Potret keindahan kota Batam “free trade zone” dari pagi hingga sore hari - WisataHits
wisatahits

Potret keindahan kota Batam “free trade zone” dari pagi hingga sore hari

Potret keindahan kota Batam “free trade zone” dari pagi hingga sore hari

Siapa yang tidak mengenal pulau Batam? Kota di kepulauan Riau ini memiliki letak yang sangat strategis karena dilintasi oleh jalur laut internasional.

Selain itu, lokasinya juga berbatasan langsung dengan Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Kamboja. Tak heran jika setiap akhir pekan atau saat liburan, kota ini dipadati wisatawan mancanegara maupun domestik.

Menariknya, Batam dinobatkan sebagai zona bebas sesuai UU No. 44 Tahun 2007. Selain itu, kota ini juga memiliki sejarah sejarah yang cukup unik dan layak untuk dibahas.

Nah, ingin tahu lebih banyak tentang kota Batam? Yuk simak ulasan artikel JejakPiknik di bawah ini!

Tentang ceritanya❤️

Foto Oleh facebook.com

Terkenal sebagai jalur laut internasional, pernahkah anda membayangkan seperti apa kota Batam di masa lalu, sebelum ada gedung-gedung tinggi, pusat perbelanjaan, perumahan, jalanan dengan mobil mewah seperti sekarang ini?

Lantas, mengulas keadaan Batam tempo dulu cukup menarik? Karena sejarah kota ini terbilang unik dan berbeda dengan bagian negara lain.

Dengan demikian, konon dahulu disebut Pulau Batang, seperti yang terlihat pada peta ekspedisi VOC tahun 1675, yang masih tersimpan dengan baik di perpustakaan Universitas Leiden, Belanda.

Merujuk berbagai sumber, pulau ini pertama kali dihuni oleh para pelaut atau orang selat dan diyakini sebagai suku asli Batam yang memiliki ras melayu.

Orang-orang Selat pertama kali tiba dan mendiami kota Batam pada tahun 231 Masehi, saat pulau itu dikenal dengan nama Pulau Ujung.

Untuk informasi lebih detail mengenai sejarahnya, Anda bisa mengunjungi Museum Batam Raji Ali Haji di sekitar Alun-alun Dataran Engku Putri yang dijadwalkan peresmiannya pada akhir tahun 2023.

Museum ini berisi berbagai artefak sejarah serta foto dan gambar peradaban Pulau Batam sejak masa Kerajaan Riau Lingga, masa penjajahan Belanda, awal berkembangnya kekuasaan KerajaanSebelum Dan Setelah’ Infrastruktur.

Asal nama❤️

Foto oleh @seputarbatam

Menurut legenda, nama Batam diambil dari Pulau Batang karena hampir seluruh wilayah pantai yang berhadapan dengan Laut Cina Selatan ditumbuhi batang pohon jenis tertentu.

Dan keberadaan pohon ini sangat bermanfaat bagi para pelaut sehingga sering singgah di Pulau Batang untuk mengambilnya.

Namun ada juga cerita lain yang menyebutkan nama tersebut diambil dari kata “Batang” yang berarti “jembatan” atau jalan yang menghubungkan Bintan, Bulang, Lingga dan pulau lainnya termasuk Temasik di Singapura dan Johor, Malaysia.

Bahkan ada versi yang menyebutkan nama itu diambil dari nama pemukiman kuno di sana, yaitu “Batuampar” dan jika disingkat menjadi “Batam”.

Wajah hari ini❤️

Foto oleh @explorebatam

Sebagai jalur pelayaran internasional dan terletak di dekat berbagai negara berkembang, wajar jika Batam saat ini mengalami perkembangan yang begitu pesat. Itu juga membuatnya sangat terkenal.

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, tetapi Anda juga bisa menemukan teknologi terbaru dan terkini di pulau yang merupakan bagian dari Kepulauan Riau ini.

Selain itu, banyak fakta unik yang membuat wajah kota Batam semakin cemerlang dan terkenal di tahun 2023, antara lain:

  • Memiliki infinite studio, yang merupakan studio film terbesar di Indonesia.
  • Memiliki lebih dari satu pelabuhan internasional.
  • Memiliki acara TV dari 3 negara.
  • Memiliki melacak atau landasan pacu terpanjang sekitar 4.025 meter.
  • Penjual produk elektronik dengan harga sangat murah.
  • Memiliki infrastruktur paling unggul di Indonesia
  • Jarang terkena gempa bumi dan hanya memiliki satu waduk.
  • Memiliki saluran listrik bawah tanah

Potret hari❤️

Foto oleh @megawati6062

Seperti kota-kota lain, Batam juga merupakan daerah yang sibuk di Indonesia karena banyak bisnis yang bagus. merek penduduk lokal atau asing yang mendirikan kantor mereka di sana.

