Pulau Sembilan Langkat, pulau eksotis dengan pasir putih yang menawan - WisataHits
wisatahits

Pulau Sembilan Langkat, pulau eksotis dengan pasir putih yang menawan

Biaya kunjungan: Dari Rp 100.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kecamatan Pangkalan Susu, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Meski sering dianggap sebagai daerah yang kurang memiliki tempat wisata populer, ternyata Sumatera Utara membuktikannya tidak demikian. Belakangan ini tempat wisata di Sumatera Utara yang sangat menarik untuk rekreasi adalah Pulau Sembilan di Langkat.

Pulau yang mempesona ini memiliki berbagai hal yang pasti menarik perhatian banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Meski tidak sepopuler tempat wisata lain di pulau ini, keberadaannya tidak bisa diabaikan begitu saja.

Belakangan ini, tingkat popularitas Pulau Sembilan semakin meningkat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang pulau yang mempesona ini.

Daya Tarik Pulau Sembilan

Atraksi Pulau SembilanKredit Gambar: Instagram Tebing Tinggi Traveler

Pulau ini perlahan berkembang menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Hal ini sangat wajar karena panitia sangat menjaga kebersihan pulau. Itulah daya tarik yang dimiliki pulau di Kabupaten Langkat ini.

1. Pemandangan matahari yang tidak terhalang

Daya tarik Pulau Sembilan yang pertama adalah pemandangannya yang sangat menawan, terutama pada sore dan pagi hari. Saat anda datang pagi menjelang subuh, anda akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbit yang sangat indah dan mempesona.

Selain itu, jika Anda datang pada sore atau senja hari, Anda dapat dengan mudah melihat matahari terbenam tanpa terbentur kendala konstruksi. Untuk itu, waktu terbaik untuk mengunjungi pantai yang mempesona ini adalah pagi hari atau saat senja menjelang gelap.

2. Sejarah Pulau Unik

Salah satu yang membuat pulau di kawasan Langkat ini begitu berbeda dengan tempat wisata lainnya adalah sejarahnya yang cukup unik. Sebab, pada awalnya pulau ini digunakan sebagai tempat pengambilan minyak oleh perusahaan nasional.

Namun seiring berjalannya waktu, pulau cantik ini pun dibuka sebagai tempat wisata yang bisa dikunjungi siapa saja dengan bebas. Berkat ini, pada malam hari Anda dapat melihat pemandangan yang menakjubkan berkat lampu yang berjejer di sekitar tambang.

3. Terdiri dari gugusan pulau

Seperti namanya, pulau unik ini sebenarnya terdiri dari beberapa gugusan sembilan pulau kecil yang berjejer cukup rapi. Oleh karena itu, sangat wajar jika nama pulau ini diambil dari huruf yang erat kaitannya dengan angka.

Pulau-pulau yang berjejer ini berukuran mini dan tidak terlalu besar seperti pulau-pulau pada umumnya, namun keindahan yang disuguhkan tidak bisa diabaikan begitu saja. Pulau mini ini pun masih bisa menampung wisatawan dalam jumlah banyak ketika ingin singgah sebentar di sana.

4. Aneka ikan hias yang cantik

Baru-baru ini banyak pihak yang mengusulkan untuk menjadikan Pulau Sembilan sebagai destinasi wisata bahari. Hal ini dikarenakan terdapat biota laut yang bebas berkeliaran dan nyaman di bawah laut pulau cantik ini.

Banyak sekali ikan hias menarik yang memiliki ciri khas tersendiri, namun mereka tetap menganggap pulau ini sebagai tempat berkembang biak yang paling cocok. Anda bisa melihat ikan hias berenang bebas di laut saat ingin menyelam atau melakukan sesuatu menyelam.

5. Pasir putih yang mempesona

Pulau Sembilan memiliki pesona tersendiriKredit Gambar: Instagram Wan Vicky RI

Daya tarik lain Pulau Sembilan adalah hamparan pasir putihnya yang begitu indah dan halus. Pasirnya memiliki tekstur yang tidak terlalu kasar sehingga jika pengunjung ingin berjalan-jalan di sekitar pantai tanpa menggunakan alas tikar pun tidak akan terasa sakit.

Pada siang hari, hamparan pasir putihnya akan tampak cerah karena terkena pancaran sinar matahari. Anda bisa mencoba menulis di atas pasir putih menggunakan jari dan mengabadikannya menggunakan kamera.

6. Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang

Tak hanya cantik, pulau yang terdiri dari sembilan pulau mini ini juga dikelilingi pepohonan rindang yang begitu sejuk. Pohonnya terdiri dari beberapa jenis tertentu, tetapi yang paling umum adalah pohon kelapa.

Pohon besar yang menjulang tinggi melindungi pantai dari terik matahari saat hari masih siang. Pengunjung yang beraktivitas di pantai tidak perlu khawatir akan tertabrak terbakar sinar matahari karena pohon akan membantu kulit dari radiasi matahari.

