Promosi ekonomi desa melalui desa wisata - WisataHits
Jawa Barat

Promosi ekonomi desa melalui desa wisata

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hj Tina Wiryawati, SH mengatakan sejumlah desa di Jabar telah berhasil mengolah potensi wisata di daerahnya masing-masing menjadi desa wisata.

Ia berharap semakin banyak desa wisata di Jabar, apalagi saat ini Provinsi Jabar sudah memiliki Perda Provinsi Jabar Nomor 2 Tahun 2022 tentang Desa Wisata dan segera dilaksanakan dengan Pergub.

“Ada beberapa desa wisata di Jawa Barat yang sudah sukses, misalnya desa Alam Endah di Rancabali, Kabupaten Bandung. Ada juga Kampung Naga di Tasikmalaya, Desa Cibuntu di Kabupaten Kuningan,” kata anggota pengurus Fraksi Gerindra ini di Bandung, Selasa (6/6/2011.9).

Dikatakannya, setiap desa memiliki potensi wisata masing-masing.

Mulai dari potensi keindahan alam, keunikan budaya masyarakat hingga hal-hal menarik seputar kuliner dan event.

Hal ini merupakan potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Di sisi lain, ada beberapa desa wisata di Jawa Barat yang menjadi bagian dari rencana pengembangan pariwisata.

Diantaranya Desa Wisata Jelekong dan Desa Wisata Laksana di Kabupaten Bandung, Desa Wisata Cibeusi di Kabupaten Subang, dan Desa Wisata di sekitar Taman Nasional Bogor-Cianjur-Sukabumi.

Namun sejauh ini keberadaan beberapa desa liburan tersebut hanya sebatas rencana pengembangan pariwisata, karena daerah belum memiliki peraturan tentang pengembangan desa liburan.

“Di sinilah letak pentingnya Ordonansi Desa Wisata. Banyak hal yang dibahas secara detail untuk mempromosikan desa wisata di Jabar,” ujarnya.

Source: jabar.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button