Pulau Enggano, pulau indah yang memanjakan mata di utara Bengkulu - WisataHits
wisatahits

Pulau Enggano, pulau indah yang memanjakan mata di utara Bengkulu

Pulau Enggano merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang menawarkan panorama alam yang indah di utara Bengkulu. Pulau eksotis ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih dan ombak yang cocok untuk berselancar.

Harga tiket: -, Jam operasional: 24 jam, Alamat: daerah. Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu; Kasus: Cek lokasi

Pulau Enggano merupakan salah satu pulau kecil yang termasuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bengkulu Utara. Pulau yang terletak di sebelah barat provinsi Bengkulu ini tidak hanya kecil tetapi juga memiliki pesona alam yang luar biasa.

Nama Enggano berasal dari bahasa lokal yang berarti “telanjang”. Bukan tanpa alasan dinamakan demikian, konon masyarakat yang mendiami tempat ini, laki-laki dan perempuan, bertelanjang dada.

Dibalik namanya, pulau ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga karena memiliki pemandangan yang menarik. Selain itu, banyak aktivitas yang bisa dilakukan serta fasilitas penunjang aktivitas pengunjung yang disediakan di Pulau Enggano.

Atraksi Pulau Enggano

Atraksi Pulau EngganoKredit gambar: Facebook Turisindo.com

1. Destinasi alam yang menakjubkan

Pulau Enggano memiliki banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Uniknya, setiap destinasi memiliki ciri khas tersendiri karena tersebar merata di seluruh pulau, mulai dari pantai, danau, gua hingga alam liar.

2. Suasana alami dan asri

Pulau yang menjadi daratan pertama Cornelis de Houtman saat mengarungi Samudera Pasifik ini memiliki suasana alam. Ini karena tidak banyak campur tangan manusia di lokasi. bahkan pemerintah berusaha mempertahankan tempat tersebut dan hanya menyediakan sarana untuk mempermudah akses ke pulau tersebut.

Suasana alam pulau ini juga sangat sejuk dan asri karena hampir seluruh pulau ditumbuhi pepohonan hijau. Pengunjung yang datang ke tempat ini akan merasakan udara yang segar dan bebas polusi.

3. Air laut yang bersih

Objek wisata milik Pulau EngganoKredit gambar: Google Maps Bunga Trianthie Pratidina

Daya tarik Pulau Enggano adalah airnya yang bersih dan jernih. Air jernih ini tidak hanya terdapat di pantai tetapi di semua sumber air seperti danau dan sungai. Maka tak heran jika tempat ini menjadi destinasi favorit pengunjung yang suka bermain air.

4. Gelombang Besar

Pantai di pulau ini memiliki ombak yang cukup besar dan tinggi, sehingga cocok untuk olahraga air. Ombak di tempat ini dikenal ideal bagi para peselancar karena meski ombaknya besar, namun tetap aman dan tidak berbahaya. Jadi pengunjung bisa menaklukkan ombak yang berdiri di atas papan selancar.

Alamat, lokasi, rute dan biaya perjalanan ke Pulau Enggano

Alamat di Pulau EngganoKredit gambar: Facebook Nuansa.berita

Pulau cantik ini termasuk dalam wilayah kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara. Pulau ini terletak di sebelah barat provinsi Bengkulu dengan pusat pemerintahan terletak di desa Apoho dan merupakan salah satu pulau terpencil Indonesia di perairan Samudera Pasifik.

Jarak antara pulau ini dengan Provinsi Bengkulu adalah 156 km atau 90 mil. Sedangkan wilayah yang paling dekat dengan pulau ini adalah Kota Manna yang terletak di sebelah selatan Bengkulu dengan jarak sekitar 96 km atau sama dengan 60 mil.

Untuk mencapai pulau yang indah ini, Anda harus menyebrang dengan menggunakan perahu yaitu kapal Raja Enggano dari Bengkulu menuju Pelabuhan Kahyapu, Enggano. Kapal ini hanya berangkat dua kali seminggu, pada hari Sabtu dan Rabu.

Kapal berangkat sekitar pukul 18:00 WIB dari Pelabuhan Bengkulu dan tiba di Enggano antara pukul 04:00 hingga 05:00 WIB. Artinya waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 8 jam menggunakan transportasi laut.

Biaya yang dibutuhkan untuk menuju ke Pulau Enggano sebenarnya tidak terlalu mahal mengingat pengunjung hanya perlu naik perahu. Selain itu harga boat trip sangat terjangkau, untuk kelas ekonomi cukup membayar Rp 5.000 dan untuk kelas VIP sekitar Rp 50.000. Untuk memudahkan pengunjung selama perjalanan ke Enggano terdapat kamar tidur, kamar mandi, ruang AC , dll. yang bisa diapresiasi.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Enggano

Aktivitas menarik di Pulau EngganoKredit gambar: Facebook Sakar Bengkulu

1. Berselancar di Pantai Kahyapu

Perairan Enggano merupakan tempat yang ideal untuk olahraga air, termasuk selancar. Bagi Anda yang menyukai olahraga ini, jangan lewatkan kesempatan emas untuk berselancar di Pantai Kahyapu.

2. Berkemah di dekat pantai

Selain terkenal dengan ombaknya yang bagus, pantai Kahyapu juga cocok untuk berkemah bersama teman atau keluarga. Tidak perlu repot membawa perlengkapan camping seperti tenda dll, karena di tempat ini telah dibangun pondok selancar yang bisa digunakan untuk bermalam.

3. Kunjungi Pantai Ujung Batu

Berada di Enggano pasti kurang lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Ujung Batu. Di pantai ini, pengunjung tidak hanya disuguhkan pemandangan laut lepas, tetapi juga dimanjakan dengan pemandangan tebing karang yang ditumbuhi tanaman hijau. Bebatuan yang mengelilingi pantai tidak terlalu lebar, namun cukup unik karena menjorok ke laut.

