Pohon setinggi puluhan meter di Air Terjun Kota Malang, menimpa dua rumah - WisataHits
Jawa Timur

Pohon setinggi puluhan meter di Air Terjun Kota Malang, menimpa dua rumah

Pohon setinggi puluhan meter di Air Terjun Kota Malang, menimpa dua rumah

WAKTU INDONESIA, MALANG – Pohon gemetar setinggi 15 meter di Jalan Rajasa, Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang tiba-tiba tumbang. Dua rumah hancur dan rusak berat akibat tertimpa pohon.

Seorang warga bernama Gofur mengatakan, pohon setinggi 15 meter itu tumbang sekitar pukul 03.30 WIB. Saat kejadian, kondisi cuaca cerah dan tidak ada angin kencang.

iklan

“Faktanya, tidak ada yang melihatnya ketika itu terjadi. Baru pohon itu tumbang sekitar pukul 03.30 WIB. Dua rumah tertimpa dan atap galvalum rusak,” kata Gofur saat ditabrak awak media, Jumat (27/1/2023).

Sekitar pukul 06.30, setelah pohon tumbang, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang (DLH) WIB dan sejumlah dinas lainnya datang untuk melakukan evakuasi.

Penutupan jalan juga dilakukan pada saat proses evakuasi karena batang kayu yang tumbang menutup akses jalan sehingga pengendara tidak dapat melintas.

pohon tumbang-2.jpgPetugas DLH kota Malang membersihkan kayu yang berserakan. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

“Itu (jalanan) ditutup warga dan aparat hingga pukul 11.00 WIB. Pohonnya besar, jadi butuh waktu lama untuk memilahnya,” katanya.

Pantauan TIMES Indonesia, sekitar pukul 14.20 WIB, sejumlah petugas DLH Kota Malang masih sibuk membersihkan sisa-sisa kayu yang berserakan.

“Ada truk yang bolak-balik mengangkut kayu sebanyak tiga kali. Belum siap,” katanya.

Sementara itu, diketahui pemilik bangunan yang tertimpa pohon tumbang telah mendatangi kantor DLH kota Malang untuk menangani kerusakan tersebut.

Menurut perkiraan awal, pohon setinggi 15 meter itu tumbang karena lapuk dan akar yang membusuk.

“Jika Anda melihat akar di sisi lain, mereka membusuk. Akibatnya, akarnya tidak kuat menopang pohon dan tumbang,” ujarnya.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button