Pulau Abang, pulau eksotik dengan keindahan bawah laut di Batam - WisataHits
wisatahits

Pulau Abang, pulau eksotik dengan keindahan bawah laut di Batam

Pulau Abang, pulau eksotik dengan keindahan bawah laut di Batam
Biaya kunjungan: Dari Rp 290.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Kasus: Verifikasi lokasi

Tentu kita semua tahu Kota Batam. Kota Batam merupakan salah satu kota di Indonesia. Di kota ini Anda bisa menemukan banyak tempat wisata eksotis. Keindahan tempat wisata tersebut memang mampu menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Salah satu rekomendasi tempat wisata populer dan hits kekinian yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Abang. Keindahan yang bisa ditemukan di tempat ini sangat menakjubkan dan tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengunjungi pulau ini.

Pemerintah saat ini bertaruh tempat ini menjadi tujuan wisata, khususnya wisata bahari. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan diulas mengenai tempat wisata, fasilitas, harga tiket dan hal lainnya yang berkaitan dengan tempat wisata yang perlu anda ketahui.

Daya Tarik Pulau Abang

Daya Tarik Pulau AbangKredit Gambar: ATM Google Maps Adi

1. Panorama alam yang terjaga

Pulau Abang dikenal memiliki banyak keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat wisata lainnya. Pesonanya bahkan bisa menandingi Bunaken di Kota Manado. Memang banyak wisatawan yang membandingkan pesona pulau ini dengan pesona Raja Ampat yang terkenal itu.

Saat berada di sana, Anda akan benar-benar terpesona dengan panorama alam yang begitu alami. Seiring perkembangan zaman, pesona Pulau Abang juga semakin terekspos melalui media internet. Anda akan menemukan video dan foto keindahan alam yang masih alami dari pulau menawan ini di media sosial.

Pantainya masih jernih dan bersih. Selain itu, lanskap bawah laut dipenuhi dengan terumbu karang berwarna-warni. Kapal selam itu dipenuhi terumbu karang.

Tempat ini merupakan surga sejati bagi para wisatawan, terutama bagi mereka yang menyukai aktivitas laut, tak heran jika wisatawan mancanegara betah berada di tempat ini.

2. Panorama bawah air yang menakjubkan

Pulau Abang memang merupakan salah satu kawasan wisata yang tidak terlalu populer dan terkenal dibandingkan dengan tempat lain. Anda dapat mengunjungi pulau kapan pun Anda mau.

Karena belum ada jam buka. Atraksi berupa pemandangan bawah laut yang mempesona menjadi hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Vegetasi terumbu karang di bagian bawah laut pulau ini merupakan surga bagi para penyelam. Apalagi disini buat kamu pecinta aktivitas snorkeling dan diving.

Keberadaan terumbu karang yang masih terjaga dan alami membuat hewan-hewan laut berkumpul. Oleh karena itu, tidak sulit menemukan keindahan alam di pulau ini.

3. Ada karang langka di Pulau Abang

Objek wisata milik Pulau AbangKredit gambar: Google Maps Lulus Setiawan

Daya tarik selanjutnya adalah Anda akan menemukan karang langka yang cukup sulit ditemukan di tempat wisata lainnya. Terumbu karang menjadi penanda bahwa pulau ini masih sangat terawat dan juga belum banyak dijamah oleh wisatawan.

Begitu sampai di Pulau Abang, Anda akan langsung menyadari bahwa tempat ini memiliki air yang begitu jernih dan bersih. Itu salah satu kemewahan yang bisa Anda temukan, apalagi di masa penuh polusi seperti sekarang ini. Terumbu karang langka di perairan pulau ini disebut Blue Coral.

Pengembangan objek wisata karang biru saat ini dilakukan oleh pemerintah daerah kota Batam sendiri. Tidak hanya terbatas pada pulau ini saja, kawasan sekitarnya juga memiliki potensi Blue Coral yang juga indah dan menarik.

Selain bisa melihat karang-karang langka, di panorama bawah laut Pulau Abang ini Anda juga akan menemukan ikan teri hijau. Tentu saja, keindahan pantainya yang begitu menggoda tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Karena pasir putih di tempat ini begitu lembut dan halus. Ada pemandangan pohon kelapa yang berjejer menambah asri suasana.

4. Sejarah Pulau yang Menarik

Sejarah Pulau Abang sendiri sangat menarik. Padahal potensi sejarah tempat ini masih sedikit dieksplorasi. Sejarah pulau ini terkait erat dengan sebuah kerajaan di tanah Melayu. Sama halnya dengan penjajah pada zaman dahulu yaitu Belanda.

Seperti kita ketahui, keinginan para penjajah adalah selalu ingin menjadi penguasa. Akhirnya Belanda mulai memutuskan untuk berperang dan menyerang wilayah yang dikuasai Kerajaan Cadas. Hal ini akhirnya menyebabkan beberapa anak raja memutuskan untuk melarikan diri dan pergi ke tempat yang jauh.

