Program Kartu Prakerja Lanjutan tahun 2023, anggaran ditambah Rp5 triliun - WisataHits
Jawa Tengah

Program Kartu Prakerja Lanjutan tahun 2023, anggaran ditambah Rp5 triliun

ALUMNI.  Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan alumni penerima Kartu Prakerja dari seluruh Indonesia di SICC Bogor, Jawa Barat, Jumat (17 Juni 2022).  (Foto: setkab)

Siedoo.com -ALUMNI. Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan alumni penerima Kartu Prakerja dari seluruh Indonesia di SICC Bogor, Jawa Barat, Jumat (17 Juni 2022). (Foto: setkab)

JAKARTA, siedoo.com – Program Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada tahun 2023. Program ini akan lebih fokus pada peningkatan keterampilan dan produktivitas tenaga kerja. Bentuknya berupa dukungan biaya pelatihan langsung kepada peserta dan insentif pasca pelatihan dengan berbagai pelatihan, pelatihan ulang dan peningkatan keterampilan.

“Program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi tenaga kerja karena konsep asli program ini sudah diperkenalkan sebelum era pandemi COVID-19,” kata Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto selaku Ketua Panitia Ketenagakerjaan. . setkab.go.id, Kamis (10/6/2022).

Hal itu disampaikannya baru-baru ini dalam Rapat Panitia Penciptaan Lapangan Kerja di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.

Pada pertemuan tersebut, anggota komite sepakat untuk memulai skema reguler pada tahun 2023 dan melanjutkan skema bantuan sosial parsial hingga akhir kuartal keempat tahun 2022 dengan tingkat dukungan dan insentif siswa yang sama seperti sebelumnya.

“Pemerintah akan menambah anggaran sebesar Rp 5 triliun dengan target 1,5 juta orang,” kata Airlangga.

Selain itu, Menko Perekonomian mengingatkan semua pihak untuk mulai mempersiapkan dan menghubungi seluruh pemangku kepentingan terkait berbagai perubahan, mengingat sistem normal akan segera diterapkan pada awal 2023.

Selain itu, sehubungan dengan pelaksanaan program normal, Airlangga mengatakan, pada tahun 2023 pemerintah akan meningkatkan jumlah bantuan yang akan diterima peserta sebesar Rs 4,2 juta per orang dengan rincian berupa dukungan biaya pelatihan di Sesuaikan sebesar 3,5 juta rupiah. Insentif pasca pelatihan sebesar Rp 1 kali dan insentif survei sebesar Rp 100.000 untuk dua kali survei.

Program Kartu Prakerja dilaksanakan secara online, offline dan mixed serta memungkinkan penerima bansos dari departemen/instansi lain, seperti BPUM) untuk menerima manfaat Kartu Prakerja.

Terakhir, untuk mendukung pelaksanaan program normal, Panitia Penciptaan Lapangan Kerja juga meminta kerjasama dan bantuan antara Kejaksaan Agung, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam pengelolaan pelaksanaan Program Kartu Prakerja. , yang berjalan sejak 2020 untuk melanjutkan berikutnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2022, Kartu Prakerja telah memberikan manfaat kepada 3,46 juta penerima dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, mencapai total 14,9 juta penerima sejak pelaksanaan program dimulai.

Sebanyak 53,6 persen peserta Kartu Prakerja 2022 berasal dari 212 kabupaten/kota sasaran pengentasan kemiskinan ekstrem dan termasuk calon pekerja migran Indonesia (PMI).

Panitia Penciptaan Lapangan Kerja dibentuk dengan Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Keterampilan Kerja Melalui Program Kartu Prakerja dan mempunyai tugas merumuskan kebijakan dan mengawal program Kartu Prakerja.

Panitia diketuai oleh Menko Perekonomian, Wakil Ketua diketuai oleh Kepala Staf Presiden dan terdiri dari Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri Tenaga Kerja (Menaker). , Menteri Perindustrian (Menperin), Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) dan Menteri Dalam Negeri.

Rapat panitia ini juga dihadiri oleh Menteri Tenaga Kerja, Menteri Pendidikan dan Teknologi, Menteri Perindustrian, Kepala Inspektorat Keuangan dan Pembangunan, Wakil Jaksa Agung dan Pj Kepala Badan Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. , Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksanaan Kartu Prakerja dan sejumlah perwakilan dari kementerian/lembaga lain. (setkab/siedoo)

Source: siedoo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button