Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan, Benih Siklon, Siaga Bencana Aceh Kalimantan Barat - WisataHits
Jawa Barat

Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan, Benih Siklon, Siaga Bencana Aceh Kalimantan Barat

TEMPO.CO, jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca Kamis 27 Oktober 2022 dengan hujan yang mengguyur sebagian wilayah Indonesia. BMKG juga memantau bibit Badai Tropis 93W dan mengeluarkan peringatan bencana hidrometeorologi.

Ibu kota provinsi yang diperkirakan akan terkena hujan dan petir adalah Jambi, Tarakan, dan Mataram. Hujan deras berpotensi terjadi di Bengkulu.

Curah hujan sedang diperkirakan terjadi di Yogyakarta, Bandung, Semarang, Mamuju, Padang dan Medan. Hujan ringan berpeluang terjadi di Denpasar, Serang, Jakarta Pusat, Gorontalo, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ternate, Kupang, Manokwari, Pekanbaru, Makassar, Manado, dan Palembang.

Aceh dan Kalimantan Barat merupakan beberapa provinsi di Indonesia yang masuk dalam kategori waspada bencana hidrometeorologi (banjir, banjir bandang, dll) akibat potensi hujan lebat.

Siklon Tropis 93W terpantau di Samudera Pasifik timur Filipina membentuk area dengan peningkatan kecepatan angin (low level jet) lebih besar dari 25 kt, mempengaruhi Laut Sulawesi, perairan utara Halmahera dan Samudera Pasifik timur terpantau di orang Filipina.

Sistem 93W ini membentuk daerah pertemuan di perairan utara Halmahera serta daerah lag kecepatan angin membujur (konvergensi) di Kalimantan Utara, Papua Barat dan Papua.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan tinggi gelombang laut di sekitar daerah pemijahan siklon tropis dan di sepanjang daerah jet tingkat rendah, pertemuan/konvergensi.

Tropical Cyclone Seed 93W mempengaruhi curah hujan sedang hingga lebat di Sulawesi Utara, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur. Angin kencang diperkirakan terjadi di Laut Sulawesi, perairan Kepulauan Sangihe hingga Talaud, Laut Maluku bagian utara, dan perairan utara Halmahera.

Suhu udara berkisar antara 19-34°C dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Kupang.

Membaca:
Prakiraan cuaca BMKG: hujan, bibit siklon, bencana hidrometeorologi Lampung-Jawa

Selalu Memperbarui informasi terkini. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih Tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu harusUntuk memasang Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button