Pulau Barrang Lompo, pulau yang indah dan tempat menyelam terbaik di Makassar - WisataHits
wisatahits

Pulau Barrang Lompo, pulau yang indah dan tempat menyelam terbaik di Makassar

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Barang Lompo, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pulau Barrang Lompo dijadikan sebagai tujuan wisata favorit oleh sebagian besar orang yang datang ke Makassar. Pasalnya, tempat ini merupakan salah satu surga pemandangan alam di Indonesia. Tentu saja, segala keindahan alam pulau ini sangat layak untuk dibanggakan dan dipelihara dengan baik. Namanya sendiri sudah santer terdengar di beberapa negara lain.

Oleh karena itu, wajar jika wisatawan asing sering terlihat mengunjungi tempat wisata ini. Tidak enak rasanya jika Anda berkesempatan berlibur di kota Makassar, namun tidak mengunjungi pulau tersebut. Hal ini dikarenakan waktu liburan yang Anda habiskan di sana bisa lebih hemat dan berkualitas. Keindahan alam yang dihadirkan di sini juga mampu membuat semua orang betah.

Selain keindahan alamnya yang mempesona, Anda juga bisa menemukan berbagai hal unik dan menarik lainnya di tempat ini. Maka segera rencanakan liburan di pulau ini dengan mengajak teman dekat agar lebih menyenangkan. Namun, ada baiknya mengetahui berbagai hal terkait Pulau Barrang Lompo sebelum tiba di sana.

Atraksi Pulau Barrang Lompo

Hal yang Dapat Dilakukan di Pulau Barrang LompoKredit Gambar: Instagram Kozzy

1. Terumbu karang yang indah

Tidak diragukan lagi bahwa tempat wisata ini memiliki jutaan terumbu karang yang sangat indah. Hal ini dikarenakan terumbu karang di sana sangat terjaga dan terjaga dengan baik oleh masyarakat sekitar. Meski begitu, setiap wisatawan yang datang tetap diperbolehkan menikmati terumbu karang, asalkan tidak merusak ekosistem.

2. Pemandangan matahari terbenam yang sangat bagus

Selain menikmati berbagai macam terumbu karang yang sangat menarik, wisatawan juga akan dibuat takjub dengan pemandangan sunset atau matahari terbenam yang sangat bagus. Apalagi ditambah dengan pemandangan saat beberapa perahu melewati lautan, kamu juga akan disuguhkan pemandangan siluet yang sangat indah dengan warna yang sangat estetis.

3. Populasi besar

Objek wisata yang dimiliki oleh Pulau Barrang LompoKredit gambar: Twitter Zulu

Biasanya pulau yang sering dijadikan tempat wisata adalah pulau yang tidak berpenghuni atau hanya sedikit penduduknya. Namun lain halnya dengan tempat wisata di Pulau Barrang Lompo ini. Pulau ini dikunjungi oleh penduduk yang relatif banyak dengan aktivitas sehari-hari yang padat. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa sendirian berlibur di pulau ini.

4. Keanekaragaman biota laut

Biota laut di tempat wisata ini memiliki banyak sekali jenis. Hal yang satu ini membuat laut di sana semakin indah dan asri. Biota laut seperti berbagai jenis ikan, kepiting, bulu babi, kuda laut, krustasea, ubur-ubur, gurita, bintang laut dan masih banyak lagi. Hal ini berhasil menarik banyak wisatawan yang sangat mencintai hewan laut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Barrang LompoKredit gambar: Facebook Syawir Elbuni

Tempat wisata terkenal ini terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Tepatnya berada di Barrang Lompo, Ujung Tanah, Kota Makassar. Rute yang harus dilalui untuk menuju tempat wisata ini juga cukup mudah. Anda dapat berangkat dari Kota Makassar dengan memilih salah satu dari dua alternatif pilihan untuk memasuki kota tersebut.

Dua alternatif yang dimaksud adalah naik kapal atau pesawat. Oleh karena itu, bisa disesuaikan dengan dana yang sudah Anda siapkan. Jika Anda masuk dari bandara, akan memakan waktu hingga 3-4 jam. Sedangkan bagi Anda yang lebih suka naik perahu, waktu yang dibutuhkan sekitar empat hari tiga malam.

Melewati Pelabuhan Tanjung Priok, Kota Surabaya, jadwal keberangkatan biasanya hanya tersedia 2 kali per bulan. Nah, jika sudah sampai di Pelabuhan Makassar, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan perahu ke Dermaga Pulau Barrang Lompo.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau Barrang LompoKredit gambar: Facebook Wahid di Salo

Biaya pertama yang akan Anda keluarkan untuk sampai ke pulau ini adalah tiket pesawat sekitar Rs 600.000 atau biaya perahu sekitar Rs 350.000. Setelah itu, Anda juga harus membayar ongkos kapal yang berangkat dari dermaga, sekitar Rp 10.000. Belum lagi jika di perjalanan nanti kamu akan membeli barang atau makanan yang kamu butuhkan.

Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk berlibur ke tempat ini, setidaknya Anda sudah menyiapkan dana sekitar 2-3 juta rupiah. Jumlah ini juga dapat bervariasi tergantung pada jumlah hari yang Anda habiskan di pulau. Jika ingin lebih hemat, ada baiknya memilih memanfaatkan layanan paket liburan yang menawarkan diskon.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Barrang Lompo

Aktivitas di Pulau Barrang LompoKredit gambar: Twitter Greenpeace Indonesia

1. Menyelam dan snorkeling

Anda bisa mencoba aktivitas diving atau snorkeling jika penasaran dengan keindahan bawah laut yang tersaji di Pulau Barrang Lompo. Yakinlah karena sudah banyak jasa sewa untuk diving dan snorkeling. Untuk spot diving, Anda bisa menyelam hingga kedalaman sepuluh meter. Sedangkan untuk spot snorkling akan disuguhkan 2 tempat yaitu 6 meter dan 3 meter.

Melakukan kegiatan ini sangat menyenangkan karena Anda akan memiliki penglihatan yang baik. Untuk bisa menikmati kedua aktivitas tersebut, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu tergantung paket yang akan dipilih. Semua perlengkapan keselamatan yang dibutuhkan pengunjung juga telah disiapkan dengan standar keselamatan yang relatif tinggi.

2. Ambil gambar

Sembari melakukan aktivitas lainnya, jangan lewatkan kesempatan untuk menciptakan kenangan dengan berfoto. Semua tempat di pulau ini sangat cocok untuk berfoto. Untuk spot foto yang sering dipilih oleh wisatawan sendiri, yaitu dengan latar laut dan langit biru di siang hari. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera saat berlibur ke sini.

3. Piknik

Aktivitas menarik selanjutnya saat menghabiskan waktu liburan di Pulau Barrang Lompo adalah piknik. Dengan melakukan kegiatan piknik, segala kepenatan yang Anda rasakan bisa hilang seketika. Anda juga bisa membawa buku favorit untuk dibaca sambil piknik di pantai teduh yang indah.

Akomodasi termurah yang paling dekat dengan pulau

Akomodasi di dekat Pulau Barrang LompoKredit Gambar: Diafragma Instagram

1. Villa Tiber

Villa ini memiliki bangunan dengan bentuk yang unik karena desainnya yang estetis dan minimalis. Jadi menginap di villa ini akan sangat nyaman. Setiap kamar dilengkapi dengan jendela ceruk besar yang memungkinkan Anda melihat panorama di luar. Setiap kamar dapat menampung hingga empat orang. Fasilitas di sini antara lain TV, lounge, restoran, kolam renang, teras, wifi, parkir dan lain-lain.

2. Temu Co Living

Hostel ini sangat cocok untuk anak muda yang suka traveling. Saat memasuki hostel ini untuk pertama kalinya, para tamu akan melihat kafe yang Instagramable untuk nongkrong. Selain itu, hostel ini juga dilengkapi tempat tidur berupa tempat tidur susun Eropa dan dilengkapi dengan beragam warna yang estetis dan segar.

3. Hotel Malaka

Hotel Malaka memiliki ciri khas bangunan minimalis dan modern dengan dinding berlapis kaca. Interior ruangan yang bersih, minimalis, dan nuansa mural monokrom semakin menarik sehingga cocok untuk anak muda. Tersedia juga berbagai pilihan kamar seperti Suite, Deluxe Japanese Twin, Superior Japanese Twin, Superior Tropical Double, Superior Tropical Twin, dan Kamar Superior.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pulau Barrang LompoKredit Gambar: Instagram Sri Wahyuningsih

Karena dihuni oleh penduduk yang cukup besar, maka fasilitas Pulau Barrang Lompo juga cukup lengkap dan memadai. Anda bisa melihat lab penelitian domain kelautan di sana yang digunakan untuk meneliti atau bergerak di sektor kelautan dan perikanan Indonesia. Tentu saja keberadaan laboratorium ini membuat tempat ini layak mendapat pujian.

Tak hanya itu, di sini juga terdapat beberapa bangunan yang dikhususkan untuk fasilitas kesehatan dan pendidikan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir jika merasa tidak enak badan saat berlibur. Untuk toilet, banyak ditemukan di beberapa tempat.

Selain itu, wisatawan juga akan merasa nyaman dengan hadirnya beberapa fasilitas lain seperti food court, ATM, dan tempat ibadah. Kemudian fasilitas yang paling penting, toko suvenir, juga mudah ditemukan. Souvenir dijual dalam bentuk pernak-pernik dengan harga mulai dari 10.000 rupiah hingga 1 juta rupiah. Misalnya seperti kaligrafi, gantungan kunci, perahu phinisi dan lain-lain.

Itulah berbagai hal yang berkaitan dengan tempat wisata yang bernama Pulau Barrang Lompo yang terletak di Sulawesi Selatan. Berwisata ke pulau ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk membuat liburan Anda semakin berkesan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button