Potensi wisata halal mendorong berkembangnya ekonomi kreatif di Semarang - WisataHits
wisatahits

Potensi wisata halal mendorong berkembangnya ekonomi kreatif di Semarang

Potensi wisata halal mendorong berkembangnya ekonomi kreatif di Semarang

Piknikdong.com – Sandiaga Salahuddin Uno melihat peluang untuk menggali potensi pengembangan wisata halal di Semarang, Jawa Tengah.

Menparekraf Sandiaga pada Peresmian Perhimpunan PPHI dan Talk Show Wisata Halal, Kawasan Kota Tua, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/3/2023) menjelaskan peluang pemerintah dan penekanan pada peningkatan sektor ekonomi kreatif bukan berarti menjadikan destinasi syariah Apalagi, konsep ini diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi kreatif di tanah air.

Menparekraf, potensi wisata halal mendorong berkembangnya ekonomi kreatif di SemarangMenparekraf: Potensi wisata halal mendorong berkembangnya ekonomi kreatif di Semarang. Foto: Kemenparekraf

“Banyak sekali lokasi wisata yang bisa dikembangkan dalam konsep wisata religi, wisata ziarah, wisata budaya, wisata alam, wisata buatan yang bisa berlanjut di sektor ekonomi kreatif seperti produk halal seperti kosmetik hingga paket wisata baik sebelumnya. dan setelah umrah”,

ujar Menparekraf Sandiaga.

Kemenparekraf telah mengembangkan konsep wisata halal dengan tiga layanan pelengkap dasar. Pertama-tama, kebutuhan untuk memiliki ini adalah suatu keharusan.

Kebutuhan tersebut berupa jasa catering halal dan fasilitas untuk mendirikan salat.

“Yang dimaksud dengan need to have adalah menyajikan berbagai kuliner Halal, setiap restoran yang menyajikan makanan Halal.

Agar wisatawan merasa aman saat mengkonsumsi makanan halal,”

dia berkata.

Juga, yang kedua bagus untuk dimiliki. Yakni, misalnya, tempat wisata sebaiknya memiliki toilet yang ramah bagi muslim dan muslimah.

Yang terakhir bagus untuk dimiliki. Oleh karena itu akan lebih baik jika ada fasilitas rekreasi yang cocok untuk keluarga Muslim.

Sandiaga Uno juga mengajak untuk bersama-sama mengembangkan peta industri halal melalui strategi adaptasi pemulihan pariwisata, inovasi, diversifikasi dan digitalisasi.

“Berpromosi dengan model digitalisasi dengan algoritma media sosial yang menarik, edukatif, dan informatif dengan melibatkan diaspora dan komunitas di sana,”

dia berkata.

Jika konsep wisata halal dikembangkan, kata Menparekraf Sandiaga, pendapatan dari sektor ekonomi kreatif di Indonesia akan semakin besar karena didukung dengan pelayanan dan fasilitas yang semakin ramah halal.

“Ini akan menjadi hal yang positif bagi upaya menumbuhkan sektor ekonomi kreatif,”

dia berkata.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button