Pulau Maratua, surga tersembunyi seperti Maladewa di Kalimantan Timur - WisataHits
wisatahits

Pulau Maratua, surga tersembunyi seperti Maladewa di Kalimantan Timur

Pulau Maratua, surga laut yang mempesona di Kepulauan Derawan. Wisata laut yang menyuguhkan hamparan laut biru yang luar biasa wajib anda kunjungi selama liburan di Kalimantan Timur.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 650.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Teluk Harapan, Kec. Maratua, Kab. Berau, Kalimantan Timur; Kasus: Cek lokasi

Pulau Maratua sangat populer di kalangan penduduk Kalimantan Timur, bahkan hingga mancanegara. Pasalnya, pulau ini memiliki keindahan alam bak surga yang masih terjaga dan aman dari mara bahaya. Surga tersembunyi di provinsi Kalimantan Utara ini menjadi salah satu destinasi favorit favorit untuk mengisi masa liburan.

Pulau dengan resort yang menyerupai Maladewa ini memiliki banyak objek wisata yang pasti akan memikat hati para pelancong. Banyaknya obyek wisata yang bisa dieksplor dan dijelajahi membuat wisatawan berbondong-bondong mengunjungi pulau ini. Namun, untuk sampai ke pulau ini, Anda harus menempuh jalan yang cukup panjang dan tentunya melelahkan.

Sebelum menjadikan wisata bahari eksotis ini sebagai destinasi wisata, Anda harus mengetahui hal atau informasi terkait pulau surga ini. Berikut beberapa penjelasan penting tentang Pulau Maratua yang harus Anda ketahui.

Atraksi Pulau Maratua

Atraksi Pulau MaratuaKredit gambar: Google Maps uwo

Pulau yang terletak di provinsi Kalimantan Timur ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan dan sangat enak untuk dilihat. Perairan yang terletak di pulau ini berwarna biru muda dengan dasar perairan yang kaya akan biota. Di sini, Anda akan disuguhi pemandangan berbagai chalet yang membentang di perairan.

Cottage di kawasan pulau ini dibangun di atas laut dengan jembatan penyeberangan yang berfungsi sebagai jalan setapak. Tempat ini bisa kamu jadikan sebagai background foto karena viewnya langsung menghadap ke laut, pulau dengan aneka satwa karang dan ikan hias ini banyak dikunjungi karena alamnya yang masih terjaga dan alami.

Banyak wisatawan mencari sunset terbaik saat berlibur di Pulau Maratua. Meski membutuhkan bujet tinggi, pulau ini kerap menjadi salah satu destinasi wisata tersibuk di provinsi Kalimantan Timur. Karena pulau ini memiliki banyak keindahan alam bawah laut yang wajib kamu jelajahi.

Apalagi di sini kamu juga bisa menikmati atraksi lain yang tak kalah menakjubkan. Anda akan menemukan beberapa danau yang cukup besar dan luas dengan air yang menyegarkan. Bagi Anda yang tidak ingin berenang di air laut, danau ini adalah pilihan yang tepat untuk mandi di udara terbuka. Ada juga gua yang sering digunakan sebagai jalur penjelajahan.

Salah satu yang menjadi daya tarik Pulau Maratua adalah keberadaan pemukiman suku Bajo. Di sini Anda dapat berpartisipasi dalam interaksi dengan masyarakat suku Bajo sambil mengamati cara hidup suku Bajo. Ini adalah daya tarik tersendiri yang menarik banyak wisatawan dan wisatawan lokal.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Maratua

Alamat Pulau MaratuaKredit gambar: Google Maps Yolanda Prisillia Wirawan

Anda bisa menggunakan 2 jalur perjalanan untuk menuju pulau cantik yang terletak di Kabupaten Berau di provinsi Kalimantan Timur ini. Kedua rute tersebut merupakan jalur darat dan jalur udara dan bisa Anda tempuh dengan biaya yang cukup signifikan. Karena Pulau Maratua merupakan pulau terjauh dari Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina dan Malaysia.

Bagi anda yang menggunakan jalur darat, anda akan berkendara melalui kawasan Palangkaraya untuk menuju Pelabuhan Tanjung Batu. Jalan yang Anda tempuh sudah memiliki jalur yang mudah dan terkadang terjadi kemacetan. Dari Pelabuhan Tanjung Batu, Anda akan diarahkan untuk mengambil jalur laut menuju Pulau Maratua.

Jika ingin perjalanan nyaman yang tidak berlangsung lama, Anda bisa menggunakan jalur udara. Anda harus memilih jalur udara menuju Balikpapan sebagai tempat transit Anda. Setelah itu, Anda harus mengambil jalur udara kembali ke Berau atau Tarakan selama kurang lebih 1 jam. Dari kedua kawasan tersebut, Anda bisa melanjutkan perjalanan untuk sampai ke pelabuhan Tanjung Batu.

Setelah melakukan perjalanan menggunakan jalur udara atau darat, Anda akan diminta menggunakan jalur laut untuk melakukan perjalanan menuju kawasan pulau. Anda bisa menyewa speedboat berkapasitas empat hingga lima orang selama kurang lebih 3 jam. Perjalanan lelah Anda akan terbayar saat menyaksikan keindahan alam Pulau Maratua.