Tujuannya adalah tempat yang tidak bisa dijangkau oleh pasukan Belanda. Mereka akhirnya membawa seluruh keluarga. Nama rajanya adalah Raja Teleng dan Raja Tak. Mereka akhirnya mulai memutuskan untuk tinggal di kawasan paling selatan, Pulau Abang Besar.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau AbangKredit gambar: Google Maps Haris Subagya

Pulau Abang terletak di sebelah selatan kota Batam, tepatnya di provinsi kepulauan Riau. Jika Anda memulai dari pusat kota Batam, maka setidaknya untuk bisa mencapai pulau tersebut, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat.

Karena akses jalan menuju pulau ini sangat bagus, Anda tidak perlu mencari transportasi. Anda juga dapat berkendara ke Jembatan Balerang. Waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam. Setelah melakukan perjalanan, perlu menyeberang ke area pulau. Penyeberangan itu sendiri akan memakan waktu setidaknya 30 menit.

Untuk dapat melakukan penyeberangan, sarana transportasi yang digunakan adalah Kapal Pompong. Dari Jembatan Barelang sendiri jaraknya sekitar 12 km. Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan fungsi Google Maps.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan Biaya Perjalanan ke Pulau AbangKredit gambar: Google Maps Krishnendu Sarma

Bagi anda yang ingin mengunjungi Pulau Abang, anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket yang harus anda keluarkan. Disarankan untuk menggunakan jasa perjalanan dan wisata serta menggunakan paket-paket tertentu.

Dengan menggunakan jasa tour and travel, liburan Anda tentunya akan lebih seru. Pulau Abang sendiri termasuk dalam salah satu tempat wisata murah. Dibandingkan tempat wisata lain di kota Batam, berkunjung ke pulau ini relatif terjangkau.

Untuk menggunakan layanan tersebut, Anda setidaknya harus menyiapkan biaya sekitar Rp290.000. Dengan biaya tersebut anda sudah bisa membuat paket perjalanan selama 1 hari penuh.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Abang

Aktivitas seru di Pulau AbangKredit gambar: Google Maps samsi cembre11

1. Memancing di zona pulau

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Pulau Abang Besar. Salah satu kegiatan tersebut adalah memancing. Kawasan ini memang sangat cocok jika digunakan untuk memancing. Hal ini dikarenakan di tempat ini terdapat banyak terumbu karang yang menjadi habitat ikan. Dan tentu saja, ini adalah surga pemancing.

2. Nikmati scuba diving

Nampaknya sudah disebutkan di atas bahwa kegiatan yang juga sangat menarik dan tidak boleh dilewatkan adalah menyelam. Pulau Abang dan sekitarnya memang menjadi tempat yang sangat disukai untuk kegiatan diving ini. Pemandangan bawah laut Purwakarta yang tak terlupakan.

3. Jelajahi dan nikmati keindahan alam

Aktivitas seru di Pulau AbangKredit gambar: Google Maps anita windey

Jika Anda sudah melakukan kegiatan-kegiatan yang disarankan di atas, tidak ada salahnya menjelajahi atau menikmati keindahan alam di sekitar Anda. Suasananya yang begitu asri, alami dan jauh dari polusi, tentunya akan sangat memudahkan Anda untuk bersantai di pulau ini.

4. Berburu Foto

Karena keindahan yang ditawarkan oleh pulau hits ini, wajar jika banyak spot foto yang menarik. Oleh karena itu, saat berencana datang ke tempat ini, jangan lupa membawa kamera.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau AbangKredit gambar: Google Maps Haris Subagya

Pulau Abang merupakan salah satu tempat wisata yang masih terbilang baru. Oleh karena itu, mencari fasilitas di tempat ini cukup sulit. Jika Anda berencana untuk datang ke tempat ini, untuk kemudahan akses ke fasilitas, Anda harus melakukan perjalanan yang terorganisir.

Tersedia penginapan bagi anda yang ingin menginap. Harga akomodasi juga relatif terjangkau. Namun harga ini disesuaikan dengan fasilitas penginapan yang disediakan nantinya.

Saat berkunjung, sebaiknya Anda disarankan datang ke sini pada bulan Maret dan Agustus. Atau bisa juga memilih di bulan September dan November. Karena memang pada bulan-bulan tersebut cuaca di pulau tersebut sangat mendukung wisatawan.

Demikian ulasan lengkap tentang Pulau Abang di Kota Batam yang perlu Anda ketahui. Mengetahui atraksi, fasilitas, harga tiket, aktivitas seru dan hal-hal lain yang berkaitan dengan tempat wisata akan memudahkan Anda ketika ingin datang ke tempat tersebut.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button