Pulau Kapoposang Pangkep - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Kapoposang Pangkep – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp25.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kapoposan Bali, Kec. Liukang Tangaya, Kab. Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Ada begitu banyak pulau di Indonesia dan sayang untuk menghilangkannya sendiri. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki pulau yang sangat eksotis dan memiliki surga tersendiri. Anda bisa mengunjungi pulau Sulawesi Selatan yang menawarkan banyak pulau eksotis di wilayahnya. Salah satunya adalah Pulau Kapoposang Pangkep yang terkenal dengan surga bawah lautnya. Mari kita lihat keindahan Pulau Kapoposang Pangkep di bawah ini.

Atraksi Pulau Kapoposang

Atraksi Pulau KapoposangKredit gambar: Google Maps Hamdan Purwo

Pulau Kapoposang Pangkep menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa. Airnya yang jernih akan memanjakan Anda dengan pemandangan yang menakjubkan. Anda bisa melihat terumbu karang dari berbagai jenis ikan eksotis. Perairan pulau ini juga dipenuhi dengan berbagai jenis ikan hias yang sangat melimpah. Salah satunya adalah clownfish atau nemo yang memiliki warna yang bagus.

Mungkin sebagian orang belum mengetahui nama Pulau Kapoposang, hal ini dikarenakan pulau ini belum banyak terjamah oleh wisatawan yang datang mengunjunginya. Pulau Kapoposang sendiri merupakan nama sebuah pulau di perairan provinsi tersebut. Pulau ini merupakan salah satu pulau Spemode yang sangat indah dan menawan. Kapoposang tidak memiliki wilayah yang luas seperti pulau-pulau Sulawesi Selatan lainnya.

Namun, pulau ini memiliki pesona yang tak kalah dengan banyak pulau di Tanah Air. Jika dibandingkan dengan Pulau Raja Ampat, mungkin Pulau Kapoposang lebih rendah lagi, namun pulau ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Pemandangan di sekitar pulau ini akan memperlihatkan air laut yang bersih dan jernih. Selain itu, hamparan laut biru yang sangat indah dan Anda dapat melihat terumbu karang di bawah laut.

Saat Anda menuju ke pulau ini, Anda akan melihat pemandangan laut yang luar biasa ditambah dengan angin sepoi-sepoi yang menyapa wajah Anda. Belum lagi pemandangan yang menyejukkan mata karena pasir putih dan pepohonan hijau di Pulau Kapoposang. Hal tersebut tentunya menciptakan perasaan yang sangat berbeda dan tak terlupakan bagi para wisatawan.

Pohon itu seolah menyapa para turis yang masih berada di atas kapal. Kita juga akan melihat rerimbunan pohon cemara dan berbagai tanaman yang menutupi pulau dengan warna daun hijau yang sangat menyejukkan. Saat pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini, Anda akan merasakan pasir putihnya yang sangat bersih dan ramah kulit di kaki Anda.

Sore hari sebelumnya, Anda akan disuguhkan dengan sunset yang sangat indah dan mempesona. Ini pasti sesuatu yang tidak akan terlupakan bagi wisatawan. Tak hanya sunset, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan sunrise yang tak kalah indahnya. Apalagi ditambah dengan pemandangan laut yang biru dan deburan ombak yang pelan dan menyejukkan.

Alamat dan rute menuju kawasan Pulau Kapoposang

Alamat Pulau KapoposangKredit gambar: Google Maps Andi Z Mabiritta

Pulau Kapoposang sendiri terletak di Desa Mattiro Ujung, Kecamatan Liukang Tupabiring, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Jika Anda ingin pergi ke pulau ini, Anda harus menggunakan beberapa perusahaan kapal pesiar. Anda bisa memilih Jalan Pelabuhan Poetere Makassar atau Dermaga Maccini Baji di Kecamatan Lebakkang Pangkep. Di kawasan Pangkep ini, Anda akan menemukan perahu jollora yang disewakan dengan harga terjangkau sesuai kesepakatan penyewa.

Jika Anda melewati Makassar, akan memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan. Namun jika memilih jalur Maccini Baji, akan memakan waktu sekitar 4-5 jam. Begitu sampai di pelabuhan, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit untuk sampai di Pulau Kapoposang. Harga sewanya sendiri berkisar Rp 500.000.-, jadi harus mengajak banyak orang agar harganya murah.

Biaya Perjalanan ke Pulau Kapoposang, Pangkep

Biaya Wisata Pulau KapoposangKredit gambar: Google Maps Ni Made Ari Pratiwi

Karena masih asri dan sedikit diketahui banyak orang, pulau ini masih jarang dijamah oleh orang asing. Jadi bisa dipastikan pulau ini selalu bersih dan sangat alami untuk singgah di sana selama beberapa menit. Tiket masuk ke Pulau Kapoposang gratis. Selain itu, pulau ini dapat diakses sekitar 24 jam sehari.

