Program Keluarga Sehat Pintar diawali dengan konsumsi ayam dan telur serta JULEHA - WisataHits
Jawa Barat

Program Keluarga Sehat Pintar diawali dengan konsumsi ayam dan telur serta JULEHA

Senin, 17 Oktober 2022 | 06:32 WIB

| penulis:

Buku Catatan: tobari

Agama, InfoPublik – Sumbar memulai program keluarga sehat dan cerdas dengan mengkonsumsi ayam dan telur serta jagal halal (juleha). Kedua program ini resmi diluncurkan di Pejalan Kaki Jam Gadang, Minggu (16/10/2022) di Bukittinggi.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI Nasrullah mengatakan puncak perayaan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) 2022 menjadi pendorong untuk mencanangkan program keluarga sehat dan cerdas makan ayam dan telur.

Daging ayam merupakan sumber protein hewani bagi manusia.

Daging ayam umumnya memiliki kandungan asam lemak tak jenuh, daging ayam juga memiliki tekstur daging yang kompak dan protein yang sederhana, sehingga mudah dicerna.

Sedangkan telur sebagai sumber protein memiliki banyak keunggulan diantaranya kandungan asam amino terlengkap.

Untuk mencapai Indonesia emas dan memastikan generasi emas, asupan makanan dan gizi adalah kuncinya. Bagaimana unsur protein harus terpenuhi. Saat ini, protein termurah ditemukan pada ayam dan telur.

Masyarakat dapat meningkatkan konsumsi telur dan ayam untuk menciptakan generasi yang berkualitas. “Paling tidak, Sumbar bisa menjadi garda terdepan dalam meningkatkan konsumsi ayam dan telur di Indonesia,” ujarnya.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengucapkan terima kasih kepada Pinsar Nasional yang telah mempercayakan Sumbar menjadi tuan rumah HATN ke-12 pada 2022.

acara Ini juga merupakan momen untuk merayakan HUT ke-77 Sumatera Barat.

HATN akan mampu meningkatkan konsumsi ayam dan telur di Sumbar. Makan ayam dan telur akan meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama yang bergerak di bidang pertanian.

“Pemprov sendiri akan mengalokasikan 10 persen bagian APBD yang akan ditujukan untuk sektor pertanian,” kata Audy.

Selain itu, Pemprov Sumbar telah mencanangkan Program Pelatihan Jagal Halal (JULEHA). Hal ini akan mendukung program wisata halal di Sumatera Barat.

Karena makanan yang dikonsumsi di Sumbar sudah terbukti kehalalannya, dimulai dari proses penyembelihannya.

“Pemotongan hewan halal tahun ini menargetkan 1000 orang dengan mendapatkan sertifikat. Saat HATN 2002, ada 113 hakim yang dilatih di Bukittinggi,” ujarnya.

Walikota Bukittinggi Erman Safar juga mendukung program keluarga sehat dan cerdas dengan mengkonsumsi ayam dan telur serta juleha di Sumatera Barat khususnya di kota Bukittinggi.

Makan ayam dan telur bermanfaat bagi kesehatan dan perekonomian masyarakat. (MC Agam/toeb)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button