Properti wisata Purwahamba Indah di Tegal banjir, pengunjung disarankan untuk waspada - WisataHits
Jawa Tengah

Properti wisata Purwahamba Indah di Tegal banjir, pengunjung disarankan untuk waspada

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Kawasan Obyek Wisata (Pur’in) Kabupaten Tegal Purwahamba Indah digenangi air pasang sejak dini hari dan kondisi tersebut berlanjut hingga Sabtu sore (31/12/2022).

Pasang surut di dekat pantai atau di sekitar warung pedagang, ketinggian air di atas mata kaki orang dewasa.

Meski air pasang tidak terlalu tinggi, banyak pengunjung yang memilih untuk memarkir kendaraannya, terutama sepeda motor, di bagian depan dan mengakses kawasan pantai dengan berjalan kaki.

Pantai yang menjadi daya tarik objek wisata Pur’in ini tidak hanya dihantam air pasang di atas mata kaki orang dewasa, tetapi juga mengalami ombak besar yang disertai angin. Bahkan ketinggian ombaknya mencapai 3 meter.

Suasana di kawasan pantai Objek Wisata (Pur'in) Purwahamba Indah di Kabupaten Tegal yang ombaknya besar dan berangin namun pengunjung masih bermain di bibir pantai, Sabtu (31/12/2022). Suasana di kawasan pantai Objek Wisata (Pur’in) Purwahamba Indah di Kabupaten Tegal yang ombaknya besar dan berangin namun pengunjung masih bermain di bibir pantai, Sabtu (31/12/2022). (TENGAH TRIBUN/Desta Leila Kartika)

Pengunjung yang datang disarankan untuk tidak berenang, bermain atau menginjak pantai di area perairan.

Anak-anak khususnya tidak boleh lepas dari pengawasan orang tuanya dan harus selalu didampingi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal yang juga Kepala BPBD, Widodo Joko Mulyono berkunjung ke Kawasan Obyek Wisata Purwahamba Indah didampingi Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Tegal, Elliya Hidayah, dan Kapolres Tegal , AKP Siswanto.

Dalam kesempatan itu, Joko mengatakan pihaknya mengutamakan upaya pencegahan.

Upaya pencegahan ada dua yaitu yang pertama bersifat adaptif atau penyesuaian dengan kondisi yang ada dan yang kedua bersifat koordinatif.

“Masyarakat harus bisa beradaptasi dengan kondisi yang ada, dalam arti jika terjadi perampokan atau gelombang besar harus bisa beradaptasi agar tidak terjadi resiko yang dapat merugikan. Kemudian kita semua harus saling berkoordinasi, sengkuyung saling membantu, dari TNI-Polri, BPBD, masyarakat dan sebagainya,” jelas Joko, Sabtu (31/12/2022) di Tribunjateng.com.

Masih di tempat yang sama, Direktur Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Ahmad Uwes Qoroni menanggapi terjadinya bencana banjir dan gelombang besar yang menerjang kawasan wisata Pur’in.

Uwes mengungkapkan, kondisi cuaca ekstrem akhir-akhir ini tidak hanya terjadi di wilayah Kabupaten Tegal, tetapi juga di wilayah lain di Jawa Tengah dan seluruh Indonesia.

Cuaca ekstrim disini seperti hujan, angin kencang, ombak besar dan lain-lain.

Dengan ini, Uwes mengimbau kepada seluruh pengelola wisata, pedagang, pengunjung di kawasan wisata Waduk Guci, Purwahamba Indah (Pur’in), Cacaban untuk berhati-hati dan waspada.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button