Produk Temas Geber Village Eco Print - WisataHits
Jawa Timur

Produk Temas Geber Village Eco Print

BATU – Kelurahan Temas memiliki pasar bulanan bernama Pasar Kemarang. Sebulan sekali, berbagai kerajinan warga dijual di pasar. Berbagai produk khas desa Temas dijual di pasar, terutama berbasis eco-printing, mulai dari kain eco-printing, udeng eco-printing, dan mug atau gelas eco-printing.

Salah satu perwakilan Pokja 2 Pendidikan Keterampilan, Temas Ernawati mengatakan, hasil eksperimen terbaru berbasis eco-printing ada dua produk yaitu udeng dan kaca. “Produksi massal untuk udeng eco print sudah dimulai. Kami memproses 12 pesanan udeng dari desa. Sementara itu, produksi kaca eco-printed juga ditambah,” jelasnya. “Ada yang mengira eco-printing hanya untuk kain, tapi ternyata eco-printing juga bisa dilakukan di kaca, meski dikukus selama satu jam,” tambahnya.

Ia juga mengakui keberadaan Pasar Kemarang merupakan kesempatan yang tepat untuk memperkenalkan produk eco-printed khas desa Temas kepada masyarakat sekitar. Tidak hanya produk berbasis eco-printing, tetapi juga sajian kuliner tradisional dari setiap RW. Mulai dari Cenil, Gula Jawa, Bubur Suro dan lain sebagainya.

Salah satu warga Desa Temas, RT 4, RW 6, Sugiarti mengaku setuju dengan konsep kuliner tradisional Pasar Kemarang. Pasalnya, saat pandemi Covid 19 dua tahun lalu, perekonomian ambruk drastis. “Kami berharap pasar kemarang ini dapat membuka peluang peningkatan pendapatan UKM kuliner tradisional,” ujarnya.

Ditegaskan Kepala Desa Temas Adi Santoso, keberadaan Pasar Kemarang sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di 11 RW atau untuk memperkuat kreativitas PKK dan UMKM. “Alasan penamaan pasar kemarang karena kata kemarang bisa diartikan sebagai wadah atau tempat penjualan,” jelasnya.

Adi juga menyampaikan bahwa Pasar Kemarang nantinya akan menjadi pasar wisata yang dapat menggugah antusiasme masyarakat terhadap sajian kuliner tradisional dan produk menarik khas Desa Temas. (jika/sampul)

Source: radarmalang.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button