PNJ memiliki stasiun pengisian kendaraan listrik yang dapat mengisi 6 sepeda motor sekaligus - WisataHits
Jawa Timur

PNJ memiliki stasiun pengisian kendaraan listrik yang dapat mengisi 6 sepeda motor sekaligus

PNJ memiliki stasiun pengisian kendaraan listrik yang dapat mengisi 6 sepeda motor sekaligus

TEMPO.CO, jakarta – Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Tenaga Surya (SPKLTS) di kampus PNJ. Pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam pengembangan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Cecep Slamet Abadi, Ketua Program Studi S1 ​​Terapan Pembangkit Listrik PNJ, mengatakan SPKLTS ini juga merupakan bukti kepedulian lembaga pendidikan untuk mendukung produk kendaraan listrik di Indonesia yang bersinergi dengan program Green & Sustainable Energy. Pembangunan SPKLTS berasal dari hibah dana Dana Pendampingan Vokasi 2022 yang diserahkan pada awal tahun 2022 oleh tim PNJ yang diketuai Cecep Slamet Abadi.

“SPKLTS PNJ menggunakan sumber energi terbarukan 100% yang berasal dari sinar matahari,” kata Cecep Senin, 16 Januari 2023, seperti dikutip vokasi.kemdikbud.go.id.

Pengoperasian SPKLTS ini dilengkapi dengan delapan buah baterai dengan total kapasitas 5 watt peak (kWp). SPKLTS terdiri dari satu port untuk pengisian mobil listrik niaga dan delapan port untuk pengisian kendaraan listrik roda dua.

Baca juga: Cuaca Panas Beberapa Hari Terakhir, Ini Penjelasan BMKG

Menariknya, dengan kapasitas yang ada, stasiun ini bisa digunakan untuk mengisi daya enam sepeda motor sekaligus secara bersamaan, kata Cecep.

Pekerjaan konstruksi SPKLTS PNJ dengan output 5 kWp dan 20 amp ini sendiri memakan waktu efektif sekitar satu bulan. Rancangan, desain dan teknologi yang digunakan dalam SPKLTS ini dibuat oleh tim fakultas dan mahasiswa yang dipimpin oleh Sonki Prasetya sebagai koordinator pada tahun 2021 dalam pengembangan Pusat Konversi, Konservasi, dan Energi Terbarukan Terapan (PUT – CARE PNJ)- Embrio .

Untuk sementara SPKLTS ini hanya akan digunakan untuk kepentingan lingkungan internal. Namun ke depannya, SPKLTS ini juga akan dibuka secara umum dengan pengembangan inovasi yang lebih baik.

Harapan itu, kata Cecep, dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk kepentingan luas guna mendukung program pemerintah mendorong penggunaan EV, tetapi juga sebagai wahana pengembangan inovasi riset terapan unggulan di bidang e-mobilitas (infrastruktur kendaraan listrik) yang relevan bagi kalangan akademisi. di Politeknik Negeri Jakarta ramah lingkungan.

Sebagai informasi, fasilitas SPKLTS sendiri diresmikan Jumat lalu, 6 Januari oleh Dirjen Diklat Kiki Yuliati bersama Direktur PNJ Zainal Nur Arifin. Peresmian SPKLTS ini bertepatan dengan peresmian gedung laboratorium pusat Pusat Keunggulan Teknologi (PUT) jurusan teknik PNJ.

Selalu Memperbarui info terbaru. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik gabung. Kamu harusUntuk memasang aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button