Program Kampus Mandiri, KKN Unisri Targetkan Pariwisata dan Industri Kreatif – KRJOGJA - WisataHits
Jawa Tengah

Program Kampus Mandiri, KKN Unisri Targetkan Pariwisata dan Industri Kreatif – KRJOGJA

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta sepakat bekerjasama dengan Pemerintah Karanganyar dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) perguruan tinggi melalui program non profit dengan tujuan pariwisata dan industri kreatif. Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh mahasiswa UNISRI untuk semua sektor penunjang di lereng Lawu merupakan bentuk kerjasama ini.

Rektor UNISRI Prof. Dr. Ir Sutardi mengatakan sinergi antara pemerintah daerah, dinas pendidikan dan perguruan tinggi memberikan wadah bagi mahasiswa untuk berkompetisi dan membuka peluang karir setelah keluar dari kampus.

“Selama ini kerjasamanya baik. Perlu lebih ditingkatkan lagi seiring dengan pelaksanaan program kampus mandiri,” ujarnya saat membuka workshop program kompetisi kampus mandiri (PKKM) di Karanganyar, Rabu (08/03).

Sebagai bagian dari program Campus Independence, mahasiswa lebih leluasa memilih bidang pengabdian masyarakat. Sektor pariwisata dan industri kreatif paling mewakili kebutuhan masyarakat dan kontribusi ilmiah para mahasiswa.
Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi Surakarta, Dr. Sularno mengatakan, kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Karanganyar tidak hanya untuk penerimaan mahasiswa KKN saja. Namun, pemberian penasihat untuk kegiatan birokrasi seperti menyelenggarakan seleksi calon pejabat pemerintah.

“Kontribusi perguruan tinggi ke daerah menjadi tolak ukur kerjasama yang ada. Kerjasama dengan Karanganyar pada khususnya dan pada umumnya sudah terjalin sejak berdirinya UNISRI,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengajak KKN UNISRI untuk mendukung desa wisata dan industri kreatif. Belum lama ini, UNISRI melepas 1.159 mahasiswa KKN ke enam kecamatan. Program ini berlangsung selama 40 hari dengan bobot 20 sks atau 1 semester.

“Silakan menjadi ahli di bidang ini dengan pengabdian di Karanganyar. Mereka dipersiapkan ketika mereka lulus dan kembali ke desa untuk membangun. Kami juga bersedia menerima magang KKN di OPD. Semua kampus dari mana saja bisa ke Karanganyar,” ujarnya. (jeruk nipis)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button