Pulau Bair, surga laut yang tersembunyi dan eksotik di Maluku - WisataHits
wisatahits

Pulau Bair, surga laut yang tersembunyi dan eksotik di Maluku

Biaya kunjungan: Dari Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Dullah Laut, Kec. Pulau Dullah Utara, Kota Tual, Maluku; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Bair merupakan salah satu destinasi wisata di Pulau Maluku Tenggara yang memiliki sejuta pesona alam. Pulau cantik ini terkenal dengan pemandangan perbukitannya yang menawan. Selain itu, air lautnya yang berwarna hijau kebiruan menambah eksotisme pulau ini. Sedikit orang yang tahu tentang wisata alam yang menawarkan pemandangan luar biasa ini.

Pulau menawan ini menyuguhkan pesona alamnya yang masih terjaga, sehingga tak heran jika banyak orang yang belum mengetahui keberadaan pulau ini. Banyak pengunjung yang datang menyebut pulau ini mirip dengan Raja Ampat. Keindahan pulau yang masih begitu asri akan membuat setiap orang terpesona.

Fasilitas yang disediakan di Pulau Bair cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti berenang, memancing, dan snorkeling. Selain itu, menjelajahi pulau cantik ini dengan menyewa perahu juga sangat direkomendasikan bagi pengunjung.

Daya tarik milik Pulau Bair

Obyek wisata Pulau BairKredit Gambar: Google Maps Muhammad Usmar Arif

Sebagai kawasan wisata yang menyuguhkan pesona alamnya, pulau cantik ini memiliki banyak daya tarik tersendiri. Mulai dari air lautnya yang identik dengan warna biru kehijauan hingga tebing-tebing menjulang tinggi yang mengelilingi pulau ini. Memiliki air laut yang masih jernih menandakan bahwa pulau indah Bair ini sangat bersih.

1. Pemandangan alam yang mempesona

Kawasan wisata pulau cantik ini memang menyuguhkan sejuta pesona alam yang masih asri seperti dulu. Pulau cantik ini memiliki keunikan tersendiri yang tentunya berbeda dengan pulau lainnya. Salah satunya adalah adanya dua buah teluk dengan air yang jernih. Saat berkunjung ke tempat wisata ini, pengunjung akan dapat melihat dengan jelas biota laut.

Tak hanya itu, lautnya yang tenang menambah daya tarik pulau ini. Ditambah pemandangan dari atas tebing yang menjulang tinggi seperti di kawasan wisata Raja Ampat. Ditambah dengan pemandangan hijau hutan bakau tentu sangat menyegarkan mata pengunjung.

2. Memiliki ombak yang ideal untuk olahraga air

Daya tarik Pulau Bair selanjutnya adalah memiliki ombak yang ideal untuk olahraga air. Bagi wisatawan yang suka berenang, akan sangat cocok mengunjungi tempat wisata ini. Identik dengan ombak yang tenang, pengunjung tentunya bisa memanfaatkannya untuk berenang atau sekedar bermain air.

Kemudian pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain seperti snorkeling dan diving. Jika mencoba aktivitas ini, pengunjung akan dapat melihat keindahan surga bawah laut pulau cantik ini. Karena air lautnya yang jernih dan bersih, pengunjung akan merasa aman saat mencoba olahraga air tersebut.

3. Jelajahi jalan belakang yang menawan

Pulau cantik ini memiliki jalur mati yang sangat menawan. Salah satu daya tarik pulau cantik ini adalah adanya dua tebing yang dikenal sebagai Alley of the Dead. Tebing menjulang tinggi untuk menciptakan sudut yang sempit, sehingga perahu pun tidak dapat melewati terowongan ini.

Untuk menjelajahi keindahan Dead Alley, wisatawan hanya perlu berenang. Di balik namanya yang seram, terletak pesona di gang ini. Pengunjung akan dapat menikmati keindahan tebing yang ditumbuhi tumbuhan hijau hingga merasakan jernihnya air laut yang sangat mempesona.

4. Memiliki hutan bakau yang indah

Daya tarik berikutnya adalah hutan bakau yang megah di kawasan eksotik Pulau Bair ini. Adanya tanaman bakau membuat udara di tempat wisata ini sangat segar. Datang berkunjung, wisatawan akan merasakan segarnya udara di pulau ini. Selain itu, ditambah dengan pemandangan laut yang biru, tentunya sangat menyegarkan mata.

5. Dapat melihat hiu blacktip

Atraksi lain yang jarang ditemukan di pulau cantik ini adalah pengunjung bisa melihat hiu blacktip. Jika beruntung, wisatawan akan dapat melihat hiu jenis ini sambil berjalan melewati hutan bakau di pulau yang indah ini. Banyak pengunjung percaya bahwa kawasan bakau adalah rumah bagi hiu blacktip.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melihat langsung berbagai jenis ikan lainnya. Mengingat jernihnya air laut, siapapun yang datang akan dapat melihat keanekaragaman dan keindahan biota laut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Pulau BairKredit gambar: Google Maps Uragapati

Pulau Bair merupakan destinasi wisata yang terletak di kota Tual, sebelah tenggara Maluku. Akses menuju tempat wisata ini cukup mudah bagi wisatawan. Sepanjang jalan, pengunjung akan menemukan banyak petunjuk arah menuju kawasan wisata eksotis ini. Jalan yang akan dilalui cukup mudah diakses untuk kendaraan pribadi maupun umum.

