Pulau Kangean Madura - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Kangean Madura – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan BiayaPulau Kangean salah satu pulau terindah di timur Madura yang menawarkan berbagai pesona alam, termasuk pantai yang mempesona. Pulau dalam keadaan tenang dan tetap hidup.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 280.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Daerah. Sumenep, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pulau Kangean adalah salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Sumenep, Madura. Tidak hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, kawasan ini merupakan penghasil hasil laut. Hasil laut Kangean meliputi garam dan ikan.

Kangean merupakan salah satu pulau terbesar yang termasuk dalam gugusan pulau dalam suatu wilayah yang terdiri dari 60 pulau. Dua pulau besar lainnya adalah Pulau Panjang dan Pulau Paliat. Pulau Kangean memiliki luas sekitar 500 km².

Pulau ini memiliki berbagai kekayaan yang bisa dieksplor oleh wisatawan yang datang mengunjunginya. Ada sumber daya alam di bawah dan di atas laut.Kekayaan budaya terlihat melalui budaya dan adat istiadat masyarakat. Serta kekayaan kreasi kuliner yang dibuat oleh masyarakat setempat.

Tempat Wisata Pulau Kangean, Madura

Aktivitas Pulau Kangean MaduraKredit gambar: Google Maps Nur Kholis Mansur

1. Memiliki Banyak Atraksi

Pemandian ini merupakan pemandian dengan mata air alami yang berasal dari ruang bawah tanah. Sumber ini dikenal sebagai sumber air atau mata air.

Ada hal unik yang terjadi di pemandian ini saat air laut sedang pasang. Di sini, air laut dan air tawar dari pemandian tidak bisa bercampur meski lokasinya sangat dekat. Mengingat fenomena yang sama yang terjadi di Timur Tengah dimana laut dan air tawar jelas terbatas.

Kemunculan jembatan ini masih menyisakan misteri tersendiri. Orang-orang percaya bahwa jembatan ini muncul dengan sendirinya setelah penduduk setempat menyaksikan kilatan cahaya di area laut. Sejauh ini, jembatan ajaib ini menjadi salah satu ikon wisata Kangean yang fenomenal.

Lokasi pemandian olbek ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, sehingga udara disini sangat segar dan sedikit dingin. Beberapa wisatawan yang berkunjung memilih untuk mengenakan pakaian yang lebih tebal karena dinginnya udara di kawasan ini.

Masyarakat setempat percaya bahwa air dari pemandian ini dapat memberikan khasiat tertentu. Air yang berasal dari mata air olbel ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain untuk mandi, pengunjung biasanya mengambil air dari rumah pemandian ini.

Tempat ini adalah tempat yang bagus untuk melihat Pulau Kangean dari ujung. Pulau ini masih sangat alami karena masih sedikit wisatawan yang berkunjung ke sana. Selain itu, pulau ini menyembunyikan kekayaan bawah laut yang luar biasa. Ada satu oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan setelah berkunjung ke pulau ini, yaitu sukun.

Goa Kuning merupakan destinasi yang tidak hanya memamerkan keindahan alam, namun memiliki nilai sejarah tersendiri. Gua ini merupakan gua buatan yang pernah digunakan sebagai tempat persembunyian pada masa penjajahan Belanda.

Di dalam goa masih terdapat berbagai perabotan rumah tangga berbahan dasar batu. Adanya perabot ini menjadi tanda bahwa orang-orang yang bersembunyi saat itu banyak menghabiskan waktu di dalam gua.

Terletak di Kangean Besar, pantai ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kangean. Pesona alam yang luar biasa begitu indah. Perpaduan langit biru dan air laut yang tenang serta pasir putih membuat semua orang betah berlama-lama di tempat ini.

Pantai ini merupakan kawasan yang diapit oleh sebuah teluk. Lokasi yang demikian membuat suasana pantai ini begitu menawan. Apalagi kepekaan pengelola dalam menghadirkan atraksi di pantai ini membuat daya tarik pantai ini semakin kuat.

