pt. Geo Dipa Energi (Persero) memperingati Hari AIDS Sedunia bersama masyarakat - WisataHits
Jawa Barat

pt. Geo Dipa Energi (Persero) memperingati Hari AIDS Sedunia bersama masyarakat

pt.  Geo Dipa Energi (Persero) memperingati Hari AIDS Sedunia bersama masyarakat

TAKSI. BANDUNG I BBCOM I General Manager menggelar upacara peringatan Hari AIDS Sedunia di Keundeng Al-Hidayah bersama Departemen HSSE Unit Patuha PT Geo Dipa Energi (Persero) dan warga Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung-Masjid, desa setempat.

Sekitar 200 warga dan tokoh masyarakat serta karyawan Unit GeoDipa Patuha ikut ambil bagian dalam peringatan Hari AIDS Sedunia yang tahun ini mengangkat tema “Menyamakan”.

Isu Equalize tidak hanya berarti pemerataan akses dan fasilitas layanan pengobatan HIV, khususnya bagi anak-anak, pekerja seks komersial dan pengguna narkoba, tetapi juga mensyaratkan adanya undang-undang atau kebijakan yang mengatur stigma dan marginalisasi kehidupan orang dengan HIV.

Aturan atau pedoman seperti ini penting agar keberadaan mereka (ODHA, ODHA, ODHA) dapat dihormati dan diterima dengan baik oleh masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, General Manager Unit GeoDipa Patuha, Ilen Kardani mengajak masyarakat sekitar wilayah operasional PT. GeoDipa untuk mengatasi ketidaksetaraan yang menghambat kemajuan untuk mengakhiri HIV/AIDS.

Sebab, kata Ilen, ada beberapa orang yang hidup dengan HIV/AIDS di masyarakat yang biasa disebut dengan ODHA. Namun, masih banyak masyarakat yang mendiskriminasi dan memandang ODHA dengan berbagai stigma sehingga ODHA dipandang sebagai sesuatu yang memalukan.

“Selain ODHA yang berjuang melawan penyakitnya, ODHA harus mendapat reputasi buruk di masyarakat karena pemahaman HIV/AIDS yang tidak tepat,” kata Ilen.

Stigma ini, lanjut Ilen, menyebabkan ODHA menyembunyikan status HIV positifnya dan membuat mereka malu untuk memeriksakan kesehatannya. Akibatnya, banyak ODHA yang tidak mendapatkan pengobatan dan perawatan, sehingga meningkatkan risiko kematian bagi ODHA itu sendiri, selain potensi penularan HIV/AIDS di masyarakat.

Untuk itu, kata Ilen, perayaan Hari AIDS Sedunia diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendukung ODHA agar tetap semangat hidup.

Di tempat yang sama, HSE Manager PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha, R. Yulianto Kurniawan, menyampaikan terima kasih atas partisipasi masyarakat yang antusias dalam peringatan Hari AIDS.

“Alhamdulillah masyarakat sangat antusias dan bersemangat mendengarkan pemaparan pemateri tentang HIV/AIDS yang belum ada obatnya,” kata Yulianto sembari menyebut narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Sri Judaningsih dari Ikatan Konselor HIV VCT Jabar dan kesaksian Astri, pasien ODHA.

Yulianto berharap berbagai hal tentang HIV/AIDS, termasuk penyebab seseorang tertular penyakit tersebut, seperti melalui seks bebas, dapat menjadi gudang pengetahuan yang sangat berharga bagi masyarakat.

Selain itu, di kawasan Bandung selatan terdapat banyak destinasi wisata menarik yang ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik dan domestik. Karena tempat wisata sering dikaitkan dengan “wisata kesenangan” padahal kenyataannya tidak semua tempat wisata seperti itu.

Namun paling tidak, kata Yulianto, dengan pemahaman yang baik akan bahaya HIV/AIDS dapat menjadi benteng yang kokoh bagi masyarakat untuk terhindar dari penyakit tersebut.

Udin (65), salah satu tokoh masyarakat Sugihmukti, mengucapkan terima kasih kepada GeoDipa yang telah mengadakan peringatan Hari AIDS Sedunia di desanya, yang juga diisi dengan pemaparan berbagai topik terkait HIV/AIDS.

“Mudah-mudahan ini menjadi pengalaman belajar yang berharga, khususnya bagi generasi muda di desa ini,” kata Udin.

Seperti diketahui, Hari AIDS Sedunia ditetapkan oleh PBB setiap tanggal 1 Desember sebagai kampanye untuk memerangi HIV/AIDS. Hari AIDS ditetapkan pada tahun 1988.

Awalnya peringatan ini diprakarsai oleh James Bunn dan Thomas Netter, dua anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang kemudian diperingati

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button