Pulau Kambing Bulukumba, pulau cantik dengan biota laut yang mempesona - WisataHits
wisatahits

Pulau Kambing Bulukumba, pulau cantik dengan biota laut yang mempesona

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp250.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Bira, Kecamatan. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Perjalanan ke Bulukumba di Sulawesi Selatan tidak lengkap jika melewatkan Pulau Kambing. Pulau sebagai objek wisata bahari menawarkan panorama bawah laut yang mempesona. Bahkan, karena keindahan bawah lautnya, pulau ini disebut-sebut sebagai surga tersembunyi seperti laut yang menyimpan ribuan permata. Sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat liburan keluarga.

Keindahan pulau cantik ini tidak berhenti sampai di situ. Pulau tak berpenghuni ini memiliki nuansa pantai dengan latar belakang alam pasir putih dan tebing berbatu. Warna laut yang kebiruan dengan komposisi yang jernih membuat habitat laut terlihat dari atas. Sehingga ia bisa menarik perhatian siapapun untuk snorkeling di perairan pulau ini.

Mendengar namanya saja, sebagian wisatawan mungkin akan berpikir tentang melimpahnya kambing. Namun siapa sangka wisatawan tidak akan menemukan kambing di sini. Nama Pulau Kambing tidak memiliki arti atau asal usul tertentu, hanya nama pulau ini. Jadi, jangan berharap untuk menemukan kambing tetapi sebaliknya itu adalah panorama yang indah.

Atraksi Pulau Kambing

Atraksi Pulau KambingKredit gambar: Facebook Selviya Hanna

Eksotis adalah kata yang paling tepat untuk menggambarkan pesona alam yang diperlihatkan oleh Pulau Kambing. Ternyata tak hanya eksotis, pulau yang terletak di Bulukumba ini juga memiliki beragam daya tarik kain yang pasti memikat calon pengunjung untuk menginjakkan kaki di sini. Berbagai atraksinya juga mampu merangsang kunjungan wisatawan.

1. Mempesona Keanekaragaman Biota Bawah Laut

Pantas mengapa pulau ini disebut surga tersembunyi. Bagaimana tidak, pesona keanekaragaman biota bawah laut tampak begitu menakjubkan jika dilihat. Seperti lautan yang berisi ribuan batu mulia. Tak heran jika pulau ini mampu menarik banyak pengunjung dengan pesona keanekaragaman biota bawah lautnya. Bagaimana tertarik?

2. Dekorasi Panorama Tebing Tinggi

Pulau ini sedikit berbeda dari kebanyakan pulau. Pasalnya, pulau cantik ini memiliki tebing-tebing berbatu yang mendominasi pesisir pulau. Tebingnya terlihat cukup curam dengan tanah hijau di atasnya. Wisatawan yang berdiri di atas tebing ini akan memiliki sudut yang sempurna untuk menikmati birunya hamparan laut lepas.

3. Keindahan pulau daratan

Pulau Kambing merupakan pulau yang tidak berpenghuni, sehingga wisatawan akan menikmati suasana tenang yang begitu akrab dirasakan. Selain tidak berpenghuni, jumlah pengunjung yang berkunjung ke pulau kecil ini juga tidak ramai bahkan bisa dibilang tenang. Sehingga akan menambah suasana tenang. Suara ombak yang terdengar menyegarkan akan menjadi musik di sini.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat pulau kambingKredit gambar: Twitter ZonaMakassar.Com

Pulau dengan ciri khas tebing berbatu ini terletak di ujung selatan Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Bulukumba, Desa Bira. Jarak antara Pulau Kambing Bulukumba dengan pusat kota Makassar sekitar 190 km. Jarak 190 km dapat ditempuh wisatawan dengan waktu antara 5 hingga 6 jam. Dengan demikian, wisatawan harus mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu untuk datang ke sini.

Wisatawan dapat memulai perjalanan dari Makassar menuju Tanjung Bira dari Jalan Klp. Tiga. Lanjutkan ke Jalan AP Pettarani. Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Sungguminahasa – Takalar. Kemudian menuju Jalan Bantaeng – Bulukumba untuk sampai ke Jalan Jend Sudirman. Lanjutkan ke Jalan Bung Tomo dan Dato Tiro lalu ke Jalan Poros Pelabuhan Bira sampai bertemu Tanjung Bira.

Jangan hanya berpikir untuk melakukan perjalanan darat jika Anda berencana untuk pergi ke pulau kecil ini. Letak Pulau Kambing yang berseberangan dengan Pulau Sulawesi bagian selatan membuat wisatawan melakukan perjalanan laut untuk mengunjunginya. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke sana melalui jalur laut sekitar 20 menit dari Tanjung Bira yang juga berada di Bulukumba.

Dengan demikian, wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi pulau ini dapat menyewa perahu di Tanjung Bira kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur laut dengan harga yang berbeda-beda juga tergantung kebutuhan atau budget wisatawan. Wisatawan dapat mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu untuk menghindari keterlambatan tiba di pulau dan disarankan untuk memulai perjalanan di pagi hari.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Kredit gambar: Google Maps Rangga Pramana

Tertarik mengunjungi Pulau Kambing adalah hal yang wajar, apalagi setelah membaca ulasan di atas. Tebing-tebing bebatuan yang menghiasi pesisir pulau dengan keanekaragaman biota lautnya tentu akan menjadi magnet tersendiri bagi Anda para penyuka wisata. Wisatawan yang berminat tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk, karena kawasan pulau ini tidak memungut biaya apapun sebagai tiket masuk.

