir Indah yang bertugas mengelola dan menginventarisasi pariwisata desa.

Ia mengatakan, masuknya Malahing dalam nominasi Top 100 ADWI 2022 merupakan kebanggaan tersendiri, yang diharapkan dapat tampil lebih baik lagi bekerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas pengelola pariwisata.

“Kami berterima kasih atas dukungan Anda terhadap PKT selama ini dan Desa Tanjung Laut Indah siap menempatkan Malahing dalam 50 Besar ADWI tahun 2023. Semoga ke depan sektor pariwisata Bontang semakin tumbuh dan berkembang,” kata Nurfaidah.

Sebagai perwakilan dari Kota Bontang, Direktur Pariwisata Dispopar Ramli Mansurina optimistis potensi Malahing sebagai destinasi wisata unggulan di Kota Bontang dapat lebih dimaksimalkan, dan berharap pengembangan kapasitas pengelolaan pariwisata akan semakin mendorong pengembangan destinasi wisata pesisir. .

“Semoga tujuan kita mendorong Malahing menjadi lebih sukses di tahun 2023 dapat terpenuhi dengan baik dengan kegiatan ini,” harapnya.

Baca Juga: Perairan Malahing PKT Siap Jadi Objek Wisata Unggulan

Wartawan: Gunawan Wibisono
Penerbit: Risbiani Fardaniah
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button