Puncak Widosari, Menikmati panorama alam Kulon Progo dari ketinggian - WisataHits
wisatahits

Puncak Widosari, Menikmati panorama alam Kulon Progo dari ketinggian

Puncak Widosari, Menikmati panorama alam Kulon Progo dari ketinggian
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 06.00–18.00 WIB, Alamat: Tegalsari, Ngargosari, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Hal ini tidak terlepas dari adanya torehan perbukitan yang terbentang luas di kawasan tersebut. Puncak Widosari merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi di Kulon Progo. Puncak dengan ketinggian 900 mdpl ini menyuguhkan berbagai pemandangan alam yang indah dan menakjubkan.

Tempat wisata ini sudah ada sejak tahun 2012, namun saat itu belum memiliki banyak fasilitas. Akses jalan juga selalu seadanya, pagar juga selalu terbuat dari bambu dengan undakan berbentuk tanah. Tahun 2017 menandai awal renovasi sekaligus menjadi perubahan besar bagi Puncak Widosari. Selama ini akses jalan dan fasilitasnya sudah mumpuni dan layak untuk dijadikan objek wisata terbaik.

Untuk mencapai puncak yang luar biasa ini, diperlukan kelebihan energi dan kondisi fisik yang baik. Dari tempat parkir mobil, Anda harus menaiki sekitar 240 anak tangga. Jumlah yang banyak tentunya dan cukup melelahkan. Tidak sedikit wisatawan yang berhenti di tengah jalan hanya untuk mengisi ulang baterainya. Untungnya, tersedia banyak bangku dan gazebo sebagai tempat istirahat.

Objek Wisata Puncak Widosari

Objek Wisata Puncak WidosariKredit gambar: Google Maps Antonius J. Haryono

Puncak dengan pemandangan indah ini tidak hanya dikunjungi wisatawan yang ingin bersantai, tapi juga pecinta alam dan pramuka. Tentunya ada alasan yang mendukungnya, yaitu data daya tarik yang menarik. Apa Saja Daya Tarik Puncak Widosari? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Pemandangan perbukitan yang indah

Karena letaknya yang berada di atas ketinggian, jelas daya tarik pertama adalah keindahan perbukitannya. Lokasinya yang berada di kawasan perbukitan Menoreh membuat pemandangan semakin indah. Pepohonan hijau yang rindang tak pernah luput dari pandangan.

Sementara di sisi lain, kebun teh warga melengkapi lukisan alam. Panoramanya semakin menakjubkan dengan berbagai burung yang terbang seolah menyapa. Kontur perbukitan yang khas terlihat jelas dan terlihat indah dari atas.

2. Panorama pantai selatan terlihat jelas

Belum puas menikmati keindahan perbukitan di Puncak Widosari, Anda akan melihat betapa luasnya hamparan air laut di seberang sana. Bibir pantai selatan bisa terlihat jelas meski berada di atas ketinggian. Sayangnya, ombak khas pantai tidak terlihat. Namun, panorama alam ini menjadi daya tarik lain bagi wisatawan yang melintas.

Keindahan panoramanya semakin mencolok dengan kontras hijaunya perbukitan dan birunya lautan. Langit biru jernih semakin menyempurnakan tampilan. Hanya saja, jika cuaca tidak mendukung, Anda tidak akan bisa melihat panorama ini. Oleh karena itu, sebaiknya mengunjungi tempat wisata ini saat cuaca sedang cerah.

3. Keindahan pegunungan tampak nyata

Daya Tarik Properti Puncak WidosariKredit gambar: Google Maps Agus San

Meski keindahan pantainya kurang indah saat cuaca mendung, Anda bisa memiliki pemandangan lain. Puncak Widosari di Kulon Progo menyuguhkan pemandangan alam lain berupa pegunungan. Bukan hanya satu atau dua gunung saja, melainkan ada empat gunung yang kemegahannya bisa Anda nikmati sekaligus.

Empat gunung yang dimaksud masih terdapat di wilayah Jogja dan sekitarnya, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Gunung Sumbing. Entah itu cerah atau mendung, selalu indah menghiasi pegunungan. Anggap saja saat cuaca sedang mendung disertai awan tebal, pemandangan pegunungan semakin mempesona.

4. Tebing Batu

Tepat di atas puncak bukit, terdapat sebuah batu besar yang berdiri tegak seolah menggapai langit. Atraksi ini tidak mungkin ditemukan di daerah lain. Selain itu, keindahannya lebih mudah diapresiasi karena jarak pandang dengan titik terakhir tempat Anda berdiri sangat dekat.

Bentuknya yang memanjang, seperti balok, tidak bisa dipanjat, namun bisa Anda gunakan sebagai background foto yang cantik. Hal ini juga yang dilakukan wisatawan lain, dimana batu tersebut dijadikan sebagai point utama untuk mengambil foto atau video.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Puncak WisosariKredit gambar: Google Maps Aynia Ashfa

Untuk sampai ke Puncak Widosari, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Jogja atau Tugu Jogja. Kali ini diperlukan untuk menempuh jarak setidaknya 40 kilometer. Alamat lengkap di Tegalsari, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Banyak rute yang bisa ditempuh, namun umumnya menggunakan jalur yang mengarah ke Jalan Godean atau Ring Road. Dari pusat kota Jogja, menuju ke arah barat menuju perempatan Ring Road. Setelah melewati jembatan Progo dan sampai di perempatan, belok kanan menuju kecamatan Dekso.