Penyebab tidak ada biaya masuk bisa jadi karena lokasinya yang cukup sulit dijangkau, selain itu tempatnya tidak berpenghuni sehingga tidak memiliki pengelolaan yang baik dan berdampak pada tidak adanya biaya masuk. Wisatawan hanya perlu menyiapkan dana seperti biaya kapal ke pulau. Baik antara Rp 250.000 hingga Rp 400.000 tergantung kebutuhan.

Hal seru yang bisa dilakukan di Pulau Kambing

Aktivitas Menyenangkan Pulau KambingKredit gambar: Google Maps PRIMAWATI TARIK

1. Kagumi pesona dasar laut

Keanekaragaman biota laut di pulau ini begitu indah di permukaan airnya yang jernih. Wisatawan yang ingin melihat lebih dekat bisa mencoba snorkeling. Ratusan ikan kecil terlihat mengambang di antara terumbu karang yang indah. Wisatawan juga bisa menyelam sambil melihat berbagai jenis hiu. Tempat menyelam terbaik untuk menikmatinya terletak di titik hiu dengan kedalaman 20 hingga 30 m.

2. Bersantai dan berfoto di puncak tebing tinggi

Relaksasi adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati hidup, terutama saat berlatih di tebing Pulau Kambing. Dari sini wisatawan bisa menikmati keindahan laut lepas sejauh mata memandang, tentunya dengan kesan khas pulau. Tempat ini juga cocok jika dijadikan lokasi pemotretan, karena landscape yang ditawarkan akan sangat indah saat difoto.

3. Ikan di atas pulau

Pulau cantik ini bukan hanya surga bagi para penyuka snorkeling dan diving. Anda yang menyukai buah persik juga bisa merasakan aura buah persik yang begitu dahsyat. Pasalnya, perairan pulau ini tidak miskin dalam menyimpan kekayaan biota laut. Wisatawan bisa memancing di daratan pulau ini sambil merasakan angin sepoi-sepoi yang dibawa oleh ombak yang tenang. Tertarik?

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi di dekat pulau kambingGoogle Maps Cosmos Bungalows

1. Akomodasi Asidik

Lokasi Asidik Inn masih berada di kawasan yang sama dengan Pulau Kambing Bulukumba. Oleh karena itu sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat bermalam setelah bersenang-senang menjelajahi pulau. Selain dekat, ada beberapa poin tambahan lain dari hostel ini, yaitu lokasinya yang terbilang nyaman karena berada di pinggir pantai. Fasilitasnya juga lengkap, seperti parkir, Wi-Fi, jadi bisa bawa hewan peliharaan.

2. Pantai Panda 2

Tak jauh dari Asidik Inn juga terdapat hostel dengan konsep minimalis yang diusung. Panda Beach 2 menawarkan akomodasi dengan layanan yang ramah dan pemandangan pantai yang menakjubkan. Lokasinya yang tinggi juga menambah indah pemandangan yang ditawarkan. Fasilitas seperti kamar ber-AC dan lainnya tersedia di sini.

3. Bungalo Cosmos

Cosmos Bungalows yang terlihat begitu megah berada di atas tebing tinggi dengan deburan ombak di bawahnya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Wisatawan yang menginap di sini akan merasa seperti sedang tidur dikelilingi alam berkat sentuhan bangunan kayunya. Fasilitas lengkap juga telah disediakan, mulai dari sarapan gratis, Wi-Fi, penjemputan di bandara, restoran, dan lainnya.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di area pulauKredit Gambar: Facebook Baling-baling Bamboo Multimedia

Meski tergolong pulau tak berpenghuni dengan rute jalan yang cukup merepotkan, siapa sangka Pulau Kambing Bulukumba menyuguhkan fasilitas yang lengkap bagi para pengunjungnya. Berbagai fasilitas mulai dari fasilitas hingga saat Anda berada di pulau tersedia di sini. Dengan demikian, wisatawan bisa merasakan liburan di pulau yang tenang dengan fasilitas yang lengkap.

Fasilitas pertama adalah kapal atau perahu yang bisa disewa wisatawan untuk berwisata ke pulau tersebut. Harganya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Wisatawan dapat menyewa perahu ini dari Tanjung Bira dan membiarkan mereka membawa Anda melewati hamparan laut biru yang luas. Dengan demikian, wisatawan tidak akan bosan selama perjalanan laut ini.

Perahu atau boat yang bisa disewa untuk berwisata ke pulau ini juga dilengkapi dengan berbagai peralatan snorkeling dan diving. Sedemikian rupa sehingga menjadi instalasi kedua setelah keberadaan kapal. Wisatawan dapat menggunakan peralatan ini untuk mencoba menjelajahi keindahan bawah laut. Dari fasilitas berupa alat bantu pernapasan, kaki katak, pelampung tabung oksigen sudah tersedia.

Berwisata di Sulawesi Selatan memang tidak lengkap jika melewatkan Pulau Kambing. Tidak ada satu hal pun yang bisa menjadi kekurangan untuk tidak mengunjungi pulau kecil ini. Mulai dari suasana tenang yang disuguhkan, pesona bawah laut yang luar biasa, hingga fasilitas lengkap yang dapat menunjang segala aktivitas di pulau ini. Bagaimana, tertarik?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button