Presiden Republik Indonesia berbicara tentang peningkatan kerja sama ekonomi dengan Kerajaan Eswatini - WisataHits
Jawa Timur

Presiden Republik Indonesia berbicara tentang peningkatan kerja sama ekonomi dengan Kerajaan Eswatini

Pada Rabu (24/822) Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menerima kunjungan Raja Mswati III di Istana Merdeka, Jakarta. Kerajaan Eswatini, Afrika Selatan.

Dalam pertemuan tersebut, para pemimpin kedua negara membahas upaya untuk memperkuat kerja sama ekonomi.

“Kunjungan ini sebenarnya merupakan gabungan dari kunjungan yang berkaitan dengan pariwisata. Namun momen ini juga dimanfaatkan Raja Eswatini untuk melakukan pertemuan dengan Presiden dan membahas upaya peningkatan kerja sama kedua negara, khususnya di bidang ekonomi,” kata Menlu Retno Marsudi yang mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut.

Menlu menjelaskan, sejak pertemuan terakhir kedua kepala negara di tahun 2019, sudah ada kemajuan, yakni sudah ada perusahaan Indonesia di sektor jasa keuangan. spa kesehatandi Eswatini.

Menurut Retno, ini merupakan pembukaan pertama untuk berbagai kerjasama lainnya.

“Pada pertemuan sebelumnya, Raja Eswatini mengatakan tentang perusahaan kesejahteraan berlokasi di Eswatini, Eswatini berencana mengimpor kosmetik Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, Presiden RI juga menjajaki kemungkinan mendekatkan perusahaan swasta dan BUMN dari kedua negara.

Rencananya, kedua negara akan menandatangani perjanjian kerja sama untuk memperkuat hubungan bilateral, khususnya di bidang ekonomi.

“Dua menteri luar negeri telah ditugaskan untuk menyiapkan dokumen itu. Meski pembahasannya singkat, namun pembahasan terfokus pada upaya peningkatan kerja sama ekonomi, termasuk di bidang infrastruktur, energi, pariwisata dan juga kesehatan,” tambahnya.

Sebelumnya, Raja Mswati III mengunjungi Indonesia pada tahun 2002, 2003, 2007, 2008, 2015 dan 2019.

Pramono Anung, Sekretaris Kabinet, turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut. Sementara itu, Raja Mswati III didampingi oleh Thulisile Dladla, Menteri Luar Negeri Eswatini (rid/ipg).

Source: www.suarasurabaya.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button