Lurus terus sampai perempatan Dekso, lalu ambil jalur kiri dan masuk ke kecamatan Samigaluh. Sesampainya di perempatan Plano, silahkan belok kanan dan ikuti rambu yang ada disana. Akses jalan yang harus dilalui cukup baik, namun beberapa tanjakan bisa menyulitkan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Puncak WidosariKredit gambar: Facebook Shin Dulaga

Puncak Widosari memungut biaya masuk untuk setiap wisatawan yang berkunjung. Namun harganya tetap terjangkau dan jauh dari kata mahal. Tidak ada perbedaan antara anak-anak dan orang dewasa, semuanya dikenakan tarif yang sama yaitu 5000 rupee. Tarif ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Selain tiket masuk, biaya yang harus dikeluarkan adalah untuk parkir kendaraan. Sesuai tarif objek wisata standar, mobil dikenakan biaya Rs 5.000 dan sepeda motor Rs 2.000. Tidak ada lagi biaya yang perlu Anda keluarkan selain untuk kedua hal tersebut. Hanya saja jika ingin menikmati makanan dan minuman di stand tersebut tentunya harus membayar.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Puncak Widosari

Aktivitas menarik di Puncak WidosariKredit gambar: Google Maps Dimas Arif Antonio

Kegiatan wajib dilakukan saat berkunjung ke Puncak Widosari. Sebagian besar wisatawan menggunakan alasan ini untuk mengunjungi objek wisata alam ini. Menikmati keindahan alam adalah salah satunya. Tentu saja, masih banyak hal lain yang bisa dilakukan, seperti aktivitas berikut ini!

1. Saksikan matahari terbit dan terbenam yang indah

Masih tentang keindahan alam, Anda bisa melihat bagaimana matahari perlahan terbit di atas kepala Anda. Sebaliknya, keindahan sunset juga bisa disaksikan di tempat yang sama. Meski tidak sepenuhnya karena diselimuti pegunungan, pancaran sinarnya seolah tak mampu menutupi eksotismenya.

Kegiatan ini dianggap wajib bagi sebagian wisatawan yang berkunjung ke Puncak Widosari. Maka tak heran jika banyak dari mereka yang setuju berangkat subuh untuk menyaksikan matahari terbit. Sedangkan bagi yang ingin menikmati keindahan sunset, tidaklah terlalu sulit. Waktu keberangkatan bisa dimulai pada sore hari.

2. Pelacakan yang sulit ke lokasi

Bagi penyuka tantangan, 240 anak tangga yang harus didaki bukanlah halangan. Justru dengan hadirnya angka-angka tersebut, aktivitas selama perjalanan semakin seru. Apalagi jika setiap langkah yang Anda ambil selalu dibarengi dengan panorama indah khas perbukitan, pegunungan dan Pantai Selatan.

Banyak pengunjung Puncak Widosari menggunakan sepeda. Kegiatan ini tentunya sangat sulit karena jalur yang ditempuh tidak mulus. Ketika sampai di anak tangga mereka harus membawa sepeda ke puncak keindahan ini. Meski terlihat melelahkan, nyatanya banyak wisatawan yang melakukannya karena memang menyenangkan.

3. Cari spot foto dengan panorama yang mengesankan

Tentunya semua aktivitas yang dilakukan masih belum lengkap jika tidak mengabadikan momen saat berada di Puncak Widosari. Anda bisa mendapatkan pemandangan alam lengkap dari berbagai tema dan menggunakannya sebagai latar belakang. Pantai, pegunungan, dan garis perbukitan yang khas adalah latar belakang yang tepat untuk menghiasi setiap bidikan.

Meski tidak ada spot khusus yang dibangun pengelola, namun spot liar sudah memberikan hasil yang memuaskan. Dari sekian banyak titik, yang paling menonjol dan menjadi favorit sebagian besar pengunjung adalah tebing batu yang menjulang tinggi. Kedekatannya dengan pos pengamatan atau titik terakhir bukit menjadi alasan tersendiri. Hasil foto tentu sangat tajam, apalagi jika bisa memotret dengan sudut yang tepat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Puncak WidosariKredit gambar: Google Maps Prasetyo

Fasilitas yang ada di Puncak Widosari sudah cukup memadai seperti yang telah disebutkan di atas. Penduduk setempat dibantu oleh pemerintah berhasil membuat kawasan wisata ini semakin populer. Untuk menunjang dan menjamin kenyamanan pengunjung, terdapat berbagai fasilitas penting yang bisa dinikmati.

Toilet yang bersih dan terawat menjadi perhatian utama setiap wisatawan. Ada juga mushola yang terbuka bagi siapa saja yang ingin sholat. Tempat parkir aman sebelum menuju puncak juga cukup luas. Saat menuju puncak bukit, tersedia bangku dan gazebo sebagai tempat istirahat.

Untuk bekal selama perjalanan, tersedia banyak warung makan dan minum. Harap dicatat bahwa tidak ada warung atau penjual jika Anda mencapai puncak, jadi pastikan untuk membawa perbekalan dari bawah. Kios-kios bertebaran di sekitar area parkir dengan harga standar tempat wisata bahkan ada yang cukup murah.

Bisa dikatakan pesona Puncak Widosari di Kulon Progo masih unggul dibandingkan beberapa tempat wisata di kawasan yang sama. Bukit-bukit yang tinggi dan jalan yang harus dilalui tidak mudah, pastikan Anda dalam keadaan sehat dan bugar sebelum pergi ke tempat-tempat tersebut. Juga, pastikan Anda memiliki banyak waktu karena Anda dijamin merasa betah di sana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button