Jika Anda ingin aktivitas air, tempat ini menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Di sini terdapat persewaan alat snorkeling yang bisa digunakan oleh pengunjung. Bagi wisatawan yang merasa kurang waktu dengan sehari, Anda bisa mencari penginapan di pulau ini.

Pulau ini masih termasuk dalam gugusan Pulau Kangean. Memiliki keindahan bawah laut yang menawan dan siap untuk dijelajahi.

2. Getaran pulau alami

Daya Tarik Pulau Kangean, MaduraKredit gambar: Google Maps Nur Kholis Mansur

Pulau Kangean memiliki ekosistem alam yang masih terjaga. Beberapa titik kawasan ini dihiasi oleh pepohonan yang rindang sehingga suasana menjadi sangat sejuk. Kealamian ini juga terdapat pada masakan khas masyarakat setempat. Bahan baku dan proses transformasinya masih alami.

3. Kekayaan budaya

Saat berkunjung ke kawasan Kangean, wisatawan bisa menyaksikan keunikan dan keunikan adat Madura. Jika bertepatan dengan hajatan, pengunjung bisa menyaksikan tarian Kangean.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Kangean

Alamat Pulau KangeanKredit gambar: Google Maps Olis

Wisatawan tidak perlu khawatir ketika ingin mengunjungi pulau madura yang indah ini. Lokasinya bisa dikatakan tidak sulit ditemukan. Anda bisa memulai perjalanan dari kota Surabaya. Dari kota ini, lanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Perjalanan menuju Sumenep dapat ditempuh menggunakan transportasi darat dengan melewati Jembatan Suramadu.

Jika sudah berada di Kabupaten Sumenep, Anda bisa memilih untuk melanjutkan ke terminal atau langsung menuju Pelabuhan Kalianget. Ada dua pilihan kendaraan yang bisa Anda gunakan untuk menuju Pulau Kangean, yaitu menggunakan kapal ferry atau speed boat laut.

Selain dua alternatif tersebut, terdapat penyewaan perahu bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pulau-pulau tersebut. Island hopping adalah aktivitas yang memungkinkan Anda mengunjungi beberapa pulau sekaligus. Biaya sewa perahu yang dapat menampung 10 hingga 15 orang adalah Rp 450.000 hingga Rp 1,5 juta per hari.

Biaya Perjalanan ke Pulau Kangean, Madura

Biaya Perjalanan ke Pulau Kangean, MaduraKredit gambar: Google Maps Nur Kholis Mansur

Biaya yang akan anda keluarkan untuk menuju Pulau Kangean adalah biaya angkutan umum dari kota Sumenep sebesar 50.000 atau 20.000 jika menggunakan ojek. Kemudian akan ada biaya sewa speedboat sebesar 150.000 sekali jalan.

Kalau beli tiket pulang dan berangkat sekaligus, harga yang harus dibayar adalah 280 ribu. Begitu sampai di kota Kangean, Anda bisa menggunakan angkutan umum dengan membayar 45.000 rupee.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Kangean

Aktivitas Menarik di Pulau KangeanKredit gambar: Google Maps Olis

1. Mencicipi masakan khas

Salah satu keunikan Pulau Kangean adalah masyarakatnya yang masih menjaga kealamian alam dan pengolahan makanannya. Wisatawan yang berkunjung tidak boleh ketinggalan untuk mencicipi masakan khas yang terbuat dari bahan alami dengan proses alami.

Beberapa kuliner yang patut dicoba adalah kue lanon, sangngar-sangngar, kamboya, pes-pes, gurubik atau burubik dan keripik tekai. Makanan ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

2. Nikmati suasana Pantai Kangean

Pulau Kangean memiliki beberapa spot pantai yang sayang untuk dilewatkan. Panorama yang menawan akan membuat Anda berpikir bahwa sekali berkunjung masih belum cukup untuk menikmati keseluruhan suasana di sini.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai tanpa terganggu oleh hujan atau awan, ada baiknya datang pada bulan April hingga November. Pada bulan-bulan tersebut, cuaca di Kangean biasanya cerah.

