Puncak Bukit Jalin, destinasi wisata dengan panorama alam yang menakjubkan di Aceh - WisataHits
wisatahits

Puncak Bukit Jalin, destinasi wisata dengan panorama alam yang menakjubkan di Aceh

Harga tiket: untuk membebaskan, Jam operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Suka Tani, Kec. Kota Jantho, Kab. Aceh Besar, Aceh; Kasus: Verifikasi lokasi

Selain liburan ke pantai atau air terjun untuk menikmati pemandangan alam, perbukitan juga layak untuk dikunjungi. Di Aceh Barat terdapat sebuah destinasi wisata dengan pemandangan alam berupa perbukitan, namanya Puncak Bukit Jalin. Hamparan pepohonan hijau dan perbukitan di sepanjang jalan menuju lokasi pasti akan memanjakan mata. Inilah alasan utama mengapa tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi. Bagi yang pernah berkunjung, keinginan tersebut mungkin akan selalu muncul.

Tempat wisata di kota Jantho ini menyimpan sejuta kenangan bagi yang pernah mengunjunginya. Tak hanya hamparan pepohonan yang menghiasinya, aliran sungai yang membelah hutan nampaknya menjadi daya tarik tersendiri. Di puncak Bukit Jalin juga terdapat jembatan yang menghubungkan dua hutan yang dipisahkan oleh sungai. Dari atas jembatan pemandangan semakin indah dengan bentuk sungai yang berkelok-kelok terlihat jelas.

Aceh memang terkenal dengan keindahan alamnya, khususnya di kabupaten Aceh Besar. Jumlah penduduk yang relatif sedikit berarti hutan dan tegakan bukit masih terjaga. Apalagi jika objek wisata kali ini jauh dari perkotaan dan pemukiman penduduk, tetap harus alami dan sedikit campur tangan manusia. Namun menuju ke sana membutuhkan usaha ekstra dengan berbagai rintangan yang menghadang.

Puncak Bukit Jalin

Puncak Bukit JalinKredit gambar: Google Maps Yudi DW

Meski menempuh perjalanan panjang dan banyak rintangan yang harus dilalui, destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi. Alasannya sederhana karena Puncak Bukit Jalin memiliki beberapa objek wisata yang bisa menarik wisatawan. Bagi yang berencana untuk berkunjung dan masih belum yakin, berikut ulasan singkat yang mungkin bisa menjadi alasan kamu berkunjung!

1. Pesona Alam yang Mengesankan

Alasan nomor satu pengunjung datang ke sini adalah untuk memastikan mereka ingin menikmati pemandangan alam di sana. Ini adalah alasan penting bagi sebagian besar wisatawan. Setidaknya ada tiga hal utama yang bisa dinikmati, sungai, hutan, dan bebatuan. Sungai yang mengalir menembus hutan memiliki pesona indah yang tidak bisa dilupakan.

Begitu pula dengan hamparan hutan yang sangat luas terlihat jelas saat Anda berada di dek. Terkadang mata dimanjakan dengan kontur bukit yang khas dengan undakan tidak rata yang justru membuatnya sangat menawan. Bebatuan kecil yang berada di tepian sungai juga tidak luput dari pandangan. Meski tidak terlihat jelas saat berada di atas jembatan, setidaknya batu tersebut menunjukkan warna putih yang tidak bisa ditemukan di sekitar lokasi.

2. Pan aliran

Daya tarik selanjutnya datang dari sungai, tepatnya aliran sungai yang cukup deras hingga menghasilkan suara air yang mengalir yang khas. Sungai yang mengalir panjang ini merupakan pemandangan yang unik. Keindahannya semakin terlihat jika dilihat dari atas bukit. Karena arusnya yang deras, pengunjung disarankan untuk tidak mendekatinya hanya untuk bermain air.

Sebenarnya tidak terlalu dalam, hanya saja ada kekhawatiran pengunjung yang bermain di air akan tersapu arus air yang cukup kencang. Sebagai gantinya, Anda bisa bermain dengan bebatuan kecil di tepian sungai, atau sekadar menyaksikan keindahannya. Apalagi jika warna airnya yang jernih membuat pemandangan semakin menarik.

3. Udara segar dan suasana asri

Puncak Bukit Jalin tergolong objek wisataKredit Gambar: Google Maps Inpur TV

Dikatakan sebelumnya bahwa Puncak Bukit Jalin jauh dari hiruk pikuk kota. Artinya, suasana hijau yang asri menjadi ciri dan juga daya tarik tersendiri. Udaranya tidak terlalu dingin, meski ketinggiannya sudah benar. Hanya saja terasa begitu segar karena jauh dari polusi kendaraan bermotor dan limbah udara pabrik. Bagi wisatawan yang berasal dari perkotaan, udara segar dan suasana hijau asri menjadi nilai tambah sebagai daya tarik wisata.

4. Peninggalan Gerakan Aceh Merdeka

Siapa sangka bukit yang indah dan mempesona ini pernah menjadi base camp GAM saat konflik dengan TNI. Di sekitar lokasi bukit juga digunakan sebagai tempat permainan perang. Pengunjung yang penasaran dapat menjelajahi bukit tersebut untuk menemukan bukti kebenarannya. Namun tentunya tidak perlu diragukan lagi cerita yang dimaksud.