Maka dari itu tidak heran jika pulau ini menjadi salah satu tujuan para pencari kerja untuk mencari nafkah. Bahkan, banyak juga orang yang memilihnya sebagai tempat tinggal tetap.

Pemandangan malam❤️

Foto oleh @izararendra_

Tidak hanya di siang hari, kehidupan malam di kota Batam tidak pernah berhenti di malam hari. Berbagai aktivitas tetap berjalan meski matahari telah kembali ke ufuk.

Namun, keindahan pemandangan di malam hari begitu mempesona lewat kelap-kelip lampu gedung-gedung tinggi nan mewah di sana.

Bermacam-macam tempat Menariknya, banyak sekali yang menawarkan keindahan kota terbesar di Kepulauan Riau ini di malam hari, baik berupa kafe, restoran, toko grosir, dan lainnya.

Dari ketinggian❤️

Foto oleh @devishanum_

Berbicara tentang pesona kota Batam sepertinya tidak akan pernah ada habisnya. Tidak hanya siang atau malam, melihat pemandangan dari ketinggian pasti akan memukau semua orang.

Selain penggunaan teknik penginderaan jauh, Anda bisa melihat keindahan pemandangan pulau dengan mata telanjang. Metode? Gampang kok, tinggal datang dan lihat gedung pencakar langit di sana, seperti berkunjung ke Apartemen Bliss Park misalnya.

Tur Sukses❤️

Foto oleh @muhammadiqbal01

Tempat wisata di Pulau Batam dikenal memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dari pantai sampai perbukitan ada. Menjadi tujuan liburan paling sempurna.

Maka wajar jika kota terbesar di Kepulauan Riau ini tak hanya menjadi pintu gerbang Indonesia-Singapura, tapi juga kerap menjadi pilihan destinasi liburan banyak orang.

Dan berikut beberapa tempat wisata terpopuler yang wajib anda kunjungi selama menginap, diantaranya :

Foto oleh @enjoybatam_

Jembatan Barelang merupakan ikon atau simbol kota Batam. Bahkan tempat merupakan simbol selamat datang di pulau tersebut.

Jembatan yang menghubungkan 3 pulau ini juga dikenal dengan nama Jembatan Habibie karena diprakarsai olehnya dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Wisatawan biasanya mengabadikan keindahan jembatan tersebut melalui foto. Melihat pada malam hari dari jembatan ini juga sangat menarik, cocok bagi anda yang ingin mencari suasana romantis bersama pasangan.

Jika kamu penasaran dengan keindahan logo Pulau Batam yang sering diikutsertakan dalam teka-teki silang ini, ada banyak gambar Jembatan Barelang yang bisa kamu lihat. download di internet.

Foto oleh @60sixthroads

Saat mendengar kata “Nagoya”, pikiran Anda pasti tertuju pada sebuah kota di Jepang, bukan? Namun kini tak perlu jauh-jauh ke Negeri Sakura untuk mengunjunginya, karena Batam sudah memilikinya.

Daerah Nagoya memiliki bentuk yang serupa distrik Cina. Di sini Anda dapat membeli barang merek sebagai gadgettas, alat elektronik dengan harga murah.

Karena kota merupakan suatu wilayah Zona bebas (FTZ)dengan demikian semua barang yang masuk tidak dikenakan biaya pajak.

Foto oleh @aziq.471

Nah jika tempat yang satu ini juga sangat ikonik dan menjadi ucapan selamat datang bagi para pengunjung. Lokasinya sendiri berada di Clara Hill, Batam Center.

Berada di lokasi yang strategis, menjadikannya salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama yang mencari foto keren.

tempat menghadap ke Pelabuhan Feri Internasional Batam Center, jadi sepertinya menyambut turis asing.

Jadi inilah beberapa tempat menarik disana. Padahal, selain daftar di atas, masih banyak tempat wisata lain yang tak kalah bagusnya dengan destinasi Jawa Tengah. Untuk menjelajahinya, Anda bisa langsung menuju ke Batam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai foto kota batam, semoga bermanfaat!

Erlina yang kini berusia 26 tahun tertarik menulis sejak masuk Universitas Jakarta. Sekarang Erlina bekerja di sebuah perusahaan di Jakarta. Di luar pekerjaan, Erlina lebih memilih menghabiskan waktu produktifnya dengan menulis di JejakPiknik.com dan HadiWibowo.com

Source: jejakpiknik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button