Porprov Jabar XIV resmi ditutup, Ciamis masuk 10 besar - WisataHits
Jawa Barat

Porprov Jabar XIV resmi ditutup, Ciamis masuk 10 besar

jenis

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar XIV resmi ditutup pada Sabtu sore (19/11/2022) oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Lapangan Ciamis.

Sebagai tuan rumah, Kabupaten Ciamis berhasil finis di 10 besar medali. Hal ini sesuai dengan cita-cita Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Meski tidak semegah pembukaan, penutupan Provinsi Jawa Barat 2022 tetap semarak. Diawali dengan tarian Manuk Dadali dan tabuh etnik, kemudian Paskibra menurunkan bendera Koni dan Porprov Jawa Barat.

Proses penutupan itu ditandai dengan padamnya api Porprov Jabar oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Acara diakhiri dengan penampilan dari band Eternal. Warga Ciamis yang hadir sangat antusias dan menari bersama.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengucapkan terima kasih atas suksesnya pelaksanaan Prorov Jabar di Ciamis. Herdiat juga mengucapkan selamat kepada daerah yang menjadi juara umum dan para atlet.

“Tentunya prestasi ini tidak boleh membuat anda sombong, karena roda prestasi terus berputar. Siapa pun yang belum meraih medali tetap berjuang agar bisa meraih prestasi membanggakan di masa mendatang,” ujar Herdiat.

Menurut Herdiat, berkat terselenggaranya Porprov Jabar, banyak terjadi perubahan fasilitas olahraga. Daerah dapat meningkatkan infrastruktur olahraga dan diharapkan dapat meningkatkan prestasi atlet ke depannya.

Herdiat juga mengatakan, kegiatan Porprov Jabar ini berdampak positif bagi peningkatan perekonomian warga Ciamis. Sekitar 50 persen penjualan UMKM di Ciamis naik dua kali lipat.

“Hotel, losmen, retailer, resto, dan catering semuanya berdiri. Perputaran uang di Ciamis meningkat signifikan,” ujarnya.

Dalam porprov Jabar ini, prestasi olahraga Ciami juga meningkat signifikan. Ciamis masuk 10 besar by goal dengan rincian 35 medali emas, 29 perak, 35 perunggu.

Sementara di Porprov Jabar, Ciamis sebelumnya hanya meraih 6 emas, 18 perak, dan 3 perunggu dengan posisi juara 23. Terima kasih kepada para atlet, ofisial, dan pendukung,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Herdiat juga menyerahkan Skadron Operasional Porprov 15 kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Kemudian diserahkan ke Kota Bogor oleh Ridwan Kamil yang diterima Wali Kota Bogor Bima Arya.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga mengucapkan selamat kepada Ciamis dan beberapa kabupaten/kota lainnya yang telah sukses menyelenggarakan Porprov Jabar XIV.

“Dengan segala keterbatasan, Porprov ke-14 berhasil dilaksanakan oleh Kabupaten Ciamis dan beberapa kabupaten/kota lainnya,” ujar Ridwan Kamil saat menghadiri penutupan Porprov Jabar di Lapangan Ciamis.

Ridwan Kamil pun mengaku bangga dengan Ciamis. Bangga sekali Ridwan Kamil juga menganugerahkan harga anggaran Rp 45 miliar untuk infrastruktur Ciamis. Selain itu, Ridwan Kamil berjanji akan merenovasi Ciamis Square tahun depan.

“Sayangnya, Situ Lengkong Panjalu sedang disempurnakan menjadi destinasi wisata internasional. Sebanyak Rp 200 miliar akan dihabiskan untuk Ciamis tahun depan,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil berharap renovasi alun-alun dan pembenahan Situ Lengkong Ciamis bisa maju.

“Mudah-mudahan bisa memajukan Ciamis. Jangan lupa gubernur akan dipilih kembali,” ujar Ridwan Kamil disambut riuh warga sekitar yang hadir.

Ridwan Kamil juga meminta maaf karena tidak hadir dalam pembukaan Porprov Jabar XIV. Mengingat Jawa Barat telah dialokasikan 14 event selama KTT G20.

“Saat pembukaan, saya sedang mengkoordinir kegiatan, jadi saya membagi tugas dengan Wagub. Alhamdulillah saya hadir sekarang untuk meredakan rindu warga Ciamis,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil juga mengajak seluruh atlet Jabar untuk memecahkan rekor triple win di PON Aceh.

(mso/mso)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button