Namun, Anda harus memperhatikan jam kerja pemilik kapal agar bisa mengantar Anda ke pulau. Meski tidak mahal, Anda harus membayar sewa perahu untuk bisa melintasi pulau tersebut. Apalagi Anda juga akan membutuhkan banyak uang untuk dapat menikmati fasilitas pulau tersebut. Ajak banyak orang untuk berlibur di pulau tersebut agar lebih hemat kantong.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Kapoposang

Aktivitas di Pulau KapoposangKredit gambar: Google Maps Azzam Dito

Diberkahi dengan pesona yang sangat indah, pulau ini juga menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Bagi Anda yang sangat menyukai snorkeling, Anda bisa menjadikan pulau ini sebagai pilihan yang tepat. Ada begitu banyak ikan kecil yang sangat cantik dan imut. Selain itu, terdapat juga terumbu karang di bawah laut yang merupakan rumah bagi ikan-ikan yang berkeliaran di terumbu.

Tidak lebih dari 100 meter dari garis pantai, panorama bawah laut bisa dinikmati. Ikan nemo atau clownfish banyak ditemukan di bawah perairan pulau. Selain itu, seringkali wisatawan snorkeling akan menemukan hewan langka berkeliaran di sekitar terumbu karang. Pengalaman menyelam dan snorkeling di Pulau Kapoposang tentunya tidak akan mudah dilupakan oleh setiap wisatawan yang datang.

Selain itu, Anda juga bisa bermain pasir putih dan membangun istana pasir yang sangat indah di tepi pantai. Kegiatan ini sangat cocok bagi wisatawan yang datang berkunjung bersama anak-anak. Anda dapat menyaksikan anak-anak bermain di pasir sambil berjemur di bawah terik matahari. Tak hanya itu, Anda juga bisa berteduh di bawah pohon pinus dan kelapa sambil menikmati air kepala yang sangat menyegarkan saat haus.

Bersantai di bawah rerimbunan pepohonan sambil memandang ke arah laut, hamparan pasir putih yang terlihat di deretan pantai ini akan menambah keindahan pemandangan pulau ini. Apalagi jika Anda menyaksikan deburan ombak di pantai, akan membuat suasana hati Anda lebih tenang. Pastinya akan membuat Anda lebih rileks dan bisa bersantai setelah lelah beraktivitas.

Akomodasi di sekitar Pulau Kapoposang

Akomodasi di Pulau KapoposangKredit gambar: Google Maps Reynolds Loho

Jika ingin lebih puas menikmati keindahan alam bawah laut, Anda bisa menginap di kawasan tersebut. Terdapat beberapa penginapan seperti chalet, bungalow dan villa lainnya yang bisa dipilih wisatawan yang datang berkunjung. Di kawasan ini juga terdapat rumah besar untuk rombongan wisatawan lebih dari 10 orang. Untuk stasiun yang lebih kecil, Anda dapat menyewa dengan harga berbeda.

Untuk satu malam, hostel ini akan disewa dengan harga sekitar Rp 250.000,- hingga satu juta rupiah. Harga ini tergantung dari ukuran kamar dan fasilitas yang disediakan oleh masing-masing kamar. Semakin lengkap fasilitas sebuah kamar, maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. Namun Anda tidak akan rugi jika memutuskan untuk menginap di kawasan pulau tersebut, karena Anda bisa mengagumi sunset dan sunrise.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kapoposang

Fasilitas Pulau KapoposangKredit gambar: Google Maps F Daus AR

Meski jarang dikunjungi wisatawan, fasilitas Pulau Kapoposang cukup lengkap. Anda akan menemukan penginapan dan beberapa toilet yang telah disediakan oleh warga. Selain itu, Anda juga akan menemukan rumah ibadah atau mushola dengan perlengkapan salat yang memadai.

Bagi Anda yang suka snorkeling tidak perlu khawatir membawa peralatan snorkeling. Karena Pulau Kapoposang Pangkep memiliki pesona utama keindahan bawah laut, maka tidak heran jika Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai peralatan snorkeling. Jika belum puas berkeliling pantai, maka Anda bisa naik perahu dan menyeberang ke Pulau Gondang, Bali yang tidak memiliki pesona berbeda.

Itulah beberapa pesona Pulau Kapoposang yang masih jarang diketahui banyak orang. Jika Anda mengunjungi pulau ini, Anda akan menemukan pulau yang masih bersih dan asri serta bebas sampah. Tempat ini sangat cocok untuk bersantai setelah bekerja selama beberapa bulan. Keindahan alam dan bawah laut Pulau Kapoposang sayang untuk dilewatkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button