Namun bagi pengunjung yang berasal dari luar pulau juga bisa ke Langgur yang merupakan ibu kota Kabupaten Maluku Utara. Sesampainya di kota, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor untuk berwisata ke tempat wisata pulau cantik ini. Layanan perjalanan juga tersedia jika pengunjung tidak membawa kendaraan pribadi.

Wisatawan yang ingin menggunakan kendaraan pribadi dapat menempuh jalan menuju Dullah Barat. Kemudian setelah sampai di kawasan tersebut, anda bisa melanjutkan perjalanan ke kawasan pulau dengan menggunakan speedboat yang disediakan pengelola setempat di Dermaga Dullah Barat.

Waktu yang akan ditempuh wisatawan sekitar 2 jam. Setelah itu, pengunjung bisa menikmati keindahan Raja Ampat versi mini ini. Perjalanan panjang yang harus dilakukan pasti akan terbayar dengan sejuta pesona yang dimiliki pulau mempesona ini.

Harga tiket masuk wisata pantai

Tiket Wisata Pulau BairKredit gambar: Google Maps Ndarupraset

Untuk bisa masuk dan menikmati keindahan Isle of Bair, pengunjung perlu mengeluarkan biaya mulai dari transportasi hingga akomodasi. Jika Anda berasal dari luar daerah, Anda harus membayar biaya transportasi menuju kawasan wisata ini. Harga tiket pesawat yang akan dikeluarkan pengunjung berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta tergantung maskapai yang dipilih.

Jika pengunjung menggunakan jasa sewa kendaraan pribadi seperti mobil akan dikenakan biaya antara Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per hari. Namun, jika pengunjung ingin menggunakan angkutan umum, akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Wisatawan yang datang akan dikenakan biaya untuk naik speedboat mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 75.000.

Kawasan wisata pulau ini juga menawarkan penginapan atau resort bagi pengunjung. Tentunya akan dikenakan biaya tergantung akomodasi yang dipilih saat berkunjung ke pulau wisata eksotik ini. Sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin berlama-lama mengagumi keindahan pulau ini.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Bair

Kegiatan wisata di Pulau BairKredit Gambar: Google Maps Ely Agustina

1. Nikmati pemandangan pulau yang eksotis

Keindahan Isle of Bair sudah tidak diragukan lagi, pesona alamnya yang memukau akan membuat pengunjung betah berada di kawasan wisata ini. Apalagi pemandangan alamnya sangat menakjubkan jika dilihat dari atas tebing. Namun, wisatawan juga harus berhati-hati saat menjelajahi tebing pulau yang agak terjal ini.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan pulau cantik ini dari atas bukit karang. Menariknya, ada wisatawan yang bisa menjelajahi semua keindahan pulau ini dengan menyewa perahu yang disediakan pengelola setempat.

2. Santai dan berjemur

Mengunjungi pulau yang terkenal dengan hamparan pasirnya yang bersih belum lengkap rasanya jika tidak memanfaatkannya untuk berjemur. Wisatawan asing dapat menikmati perasaan bersantai dan berjemur di atas pasir yang bersih. Selain itu, terik matahari pulau ini juga sangat cocok untuk kegiatan ini.

3. Berenang dan bermain air

Kegiatan menarik lainnya saat berkunjung ke Pulau Bair adalah berenang dan permainan air. Memiliki air laut yang bersih dan jernih membuat pengunjung tergoda untuk berenang atau sekedar bermain air. Pengunjung bisa melakukan aktivitas tersebut dengan aman karena ombak di pulau ini tergolong sangat tenang.

4. Menyelam dan snorkeling

Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas menyelam juga tidak tuba bisa coba di pulau cantik ini. Selain itu, kawasan wisata ini masih alami sehingga keindahan bawah lautnya masih terjaga dengan baik. Pengunjung akan bisa melihat keindahan biota laut seperti di negeri dongeng.

5. Ambil gambar

Kegiatan menarik lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur di pulau eksotis ini adalah berfoto. Segala keindahan pulau cantik ini patut diabadikan dengan jepretan kamera. Apalagi ada banyak tempat menarik dengan background landscape terbuka yang akan membuat foto Anda lebih berwarna.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Wisata Pulau BairKredit Gambar: Google Maps Bro Ri

Sebagai kawasan wisata pulau yang menyuguhkan beragam keindahan alam, fasilitas yang disediakan tentunya cukup memadai untuk menunjang aktivitas pengunjung. Pengelola Pulau Bair telah menyediakan berbagai fasilitas untuk melengkapi segala aktivitas wisata. Dengan begitu, wisatawan akan betah berada di tempat wisata ini.

Fasilitas umum yang telah disediakan untuk pengunjung antara lain persewaan peralatan menyelam atau terserah tuba ke perahu speedboot juga tersedia. Tentunya fasilitas tersebut disediakan bagi setiap pengunjung yang ingin menikmati keindahan pemandangan pulau eksotik ini.

Itulah beberapa daya tarik fasilitas yang ada di Pulau Bair, sebelah tenggara Maluku. Pengunjung bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan untuk menikmati keindahan pesona pulau ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button