Puncak Tugu Petungkriyono, Pesona Keindahan Lautan Awan - WisataHits
Jawa Tengah

Puncak Tugu Petungkriyono, Pesona Keindahan Lautan Awan

Puncak Tugu terletak di Kecamatan Petungkriyono yang menjadi destinasi wajib bagi pecinta alam camping. Medan yang kasar merupakan tantangan tersendiri, tetapi bukan berarti tidak cocok untuk pemula.

Kecamatan Petungkriyono merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Pekalongan yang terkenal dengan tempat wisata alamnya yang indah. Seperti halnya puncak Tugu ini, pemandangan tanpa batas dari ketinggian yang tinggi menjadi daya tarik tersendiri yang menarik pengunjung untuk menaklukkannya.

Hulang Menyembuhkan dengan AlamHulang Penyembuhan dengan Alam. Google Maps. Sumber: Suster Wanto

lihat juga: curug bidadari talun

Kopi, api unggun, dan obrolan, beberapa jenis kesenangan yang bisa didapat di lantai atas. Nah, tanpa basa-basi lagi, berikut ulasan lengkap Puncak Tugu Petungkriyono!

Atraksi Puncak Tugu Petungkriyono

1. Puncak monumen

Tujuan para pendaki tentu saja puncaknya, Puncak Tugu Petungkriyono berada di ketinggian hampir 2.000 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika membutuhkan perjuangan yang melelahkan karena pemandangan yang ditawarkan sangat indah.

Perbukitan yang indah apalagi jika dinikmati di pagi hari. Ditemani cahaya mentari yang memberikan warna indah pada langit. Pemandangan inilah yang menjadi tujuan utama para pendaki.

Kondisi puncaknya tidak begitu lebar, mungkin hanya beberapa tenda yang muat, juga masing-masing pohon rindang di sekitar puncak tidak membuat lapangannya sebesar itu.

pemandangan alam dari ataspemandangan alam dari atas. Google Maps. Sumber: Tutup itu

lihat juga: Ngarai Hitam Petungkriyono

2. Lautan Awan

Jika Anda berangkat pada sore hari, kabut akan menemani perjalanan Anda. Lautan awan juga menjadi pemandangan utama saat di puncak, begitu juga di atas awan lagi. Sangat indah dan menjadi momen utama untuk berfoto dengan mengabadikan keindahannya.

Masih banyak momen lain yang perlu diabadikan, baik berupa foto maupun video. Berkemah di atas adalah suatu keharusan.

Lokasi Tugu Petungkriyono di Puncak

Lokasi Puncak Tugu Petungkriyono berada di Dusun Sikucing, Desa Yosorejo, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

lautan awanlautan awan. Google Maps. Sumber: power play

Lokasi Puncak Tugu memang cukup jauh dari pusat Kota Pekalongan yaitu jika mengambil rute ke Jl. Hos Cokroaminoto kemudian tiba di JL. Raya Doro-Petungkriyono di Kabupaten Pekalongan.

Selanjutnya tinggal cari lokasi dari Puncak Tugu. Jika ragu, Anda dapat bertanya kepada pemerintah kota setempat atau mengandalkan aplikasi dengan terus mengikuti instruksi yang diberikan.

lihat juga: Air Terjun Muncar

Jam Buka Puncak Tugu Petungkriyono

Jam operasional Puncak Tugu Petungkriyono adalah 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Harga tiket masuk puncak Tugu Petungkriyono

Tiket masuk Puncak Tugu Petungkriyono gratis.

puncak monumenpuncak monumen. Google Maps. Sumber: Martin Hardiono

Fasilitas Puncak Tugu Petungkriyono

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan Puncak Tugu Petungkriyono masih sangat minim, seperti suasana di pegunungan pada umumnya.

lihat juga: Wisata Petungkriyono

Trekking ke Tugu Petungkriyono

Trekking di Puncak Tugu Petungkriyono membutuhkan tenaga ekstra karena jalurnya masih cukup tebal, menanjak dan juga licin.

Sudah ada petunjuk sederhana untuk memandu Anda menuju puncak, walaupun hanya panduan biasa, namun sangat berguna mengingat kondisi jalur trekking yang masih tebal.

Jarak dari jalan beraspal ke pos 1 cukup jauh, begitu juga pos-pos lainnya. Untuk menuju Puncak Tugu Petungkriyono setidaknya ada 3 pos pendakian dengan jalur serupa berupa jalur yang hanya cocok untuk satu orang.

Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak Tugu Petungkriyono sekitar 1 jam, namun kembali lagi tergantung kondisi masing-masing pendaki.

Jalur trekking yang harus dilakukanJalur trekking yang harus dilakukan. Google Maps. Sumber: Shandy Eksani Putra

baca juga: Curug Tupai

Menyimpulkan

Camping, hiking, trekking adalah kegiatan yang cukup melelahkan namun membuat hati senang. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari setiap perjalanan.

Jadi, selamat mendaki ke Puncak Tugu Petungkriyono!

Source: www.nativeindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button