Presiden Minta Menkes Jaga Pintu Gerbang Cegah Cacar Monyet - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Presiden Minta Menkes Jaga Pintu Gerbang Cegah Cacar Monyet – ANTARA News Yogyakarta

JAKARTA (ANTARA) — Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan jajarannya untuk menerapkan pengawasan ketat di pintu masuk negara untuk mencegah penyebaran cacar monyet.

“Untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi, pintu masuk ke negara kita akan dikontrol sangat ketat,” kata Presiden Jokowi di Jakarta, Selasa.

Pada 20 Agustus 2022, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan hasil kasus terkonfirmasi pertama cacar monyet di Indonesia pada pasien laki-laki berusia 27 tahun yang berdomisili di DKI Jakarta.

“Pertama-tama saya sudah perintahkan Menteri Kesehatan untuk segera menerbitkan vaksin,” tambah Presiden.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Minta Warga dengan Gejala Cacar Monyet Segera Ke Puskesmas

Meski ditemukan kasus positif di Indonesia, Presiden Jokowi mengimbau masyarakat untuk tidak langsung panik.

“Namun kita juga tidak perlu terlalu panik karena penularannya melalui kontak langsung, bukan ‘droplet’. Saya kira yang terpenting adalah kemauan kita untuk menghadapinya,” kata Presiden.

Diketahui, pasien mengalami gangguan kesehatan beberapa hari setelah kepulangannya ke Indonesia, usai berkeliling ke beberapa negara di Eropa Barat, pada 8 Agustus 2022.

Menurut Dinas Kesehatan DKI Jakarta, ada tiga orang yang kontak dekat pada kasus terkonfirmasi pertama cacar monyet. Ketiganya dalam keadaan sehat dan tidak memiliki kondisi medis.

Baca Juga: Kabupaten Gunungkidul Khawatir Wabah Cacar Monyet

Baca juga: Kemenkes: Kasus Cacar Monyet Terkonfirmasi Pertama dari Jakarta

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Presiden Jokowi meminta para menteri kesehatan untuk menjaga gerbang depan untuk mencegah monkeypox

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button