Promosikan Potensi Wisata, Boyolali Gelar Festival Desa Wisata - WisataHits
Jawa Tengah

Promosikan Potensi Wisata, Boyolali Gelar Festival Desa Wisata

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten Boyolali menggelar Festival Desa Wisata untuk memperkenalkan dan mempromosikan desa wisata yang ada di wilayahnya. Festival tersebut berlangsung pada Rabu (11/2/2022) di Alun-alun Lor, Kabupaten Boyolali.

“Melalui festival ini, masyarakat lebih mengenal dan memahami destinasi wisata yang tidak hanya di daerah tujuan. Tapi juga di desa-desa wisata,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Boyolali Supana saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Supana mengatakan, saat ini ada 45 desa wisata yang tersebar di 22 kecamatan yang sudah memiliki SK Bupati Boyolali. Dari 45 desa tersebut dipilih 10 besar untuk kriteria evaluasi festival desa wisata. Diantaranya Sapta Pesona CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan), banyaknya kegiatan wisata di desa, homestay, pengelolaan air bersih dan seni budaya.

“Berdasarkan beberapa kriteria tersebut, setiap desa mengirimkan video tentang potensinya, kemudian juri mengunjungi 45 desa wisata di Boyolali. Dan hari ini akan dilangsungkan grand final 10 besar hasil penilaian juri yang akan ditayangkan secara live di Boyolali Quarter Square,” jelas Supana.

10 desa wisata teratas yang masuk babak grand final adalah Desa Gedangan, Paras dan Cabean Kunti di Kecamatan Cepogo, Desa Sidomulyo dan Banyuanyar di Kecamatan Ampel, Desa Kaligentong di Kecamatan Gladagsari dan Desa Kiran di Kabupaten Boyolali serta Desa Packing di Kabupaten Sawit. Ada juga Desa Blumbang di Kecamatan Klego dan Desa Tegalsari di Kecamatan Karanggede.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat mengapresiasi pesta tersebut. Menurutnya, festival yang digelar mampu memotivasi dan menginspirasi desa lain untuk menggali potensi lokal desa masing-masing.

“Harapannya bisa menginspirasi desa lain untuk terbujuk menggali potensi lokal. Sehingga bisa kita garap sebaik mungkin, dan tentunya menjadi daya dukung terkait pengembangan pariwisata di Boyolali ke depan,” harap orang nomor satu di Kota Susu itu.

Pada festival tersebut, Desa Wisata Paras, Kecamatan Cepogo berhasil meraih juara pertama, juara kedua Coffee Campus di Desa Banyuanyar, Kecamatan Traffic Light, dan juara ketiga adalah Gentong Kencono, Desa Kaligentong, Kecamatan Gladagsari. Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, meraih juara pada kategori Stand Terbaik.

Penulis : Diskominfo Kabupaten Boyolali
Penerbit: WH/DiskominfoJtg

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button