7. Air laut jernih

Jika berbicara tentang Pulau Sembilan, yang paling terkenal adalah air lautnya yang begitu jernih. Air lautnya memiliki warna yang begitu memikat yaitu biru dan hijau yang sangat cerah dan indah. Ombaknya yang tenang juga menjadi daya tarik utama Pulau Pangkalan Susu ini.

Pada siang hari Anda bisa melihat ikan berenang di bawah air tanpa harus menyelam terlebih dahulu. Air laut yang begitu terjaga kebersihannya akan membuat siapapun merasa terpesona dan memiliki niat yang besar untuk mandi di air ini.

8. Banyak hutan bakau

Daya tarik Pulau Sembilan yang terakhir adalah keberadaan hutan bakau yang begitu menarik untuk dilihat. Hutan mangrove yang berada di sekitar pantai mampu melindungi pantai dari ancaman abrasi yang dapat merugikan pantai dan penduduk sekitarnya.

Hutan bakau juga menambah keindahan di sekitar pantai karena tumbuh dengan rapi dan dijaga dengan baik oleh penjaga pantai. Keberadaan hutan mangrove dapat menjadi habitat baru bagi biota di sekitar pantai, sehingga kehidupannya selalu terasa terlindungi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat sembilan pulauKredit gambar: Facebook Mhd Wira Sumanda

Pulau Sembilan berada di kawasan Pangkalan Susu, dan lokasinya cukup mudah dijangkau. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari tempat wisata populer lainnya, yaitu Pulau Kampai, Sumatera Utara. Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Medan, Anda akan membutuhkan waktu 5 jam untuk mencapai tujuan.

Jika ingin berwisata ke pulau ini, Anda bisa mencoba memanfaatkan keberadaan transportasi darat seperti kereta api dan bus. Jika Anda naik kereta api, begitu Anda tiba di tempat tujuan, Anda tetap harus menggunakan transportasi lokal. Sedangkan jika memilih menggunakan bus, Anda bisa berangkat dari kawasan Amplas dan Pinang Baris.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau SembilanKredit Gambar: Instagram Hendra Kusuma Wahyu Hardani

Berbeda dengan tempat wisata di pulau lainnya, Pulau Sembilan Langkat tidak memungut biaya apapun saat ingin mengunjunginya. Meski begitu, Anda tetap harus membayar sejumlah pajak untuk mencapai lokasi ini.

Contoh kongkritnya adalah Anda harus mengeluarkan biaya lebih dari 100.000 rupee untuk menaiki kapal yang dapat membantu Anda sampai di sana. Butuh kesabaran dan ketekunan yang tinggi untuk bisa segera datang ke pantai tersebut, namun keindahan yang ada pasti akan membuat penat Anda hilang.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Sembilan

Kegiatan di Sembilan PulauKredit gambar: Twitter Travellink Indonesia

1. Hati-hati dengan pemancing

Banyak sekali nelayan yang beraktivitas di sekitar pulau, jadi anda bisa mencoba untuk memperhatikan aktivitas yang mereka lakukan. Lihat sendiri bagaimana para nelayan mempersiapkan hari-harinya untuk melaut, Anda juga bisa mencoba memancing bersama mereka.

2. Bersepeda

Bagi Anda yang gemar bersepeda, jangan lewatkan kesempatan untuk bersepeda di Pulau Sembilan. Anda bisa menyewa sejumlah sepeda yang disediakan pengelola dan melihat sendiri keindahan pulau tersebut.

3. Fotografi

Kegiatan yang bisa Anda lakukan selanjutnya tentu saja fotografi. Tidak lengkap rasanya jika tidak ikut mencoba mengabadikan setiap momen yang dirasakan selama menjelajahi pulau ini. Pemandangan yang indah juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai konteks Foto-fotomu.

Bahkan, karena keindahan Pulau Sembilan, banyak pasangan yang hendak menikah memilih menjadikannya sebagai tempat pemotretan. sebelum pernikahan. Biasanya mereka menyewa beberapa spot di pantai dengan biaya tertentu tergantung berapa banyak foto yang ingin diambil.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di Pulau SembilanKredit gambar: Facebook Amrin Salim

Seperti halnya tempat wisata lainnya, Pulau Sembilan juga menawarkan beberapa fasilitas yang lengkap. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai kemudahan yang membuat mereka tidak perlu mencari tempat lain untuk melakukan sesuatu.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain persewaan sepeda, toilet umum, tempat ibadah, dll. Pengunjung yang ingin beristirahat juga bisa memanfaatkan keberadaan rest area untuk melakukannya.

Di sekitar pantai juga terdapat berbagai jenis warung makan yang bisa memanjakan bahasa pengunjung. Oleh karena itu, ketika Anda lapar setelah beraktivitas di pantai, sebaiknya segera isi perut Anda dengan restoran pantai.

Demikian informasi yang bisa Anda simak mengenai Pulau Sembilan di Langkat. Meski tidak begitu dikenal manusia biasa, keindahan dan keseruan pulau ini patut diacungi jempol.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button