4. Gua di gua karst

Puas bermain di pantai, pengunjung bisa mencoba wisata alternatif lain dengan menyusuri gua di sebuah tempat di Enggano yang bernama Goa Karst. Gua yang indah ini, yang belum banyak diketahui pengunjung, layak dikunjungi karena menawarkan pemandangan indah yang tak terhitung jumlahnya.

5. Jelajahi cagar alam

Pulau Enggano tidak hanya memiliki pantai yang eksotis, tetapi juga dilengkapi dengan hutan yang hijau. Hutan yang juga merupakan cagar alam ini dipenuhi dengan pohon bakau yang cukup tua untuk berakar di mana-mana.

Hutan lindung dan Cagar Alam Teluk Klowe ini juga merupakan rumah bagi berbagai satwa liar. Pengunjung dapat menemukan berbagai satwa unik dan langka dengan berjalan lebih jauh ke dalam hutan. Saat mendaki, pengunjung disarankan dengan ahli atau pemandu wisata agar tidak salah jalur.

6. Nikmati keindahan Pantai Kaki Batu

Aktivitas di Pulau EngganoFoto oleh Google Maps Afrizon Rafles

Enggano memiliki objek wisata pantai yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah Pantai Telapak Kaki Batu Layar yang memiliki laguna unik seperti telapak kaki manusia yang terlihat dari jauh. Selain panorama pantai yang eksotis, pantai tempat ini juga bisa menjadi tempat memancing favorit keluarga.

7. Kunjungi padang lamun di Kaana dan Kahyapu

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di Enggano adalah kunjungan ke Padang Lamun. Perlu diketahui bahwa lamun merupakan tumbuhan yang dapat hidup dan beradaptasi dengan air asin. Sekilas, herbarium ini tidak jauh berbeda dengan herbarium karena bentuknya yang tidak jauh berbeda.

Enggano memiliki padang lamun yang cukup luas di sekitar perairan Kahyapu dan Kaana. Selain melihatnya secara langsung, pengunjung juga diperbolehkan snorkeling untuk merasakan keindahan padang lamun lebih dekat.

8. Berenang di Danau Blak Blau

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menikmati segarnya air Danau Blak Blau. Danau ini sekarang memiliki air yang sangat jernih berwarna pirus. Nama Blak Blau sendiri diambil dari warna air danau yang secara alami berwarna pirus. Jadi jangan lewatkan destinasi menawan ini selama liburan Anda di Enggano.

9. Panjat Tebing Pakiu

Aktivitas yang memacu adrenalin ini tidak boleh dilewatkan, apalagi bagi Anda yang menyukai tantangan. Pendakian di tebing Pakiu bisa dilakukan jika air laut sudah surut karena selain bisa memulai pendakian, pengunjung akan dimanjakan dengan tebing putih yang megah. Konon, tebing tersebut digunakan oleh tentara Jepang sebagai benteng alam.

10. Bermain air di Pantai Koomang

Hal lain yang dapat dilakukan di Enggano adalah mengunjungi Pantai Koomang. Di pantai ini, pengunjung bisa bermain di air yang jernih. Selain itu, pengunjung akan dimanjakan dengan keberadaan bebatuan besar atau tebing yang menjorok ke luar dan memiliki lubang di bagian bawahnya sehingga terciptalah laguna alami. Di tempat ini, pengunjung bisa berenang atau snorkeling.

Penginapan murah terdekat dengan Pelangi Enggano

Akomodasi di Pulau EngganoFoto dari Google Maps Don Doga

1. Hotel Wisata Berlian Enggano

Hotel Wisata Berlian Enggano terletak di kawasan yang strategis, dekat dengan pantai dan pelabuhan Kahyapu, Enggano. Hostel ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang menyukai tempat yang tenang karena terletak di kawasan yang cukup tenang. Apalagi hostel ini memiliki alam yang asri dan hijau di sekitarnya.

2. Homestay Syifa Pelangi Enggano

Akomodasi selanjutnya di Pulau Enggano adalah Syifa Pelangi Enggano Homestay. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang mencari penginapan murah namun mengutamakan kebersihan dan kenyamanan pengunjung. Menariknya, tempat ini dekat dengan Bandara Enggano, sehingga mudah dijangkau.

3. Akomodasi Dandi

yang terakhir adalah Dandi Inn yang letaknya tidak jauh dari Syifa Pelangi Enggano Homestay. Sebenarnya hostel ini tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, hanya saja desain dan konsep dari hostel ini berbeda yaitu bangunannya yang didominasi oleh anyaman warna coklat dan kayu, sehingga memberikan tampilan yang etnik dan unik. responden.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Enggano Bengkulu

Fasilitas di Pulau EngganoKredit gambar: Facebook @aydilla.putri.1

Meski tergolong pulau kecil, Pulau Enggano memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Wisata bahari ini sudah memiliki bandara kecil, pelabuhan, jasa persewaan kendaraan bahkan akomodasi. Mengingat pulau ini merupakan pulau berpenghuni, maka tidak akan sulit untuk mencari tempat makan.

Jadi, Anda bisa berlibur dengan nyaman di tempat ini sampai puas dengan fasilitas yang tersedia. Apalagi dengan banyaknya pemandangan alam yang bisa dinikmati, bisa membuat liburan Anda di pulau ini semakin berkesan.

Demikian ulasan mengenai tempat wisata, rekomendasi aktivitas dan fasilitas di Pulau Enggano Bengkulu Utara. Meski letak pulau ini cukup jauh dari kota, pemandangan dan pesona alamnya tidak akan mengecewakan siapapun yang mengunjunginya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button