Pulau Panambungan, Pesona Pulau Kecil Eksotis Pangkep - WisataHits
wisatahits

Pulau Panambungan, Pesona Pulau Kecil Eksotis Pangkep

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 200.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Matiro, Kecamatan. Liukang Tupabiring, Kab. Kepulauan Pangkajene, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pulau Panambungan merupakan salah satu dari 121 pulau yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Tidak dapat disangkal bahwa pulau ini memiliki panorama yang indah yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Keunikan tempat wisata ini juga membuatnya semakin terkenal hingga mancanegara. Bahkan, pulau ini menjadi salah satu ikon tempat wisata di Sulawesi Selatan.

Wisatawan yang datang ke tempat ini juga beragam mulai dari anak kecil, remaja hingga dewasa. Tidak hanya wisatawan yang datang dari Indonesia, tetapi juga banyak wisatawan asing yang berlibur di pulau tersebut. Kesan yang Anda dapatkan saat mengunjungi tempat wisata ini tentunya tidak akan terlupakan selamanya.

Oleh karena itu, akan lebih menyenangkan lagi jika Anda berlibur di Pulau Panambungan bersama rombongan teman dan keluarga. Tentu tidak lengkap rasanya jika tidak merasakan keseruan dan keseruan melakukan berbagai aktivitas di tempat ini. Namun, sebelum Anda berencana untuk berlibur ke sana, pelajari dulu tentang pulau cantik ini.

Daya Tarik Pulau Panambungan

Aktivitas Pulau PanambunganKredit gambar: Facebook Alhul Saputra

1. Ada pantai pasir putih

Tempat wisata alam ini memiliki pantai yang bisa memukau mata semua orang. Panorama bahari yang disajikan di sini juga dilengkapi dengan hamparan pasir putih yang bersih. Hamparan pasir putihnya sangat indah berpadu dengan air laut yang biru jernih. Hal ini membuat kawasan di sekitar pulau sangat bersih dan asri.

2. Banyak pohon pinus yang teduh

Salah satu hal yang dimiliki oleh Pulau Panambungan dan berbeda dengan tempat wisata lainnya adalah banyaknya pohon pinus yang berjejer di sana. Kehadiran pohon pinus membuat tempat ini semakin rindang dan rindang. Hal ini cukup unik karena umumnya tanaman ini sering tumbuh di dataran tinggi.

Bedanya, pinus yang tumbuh subur di pulau ini tidak ditumbuhi lumut di batangnya. Tak heran jika banyak mahasiswa dari universitas ternama datang ke sini hanya untuk mempelajari fenomena ini. Di sisi lain, pinus ini juga membuat tempat lebih hijau dan alami.

3. Lokasi perkemahan yang seru

Daya Tarik Pulau PanambunganKredit Gambar: Instagram Muaidil yusuf

Pulau ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk kegiatan berkemah. Banyak wisatawan yang memutuskan untuk berkemah di sini karena tidak ingin ketinggalan melihat sunrise dan sunset di atas Pulau Panambungan. Apalagi waktu camping di sini pada malam hari juga cukup nyaman dan tenang.

4. Pemandangan terumbu karang yang luar biasa

Gugusan terumbu karang di bawah laut juga menarik perhatian banyak pengunjung. Terumbu karang di tempat ini memang sangat terawat. semua pengunjung juga diperbolehkan untuk menikmatinya tetapi tidak boleh merusaknya. Yang terpenting jangan tinggalkan sampah di dekat terumbu karang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau PenambunganKredit gambar: Google Maps David Cesar

Pulau Panambungan sendiri terletak di Kabupaten Pangkep (Kepulauan Pangkajene), Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasi tepatnya berada di Desa Mattiro Sompe, Kecamatan Liukang Tupabiring. Lokasinya sendiri sangat strategis karena Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 30-60 menit dari Pelabuhan Kayu Bangkoa dan Pelabuhan Paotere Makassar.

Pengunjung bisa naik atau menyewa perahu motor yang sering disebut Jolloro. Bagi Anda yang datang ke sini, Anda harus berangkat jam 6 pagi dari Dermaga Popsa. Dengan cara ini nanti Anda bisa sampai di dermaga Pulau Panambungan sekitar jam 7 pagi. Nah, setelah melakukan berbagai aktivitas menarik di sana, Anda bisa memulai perjalanan pulang sekitar pukul 12 atau 1 siang.

Jangan biarkan diri Anda kembali dari pulau terlalu larut atau bahkan di malam hari. Pasalnya, saat masuk pukul 14.00 ombak di sana umumnya mulai kurang bersahabat. Jadi, jika Anda memang ingin berlama-lama di tempat wisata ini, lebih baik Anda bermalam di sana.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau PenambunganKredit gambar: Facebook Mentari Sulawesi

Biaya yang diperlukan untuk berlibur di Pulau Panambungan masih tergolong murah. Di awal, Anda harus membayar biaya sewa perahu atau boat yang bervariasi mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta untuk menampung hingga 20 orang saat pulang pergi.