3. Snorkeling di perairan dangkal

Kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan yang wajib masuk dalam agenda wisata Pulau Kangean. Pulau ini dikelilingi oleh kekayaan laut yang luar biasa. Pulau-pulau yang tersebar membuat terumbu karang yang tumbuh di kedalaman laut bervariasi dan indah.

Anda akan dapat bertemu ikan-ikan yang berenang aktif menikmati laut yang menghasilkan garam. Berbagai jenis ikan bisa Anda temukan di sini. Selain itu, biota laut lainnya juga menjadi penghuni kedalaman air yang masuk ke wilayah Laut Jawa.

Ada persewaan alat snorkeling di Kangean. Namun, dengan jumlah yang terbatas, akan lebih baik jika Anda membawa peralatan snorkeling sendiri.

4. Perkemahan

Daerah Kangean ini memiliki pasir putih yang mengelilingi daerah sekitar pulau. Beberapa area dihiasi dengan pepohonan hijau yang rindang membuat suasana menjadi sejuk. Angin yang berhembus pelan membuat suasana semakin hening. Suasana ini sangat cocok untuk melakukan aktivitas seru yaitu camping.

Wisatawan dapat membawa tenda dan memasangnya di pulau untuk bermalam. Suasananya yang masih sangat alami dan terjaga, membuat bintang-bintang mudah terlihat di kawasan ini pada malam hari. Pada siang hari, jika musim cerah, langit akan menawarkan pemandangan yang luar biasa.

Berbagai aktivitas bisa dilakukan saat berkemah. Wisatawan dapat memancing di laut pada siang hari, menikmati air kelapa atau hanya bersantai dan bernyanyi di tenda. Saat malam tiba, wisatawan bisa membuat api unggun dan membakar ikan yang sudah didapat sebelumnya.

Wisatawan dapat memilih tempat berkemah yang memiliki akses untuk melihat matahari terbenam dan matahari terbit. Menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit adalah aktivitas yang sulit untuk dilewatkan, apalagi jika ada kesempatan untuk melakukannya.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Kangean

Akomodasi murah di sekitar Pulau KangeanKredit gambar: Google Maps Ririn Ambar

1. Resor Pandeman

Hostel ini terletak di Jalan Raya Pak Makki-Temor, Pandeman, Arjasa. Untuk menginap di sini, pengunjung akan dikenakan biaya 100.000 per malam untuk satu orang. Biaya yang sangat terjangkau untuk menginap di pulau yang indah ini bukan?

2. Dari Baghraf

Hotel ini memiliki berbagai fasilitas seperti kolam renang, tempat parkir, restoran, spa, AC, pusat kebugaran dan ruang pertemuan. Fasilitas lain yang tersedia antara lain coffee shop, business center, rooftop bar, dan layanan kamar 24 jam. Harga menginap di hotel ini mulai dari 240.000.

3. Kemewahan Kaberaz

Hotel ini menawarkan harga mulai dari 300.000 untuk menginap. Ada tiga tipe kamar yang bisa dipilih pengunjung, yaitu Superior Room Only, Superior Room Breakfast, dan Deluxe Room Breakfast. Hotel ini memiliki taman dan teras untuk pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kangean Madura

Fasilitas Pulau Kangean MaduraKredit Gambar: Google Maps A Mghnii

Beberapa fasilitas tersedia di pulau ini. Meski hanya ada satu asrama, wisatawan yang ingin bermalam bisa mencari keluarga angkat atau menginap bersama warga. Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana bawah laut, ada persewaan alat snorkeling di sini.

Pulau Kangean memiliki kekayaan yang begitu kompleks seperti Pulau Madura. Sebagai pendatang, wisatawan harus selalu menjaga keindahan dan kealamian destinasi ini, seperti yang telah dijaga oleh masyarakat setempat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button