Puluhan penyelam terbang merah putih di pulau Gili Labak, Sumenep - WisataHits
Jawa Timur

Puluhan penyelam terbang merah putih di pulau Gili Labak, Sumenep

REPUBLIKA.CO.ID, SUMENEP – Sedikitnya 25 orang penyelam mengibarkan bendera merah putih di dasar laut Pulau Gili Labak, Sumenep, Jawa Timur, Rabu (17/8/2022) dalam rangka memperingati HUT ke-77 kemerdekaan Indonesia.

Mohammad Iksan, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Sumenep, mengatakan 25 penyelam tersebut merupakan penyelam profesional dari Semen Gresik Diving Club (SGDC).

“Pengibaran bendera merah putih di bawah laut di Pulau Gili Labak di Kecamatan Talango merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT RI ke-77 dan promosi untuk merevitalisasi sektor pariwisata di Kabupaten Sumenep,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Sumenep memanfaatkan momentum HUT RI untuk kembali mempromosikan destinasi wisata Pulau Gili Labak yang terkenal dengan keindahan terumbu karangnya.

Pemkab juga ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa Pulau Gili Labak merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Dikatakannya, selama pandemi COVID-19, kunjungan wisatawan ke Sumenep mengalami penurunan karena ketentuan protokol kesehatan pencegahan penularan melarang warga berkumpul dan mengumpulkan.

“Sekarang kasus COVID-19 sudah mereda, semoga acara ini bisa merevitalisasi wisata snorkeling dan diving di pulau Gili Labak. Karena itulah kami bekerja sama dengan para penyelam dari SGDC,” ujarnya.

Ketua Tim Desis Bendera Bawah Laut SGDC Hendri Wintarko mengakui Kabupaten Sumenep memang merupakan salah satu kabupaten yang memiliki pulau-pulau dengan potensi wisata yang bagus dan tidak kalah dengan daerah lain.

“Oleh karena itu kami memilih Kabupaten Sumenep kali ini pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, karena pulau-pulau di Sumenep sebenarnya memiliki potensi wisata yang sangat bagus, seperti pantai dan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik dan jika bisa menarik wisatawan ke Sumenep. “, dia berkata.

Hendri dan para penyelam lainnya menyatakan bersedia membantu Pemkab Sumenep untuk mendongkrak potensi wisata di daerah tersebut guna mendorong wisatawan kembali ke Kabupaten Sumenep, khususnya Pulau Gili Labak.

Para penyelam ini tidak hanya mengemban misi untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga mengedukasi warga yang sedang dilatih sebagai pemandu wisata di pulau Gili Labak.

“Karena untuk menjadi pemandu harus memiliki sertifikat menyelam. Kami juga ingin melatih calon-calon pemandu yang telah disiapkan oleh Pemkab Sumenep untuk menjadi pemandu selam di pulau Gili Labak,” ujarnya.

Sumber: Antara

Source: republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button