Setelah kesepakatan damai antara GAM dan TNI, Puncak Bukit Jalin berangsur-angsur ditinggalkan para pemberontak. Karena lokasinya yang sangat indah, saat ini dijadikan sebagai objek wisata alam. Memang tempat wisata alam ini selalu ramai dikunjungi pengunjung dari segala usia, terutama remaja dan pelajar.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Puncak Bukit JalinKredit gambar: Google Maps bintan78

Pastikan untuk menuju ke desa Suka Tani, Kec. Kota Jantho, Kab. Aceh Besar, Aceh untuk alamat lengkap. Namun perlu diingat bahwa alamat tersebut tidak mengarahkan Anda langsung ke titik lokasi. Perjalanan panjang diperlukan agar Anda bisa menikmati segala pesona alam yang tersedia untuk Anda. Waktu yang dibutuhkan jika Anda sedang berada di Banda, yaitu sekitar jam 1h30.

Arahkan kendaraan menuju Simpang Jantho dan lanjutkan hingga memasuki gerbang kota. Lanjutkan perjalanan minimal 10 km untuk sampai ke Puncak Jantho. Sesampainya di perempatan, ambil kiri mengikuti rambu yang ada di sekitar lokasi Puncak Bukit Jalin. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di pemukiman penduduk, namun hati-hati karena kondisi jalan yang tidak terlalu bagus.

Dari sana pemandangan indah mulai terlihat dari hutan lebat dengan pepohonan rindang. Lanjutkan hingga menemukan turunan, belok kanan jika ada pertigaan. Ikuti rambu-rambu di sekitar lokasi, tidak perlu tersesat karena petunjuknya sudah jelas. Tempat wisata tidak jauh setelah melihat petugas menarik tiket retribusi.

Selama ini belum ada tarif khusus sebagai tiket masuk, artinya selalu gratis. Namun bagi yang membawa kendaraan pribadi, siapkan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Biaya tersebut juga sudah termasuk biaya perawatan dan kebersihan tempat wisata Puncak Bukit Jalin. Tidak begitu mahal tentunya dibandingkan dengan tempat wisata lain yang mengharuskan membayar tiket masuk dan biaya parkir secara terpisah.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan di Bukit Jalin

Hal yang dapat dilakukan di Bukit JalinKredit gambar: Google Maps Aris Saga

Pengunjung yang datang ke tempat wisata pasti ingin melakukan aktivitas seru dan menarik. Begitu juga ketika mereka mengunjungi perbukitan Kabupaten Aceh Besar. Beberapa kegiatan yang menyenangkan dapat dilakukan, serta kegiatan relaksasi. Berikut adalah daftar hal-hal terbaik yang dapat dilakukan di Bukit Jantho!

1. Arung jeram

Kedalaman sungai yang dangkal dengan sedikit garis bebatuan sungai menjadikan tempat wisata ini cocok untuk kegiatan arung jeram. Bagi pemula, rafting di Sungai Puncak Bukit Jalin bisa menjadi alternatif utama. Meski arusnya kencang, riak atau ombaknya tidak sebanyak bebatuan. Pengunjung yang melakukan kegiatan ini biasanya adalah mereka yang datang berkelompok.

Untuk masalah keamanan, Anda tidak perlu khawatir, karena tersedia jaket pelampung dan helm yang siap melindungi keselamatan Anda. Selain itu, setiap perahu karet yang ada di atas kapal juga dilengkapi dengan pemandu agar lebih aman. Tidak cocok untuk kegiatan berenang, namun jika menggunakan jaket pelampung dan perlengkapan keselamatan pribadi, jangan ragu untuk melakukan kegiatan ini.

2. Bepergian

Rafting tidak hanya menjadi aktivitas yang memacu adrenalin, tapi traveling juga patut dilakukan. Mendaki dalam perjalanan menuju lokasi wisata memang tidak bisa dibilang mudah. Banyak pengunjung yang berhenti di tengah jalan hanya untuk beristirahat. Jalan memutarnya cukup rumit dengan akses jalan yang belum diaspal. Parahnya lagi jika jalanan di sekitar lokasi terkena air, sering terjadi selip di jalan.

Namun, semuanya dibayarkan segera setelah Anda tiba di lokasi. Bahkan sebelum sampai di tempat atau selama perjalanan, Anda tidak akan merasa lelah karena pemandangan indah yang disajikan untuk Anda. Menyusuri puncak Bukit Jalin ternyata menyenangkan bagi mereka yang ahli dalam dunia pendakian, seperti pecinta alam dan mereka yang terbiasa mendaki gunung.

3. Berburu spot foto

Apalagi jika bukan berfoto yang merupakan kegiatan menarik saat berlibur. Pemandangan alam yang luar biasa sangat mahal untuk diabadikan. Banyak spot foto menarik di lokasi dan setibanya di lokasi. Misalnya, di jembatan dengan latar belakang sungai yang mengalir indah di bawahnya. Atau bisa juga mengambil background hutan belantara yang terlihat seperti hamparan semak hijau dari jauh.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Puncak Bukit JalinKredit gambar: Google Maps Yudi DW

Untuk fasilitas, tidak selengkap objek wisata lain yang berada di dekat pemukiman penduduk. Tapi setidaknya ada mushola yang bisa kamu jadikan tempat ibadah ketika waktunya tiba. Ada juga toilet atau kamar mandi jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Tidak perlu membawa banyak perbekalan di tempat karena ada warung yang menawarkan berbagai hidangan lezat. Namun, semua fasilitas tersebut hanya ada di dekat tempat parkir yang juga merupakan kawasan pemukiman.

Itulah pembahasan lengkap tentang Puncak Bukit Jalin yang ada di Provinsi Aceh, tepatnya di Kabupaten Aceh Tengah. Pastikan untuk menyiapkan perbekalan yang cukup, baik dalam konsumsi maupun energi. Hal ini dikarenakan lokasinya yang tidak mudah dijangkau dan membutuhkan tenaga ekstra untuk menuju ke sana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button