Sedangkan jika Anda bepergian menggunakan paket perjalanan, akan dikenakan biaya sekitar Rp 200.000 per orang dan dengan rombongan minimal 20 orang. Paket termasuk makan siang serta transportasi perahu pulang pergi. Setelah itu, untuk memasuki kawasan pulau, setiap pengunjung harus membayar tiket masuk sekitar 50.000 rupiah untuk satu orang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Panambungan

Aktivitas menarik di Pulau PanambunganKredit Gambar: Facebook M Zakaria Al-Anshori

1. Snorkeling

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pulau Panambungan adalah snorkeling. Dijamin, Anda akan tergoda untuk snorkeling agar bisa melihat keindahan bawah laut dengan jelas dan langsung. Bersantai karena aktivitas snorkeling di sini dijamin aman dengan ombak yang tidak terlalu besar.

2. Piknik

Suasana yang tenang ditambah dengan semilir angin yang sepoi-sepoi membuat kegiatan piknik sangat cocok dilakukan di sana. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa tikar seperti tikar dan beberapa makanan untuk bisa piknik. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan Anda untuk berbincang dengan teman atau keluarga.

3. Menikmati matahari terbenam dan matahari terbit

Hal yang Dapat Dilakukan di Pulau PanambunganKredit Gambar: Instagram Aleaanatasha Lea

Pemandangan matahari terbenam atau sunset di atas Pulau Panambungan merupakan sesuatu yang sangat mempesona dan sayang untuk dilewatkan. Sama halnya dengan pemandangan sunrise atau matahari terbit. Namun, untuk bisa melihat pemandangan tersebut, Anda harus memilih bermalam di sana.

4. Selfie

Semua keindahan yang disajikan oleh tempat wisata ini sangat menggoda pengunjung untuk mengabadikannya. Foto-foto atau selfie yang diambil di pulau eksotis ini dijamin akan sangat bagus karena bertemakan pemandangan alam. Spot selfie yang menjadi andalan pulau ini berada di tengah rindangnya pohon pinus.

Akomodasi termurah yang paling dekat dengan pulau

Akomodasi terdekat di Pulau PanambunganKredit Gambar: Google Maps Dena Mulyana

1. Hotel Yang Satu

Hotel ini terletak di Jalan Gunung Latimojong di Kota Makassar. Harga menginap di hotel ini untuk satu malam cukup murah, sekitar 250.000 rupiah. Fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah free breakfast, wifi, parkir, AC dan lain-lain. Hotel ini juga dinilai aman dan ramah jika pengunjung membawa anak kecil.

2. Homestay Manis

Hostel bisa menjadi pilihan tepat bagi pengunjung yang ingin berhemat. Pasalnya, harga yang ditawarkan untuk menginap hanya berkisar Rp 200.000 untuk satu malam. Apalagi fasilitas yang disediakan juga cukup baik. Misalnya seperti wifi gratis, tempat parkir yang luas, dapur dan masih banyak lagi. Lokasinya di Jalan S. Poso, Kota Makassar.

3. Selamat Hotel

Lokasi hotel ini berada di Jalan Buru, Kota Makassar. Fasilitas yang tersedia di Happy Hotel ini misalnya seperti AC, free breakfast, room service, wifi dan lain-lain. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan ke dalam area hotel. Di sisi lain, hotel ini cukup ramah dan aman jika Anda membawa anak kecil ke sana.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai PanambunganKredit Gambar: Akun Baru Instagram

Fasilitas di Pulau Panambungan cukup memadai. Maka tidak heran jika pengunjungnya setiap tahun masih mengalami peningkatan yang signifikan. Selama liburan Anda di sini Anda tidak perlu lagi khawatir apakah Anda ingin pergi ke toilet. Pasalnya, fasilitas berupa toilet disediakan untuk pengunjung serta bersih dan nyaman.

Kemudian juga terdapat beberapa kios dan toko yang berjejer menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Harganya pun bervariasi dan bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Oleh karena itu, tidak perlu repot membawa makanan terlalu banyak dari rumah.

Selain itu, ada juga beberapa jasa penyewaan alat snorkeling bagi anda yang ingin mempraktekkan kegiatan tersebut. Harga sewa yang harus dikeluarkan juga relatif terjangkau. Dengan cara ini, Anda bisa snorkeling dengan peralatan yang dijamin nyaman dan aman.

Nah, ini dia hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengunjungi tempat wisata di Pulau Panambungan yang terletak di Sulawesi Selatan. Waktu liburan yang Anda habiskan di pulau ini dijamin tidak akan sia-sia. Pasalnya, banyak pengalaman baru yang bisa tercipta setelah berlibur di tempat wisata alam tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button