Plt Wali Kota Batu perlu fokus menggarap RPD 2023-2026 - WisataHits
Jawa Timur

Plt Wali Kota Batu perlu fokus menggarap RPD 2023-2026

SURYAMALANG.COM, BATU – Siapapun yang kemudian terpilih menjadi Pejabat (Pj) Walikota Batu, program prioritas yang tertuang dalam RPD Kota Batu tahun 2023-2026 harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Batu Asmadi saat menjawab pertanyaan wartawan saat jumpa pers usai rapat paripurna usulan nama calon Pjs, Kamis (17/11/2022).

Menurut Asmadi, Plt Wali Kota Batu akan mencantumkan instruksi kerja dalam RPD. Karena itu, tidak ada visi dan misi pribadi dari Plt Wali Kota Batu.

“RPD ini sudah terbentuk, nanti jalurnya sesuai dengan RPD yang kita sepakati. Rambu-rambunya sudah kita pasang,” ujar Asmadi.

Pemerintah Kota Batu akan melaksanakan 35 program prioritas dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Batu tahun 2023-2026. Keseluruhan program didampingi walikota incumbent Batu di 14 kantor.

Banyak program yang disusun fokus pada peningkatan ekonomi, pendidikan, kesehatan, sektor pariwisata, seni budaya, infrastruktur dan sumber daya manusia.

Program yang dirinci dalam RPD memang direncanakan untuk mewujudkan visi dan misi Desa Berdaya Kota Berjaya yang digagas Dewanti-Punjul.

Program RPD meliputi pembangunan pusat kesenian di Desa Sisir, dengan DED selesai pada tahun 2022.

Untuk Departemen Perhubungan, ada perencanaan dan pembangunan tempat parkir bertingkat tahun 2023-2024 untuk meningkatkan PAD.

Pembangunan Puskesmas di Kecamatan Bumiaji pada tahun 2026 dan pembangunan Unit Transfusi Darah (UTD) di Jalan Kartini pada tahun 2026. Di bidang pendidikan, pengadaan furniture untuk 4 kelas di SMPN 7 pada tahun 2023.

Otoritas sekolah juga berencana untuk mendirikan pusat penilaian bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman akan melakukan program pembangunan Kawasan Stadion Brantas. Pembangunan DED stadion ini dijadwalkan selesai pada 2022.

Sementara itu, dinas lingkungan memiliki program pengembangan eco-bank, pembangunan pembangkit biogas, revitalisasi TPA, pembangunan rumah kompos, dan pengembangan wisata edukasi TPA Tlekung.

DPRD Kota Batu mengusulkan tiga nama bakal calon Walikota (Pj) ke Kementerian Dalam Negeri. Ketiga nama tersebut diputuskan pada Kamis (17/11/2022) dalam rapat paripurna usulan calon walikota Kota Batu.

Tiga nama yang diusulkan adalah Hudiyono yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur. Kedua adalah Wahyu Hidayat yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Malang dan terakhir Sekda Kota Batu Zadim Efisiensi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button