Puncak kunjungan wisman ke Magelang Jawa Tengah saat Libur Nataru 2023 - WisataHits
Jawa Tengah

Puncak kunjungan wisman ke Magelang Jawa Tengah saat Libur Nataru 2023

Puncak kunjungan wisman ke Magelang Jawa Tengah saat Libur Nataru 2023

SEMARANG, KOMPAS.com – Kunjungan wisman ke Kabupaten Magelang tertinggi terjadi pada tanggal 17 Desember 2022 sampai dengan 3 Januari 2023 atau pada saat liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

Menurut Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, sebanyak 3.083 wisatawan mancanegara berkunjung ke Magelang.

Riyadi Kurniawan, Kepala Bidang Pengembangan Daya Tarik Wisata Disporapar Jateng, mengatakan Magelang menjadi yang tertinggi karena memiliki destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan.

“Di urutan pertama, Magelang memiliki tiga destinasi wisata paling menarik dan mencatatkan kunjungan terbanyak,” kata Riyadi, Jumat (13/1/2023).

Baca Juga: Dinas Pariwisata NTB Minta Wisatawan di Sembalun Tak Takut Keberangkatan dengan Pembangunan Kereta Gantung Rinjani

Di antaranya, Candi Borobudur menerima 2.444 wisman, Punthuk Setumbu menampung 437 wisman, dan Bukit Rhema menyumbang 167 wisman. Sedangkan sisanya tersebar di destinasi wisata lain di Magelang.

“Untuk empat daerah lainnya yang paling banyak dikunjungi wisman yaitu Kabupaten Klaten 1.322, Kota Surakarta 209, Kabupaten Jepara 141 dan Kota Semarang 124,” lanjutnya.

Lebih lanjut, pihaknya menyebutkan hingga 1.944.184 wisatawan domestik (Wisnus) berwisata ke Jawa Tengah pada hari raya Nataru.

Kota Semarang menjadi tujuan wisata terpopuler dengan 355.600 kunjungan wisatawan lokal.

Riyadi mengatakan Lawangsewu menjadi primadona wisata di Semarang menyambut 68.205 wisatawan lokal yang berlibur kemarin.

“Kota Semarang memang menjadi tujuan wisata unggulan karena aksesibilitas yang baik. Rumusnya, kalau tempat wisatanya dekat pasti ramai,” ujarnya.

Baca juga: Warga Magelang Curi Toko Kelontong Kulon Progo, Terjebak di Sleman, Aksi Ambil Ponsel Terekam CCTV

Dua destinasi utama wisata Semarang, yakni Lawangsewu dan Kota Lama, terkena dampak bencana tersebut. Namun hal tersebut tidak mengurangi minat wisatawan, juga tidak memperburuk citra pariwisata di Semarang.

Yang berikutnya mendapat kunjungan terbanyak dari wisatawan lokal. Yakni Kabupaten Klaten dengan total 204.069 wisatawan.

“Kemudian ada Kabupaten Banyumas dengan 197.714 Wisnus, Kabupaten Wonosobo dengan 180.255 Wisnus dan terakhir Kabupaten Magelang dengan 165.600,” pungkasnya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button