Biaya perjalanan ke pulau indah Kalimantan Timur

Biaya mengunjungi Pulau MaratuaKredit gambar: Google Maps uwo

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pulau Maratua, maka Anda harus merencanakan bujet yang cukup tinggi. Karena biaya perjalanan dan sewa perahu dipatok dengan harga yang cukup menguras kantong. Untuk masuk ke pulau ini Anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Namun, Anda harus membayar untuk menggunakan beberapa fasilitas.

Wisatawan yang ingin menyewa paket untuk melakukan aktivitas menyelam harus membayar biaya sebesar Rp 650.000. Biaya ini tidak termasuk perlengkapan pakaian selam. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam menghitung kisaran budget yang Anda butuhkan untuk bisa berlibur di pulau ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Maratua

Aktivitas di Pulau MaratuaKredit gambar: Google Maps uwo

1. Ambil foto Ria

Sebagai tempat wisata, wajar jika pengunjung mencari spot foto yang bagus dengan pemandangan yang bagus. Pulau eksotis di Kalimantan Timur ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dicari untuk mendapatkan foto yang berkesan. Lokasi premium ini memiliki banyak spot foto dengan latar belakang pemandangan yang indah.

Pemandangan sore hari Pulau Maratua adalah yang paling dicari oleh para wisatawan. Karena warna matahari terbenam membuat suasana semakin romantis. Sore hari juga ada penyu yang berenang menuju dermaga, waktu yang sangat menarik untuk berfoto bersama penyu saat berkunjung ke pulau ini.

2. Snorkeling

Bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas menyelam namun tidak memiliki sertifikat menyelam tidak perlu khawatir. Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling di laut lepas Pulau Maratua. Kegiatan snorkeling tidak kalah menarik dari kegiatan diving. Anda bisa menyelam sepanjang hari untuk menikmati keindahan bawah laut yang ditawarkan pulau ini.

Waktu terbaik untuk snorkeling adalah saat senja. Pada saat ini, banyak penyu berenang menuju dermaga. Anda juga memiliki kemungkinan bertemu ikan pari. Jika Anda snorkeling, disarankan untuk menyiapkan kamera bawah air untuk menangkap gambar pemandangan bawah laut.

3. Wisata Kuliner

Perjalanan ke Pulau Maratua belum lengkap jika tidak mencicipi kuliner lokal. Masakan lokal pulau ini rasanya lezat. Pilihan banyak wisatawan adalah makanan khas Kalimantan Timur seperti ayam cincane, sate payau, gence ruan, nasi bekepor, bubur pedas dan cabai raja.

Dari sekian banyak pilihan kuliner yang dipilih wisatawan, kuliner gence ruan adalah yang paling banyak dicari. Gence ruan adalah masakan kuliner yang menggunakan ikan gabus atau penduduk setempat menyebutnya ikan haruan. Ikan dipanggang di atas bara dengan bumbu tumis. Ikan gabus yang sudah dibakar akan dilumuri sambal goreng untuk menambah cita rasa ikan gabus.

4. Menyelam

Pulau Maratua terkenal dengan surga bawah lautnya yang memiliki ekosistem yang kaya akan biota. Terdapat ekosistem terumbu karang dengan berbagai spesies yang dapat memanjakan mata Anda. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang melakukan aktivitas menyelam untuk menyaksikan pemandangan ini. Pulau ini juga menawarkan berbagai spot diving yang tentunya memiliki keunikan tersendiri.

Situs menyelam termasuk Cabbage Garden, Turtle Traffic Spot, Hanging Garden, The Channel, Mid Reef dan situs lainnya. Bagi Anda yang memiliki keahlian menyelam, Anda wajib mengunjungi semua spot tersebut.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Maratua

Tempat menginap di sekitar Pulau MaratuaKredit Gambar: Google Maps Handi Eka Sapta

Pulau Maratua menawarkan akomodasi yang disebut Maratua Paradise Resort. Hostel ini terdiri dari 2 tipe akomodasi yang terletak di lokasi yang berbeda. Maratua Paradise Resort terletak di tepi pantai, sedangkan Maratua Paradise Resort Water Villa terletak di atas air dengan jembatan kayu sebagai penghubung.

Maratua Paradise Resort memiliki harga untuk 1 kamar untuk 1 orang sebesar Rp 1.140.000. untuk 1 kamar tidur dengan 2 orang di Maratua Paradise Resort Water Villa dikenakan biaya Rp 1.728.000 per orang dan untuk 1 kamar tidur 1 orang dikenakan biaya Rp 3.633.000. Orang asing akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 1.650.000.

Fasilitas yang tersedia di Kalimantan Timur Maritime Paradise

Fasilitas Pulau MaratuaKredit Gambar: Google Maps danief29

Sebagai tempat wisata bahari yang menyandang julukan surga tersembunyi di Kalimantan Timur, memiliki fasilitas akomodasi dan beberapa fasilitas lainnya. Pengunjung yang ingin menyelam tersedia untuk menyewa peralatan menyelam. Untuk fasilitas akomodasi, terdapat satu resort di Pulau Maratua, yaitu Maratua Paradise Resort.

Semoga informasi tentang Pulau Maratua di atas dapat menambah kepercayaan diri Anda dalam memilih pulau ini sebagai tujuan liburan Anda. Penting bagi Anda untuk merencanakan anggaran yang cukup untuk dapat memanfaatkan semua fasilitas yang ada di pulau ini. Dengan bujet yang cukup, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas di pulau ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button