POMnas 2022 Revitalisasi 'Sport Tourism' - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

POMnas 2022 Revitalisasi ‘Sport Tourism’ – ANTARA News Yogyakarta

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII/2022 pada 17-26 November merupakan momentum yang menggembirakan. wisata olahraga di Sumatera Barat.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, Amali mengatakan Tanah Minang memiliki potensi besar untuk wisata olahraga yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Apalagi di masa pandemi COVID-19, kata Amali, Sumbar mengalami penurunan jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Kami menggunakan dinamika XVII. Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) untuk memulai kembali pariwisata di Sumbar,” kata Amali.

Dia mencontohkan berbagai negara di Asia Tenggara, seperti Thailand, yang menjadikan sport tourism sebagai penyumbang devisa negara.

“Saya beri contoh misalnya kita main golf, paket tiketnya sudah ada, akomodasi sudah ada, tour sudah ada, jadi kita jual paket. Saya pikir Sumatera Barat bagus untuk wisata olahraga. Ada wisata olahraga yang cukup ekstrim, seperti arung jeram dan panjat tebing. Itu dari wisatawan yang ingin sport tourism atau sedang banyak peminatnya tapi belum tergarap dengan baik,” ujarnya.

Amali juga mendorong perguruan tinggi seperti Universitas Negeri Padang (UNP) yang menjadi pusat penyelenggaraan POMnas 2022 untuk berperan dalam pembangunan seperti yang telah diatur dalam Rancangan Besar Olah Raga Nasional (DBON).

Apalagi sekarang di Sumatera Barat dikenal dengan Tour de Singkarak, event bersepeda internasional.

Amali juga berharap UNP turut serta dalam pelaksanaan DBON sebagai pedoman dalam memajukan atlet-atlet berprestasi nasional.

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Menpora: POMnas 2022 menjadi pendorong untuk menggairahkan sport tourism di Sumbar

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button