Produk Kerajinan Griya Keramik Balong Blora dipasarkan secara offline dan online - WisataHits
Jawa Timur

Produk Kerajinan Griya Keramik Balong Blora dipasarkan secara offline dan online

Produk Kerajinan Griya Keramik Balong Blora dipasarkan secara offline dan online

Rabu 1 Februari 2023 | 11:30 WIB

| penulis :

Buku catatan : Juli

Blora, InfoPublik – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Balong Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Jawa Tengah melakukan pemasaran berbagai produk kerajinan tanah liat secara offline dan online. Produk tersebut dibuat oleh pengrajin lokal di Griya Keramik.

Hal tersebut disampaikan kepada sejumlah mahasiswa Untidar Magelang, Universitas Semarang dan SMKN 1 Cepu oleh ketua Pokdarwis Desa Balong pada Selasa (31/01/2023). Mereka adalah mahasiswa jurusan multimedia dan ilmu komunikasi yang bekerja di Dinkominfo Blora.

“Untuk penjualan gerabah dan keramik via offline dan online karena jaman sudah berkembang karena desa menggunakan sosial media seperti WhatsApp, Youtube, Instagram,” kata Susanto.

Menurutnya, hal ini menarik perhatian masyarakat sehingga banyak pelanggan di luar Blora dan dari Jakarta juga menyukai kerajinan ini.

Dikatakannya, pemerintah desa Balong yang mengembangkan wisata edukasi ini juga terlibat dalam pemasaran gerabah dan keramik di berbagai event kabupaten hingga event nasional. “Kami sudah melakukan pameran di desa, kecamatan, kabupaten bahkan pameran nasional di Jakarta,” katanya.

Ia menjelaskan, potensi tanah liat di wilayah tersebut diharapkan dapat dikembangkan, sehingga pada tahun 2017 ini digagas Griya Keramik.

“Untuk pendirian Griya Keramik, kami mendapat dukungan CSR dari ExxonMobil di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Kami memiliki sebuah bangunan. Dari sisi desa kami menyiapkan lahan. Jadi dulu Benngkok Kamituwo yang sebagian digunakan untuk pembangunan ini,” jelasnya.

Susanto mengatakan, desa wisata edukasi kerajinan tangan ini banyak diminati pengunjung, baik lokal maupun dari luar.

“Biasanya sering dikunjungi pelajar dan keluarga, kami juga menawarkan jasa bila ada pengunjung yang ingin mempraktekkan kerajinan tersebut,” ujarnya.

Griya Wisata Edukasi Balong Ceramics berupaya untuk memproduksi gerabah dan keramik yang diminati oleh masyarakat.

“Kami juga ada paket produksi kerajinan gerabah mulai dari Rp 15.000 dengan menyediakan kuas dan cat agar lebih menarik dan pengunjung juga bisa berkarya,” jelas Susanto (MC Kabupaten Blora/Retno).

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button