PLN terus berjuang untuk elektrifikasi tiga pulau di Karimunjawa - WisataHits
Jawa Tengah

PLN terus berjuang untuk elektrifikasi tiga pulau di Karimunjawa

Semarang (ANTARA) – PT PLN (Persero) melanjutkan pengelolaan listrik di Kepulauan Parang, Genting, dan Nyamuk di Kabupaten Karimunjawa, Jawa Tengah, yang sebelumnya dikelola Pemprov Jepara.

Serah terima kepengurusan ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara PLN yang diwakili oleh General Manager PLN UID Jawa Tengah & DI Yogyakarta M. Irwansyah Putra, dan Pemerintah Kabupaten yang diwakili oleh Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, di Komando Ruang Tengah Bupati Jepara, Kamis (21.7.2022).

Dalam kesempatan ini, Irwansyah menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kesepakatan ini kepada semua pihak yang terkait, khususnya pemerintah Kabupaten Jepara.

“Berawal dari dialog dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berharap PLN bisa mengambil alih pasokan listrik terpercaya tiga pulau di Karimunjawa ke depan, kami siap melanjutkan perjuangan Pemkab Jepara. Dengan serangkaian koordinasi dan diskusi internal dan vertikal, serta dukungan dari berbagai pihak, inisiasi tersebut dapat menjadi kenyataan hari ini,” kata Irwansyah.

Baca juga: Srikandi PLN Bantu Elisabeth Philips Dua Traktor

Untuk memastikan seluruh penduduk di ketiga pulau dapat menikmati listrik, PLN akan membangun infrastruktur kelistrikan seperti membangun jaringan listrik tegangan rendah (JTR) agar pasokan listrik lebih andal. Awal pembangunan direncanakan akhir Juli.

Ia menyampaikan, PLN akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyediakan listrik yang andal, berkualitas, murah dan tentunya mudah dijangkau oleh masyarakat Kepulauan Parang, Genting, dan Nyamuk.

“Semoga apa yang kita pahami dan sepakati ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga Kepulauan Parang, Genting dan Nyamuk, dan semoga dengan potensi alam yang dimiliki pulau ini. mendukung sistem kelistrikan yang menerima bisa diandalkan dan diandalkan, bisa mendongkrak perekonomian dan popularitas pulau ini sebagai destinasi wisata baru,” lanjutnya.

Baca juga: 9 Tips Perjalanan Mobil Listrik Jarak Jauh yang Aman dan Nyaman

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa alih kelola listrik di Parang, Genting dan Kepulauan Nyamuk, Kabupaten Karimunjawa akan menjadi milestone untuk penyediaan listrik di pulau-pulau terluar.

Ia berharap listrik di pulau-pulau tersebut dapat didukung oleh pembangkit EBT di masa depan.

“Saya juga berharap Karimunjawa bisa menjadi salah satunya nanti wisata hijau Yang pertama di Jawa Tengah dengan menyalakan Energi Baru Terbarukan (PLTS) dan dengan melimpahkan operasi dan pemeliharaan listrik ke PLN, diharapkan nantinya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat disana dan industri pariwisata secara keseluruhan di Parang, Genting. dan Kepulauan Nyamuk, Kabupaten Karimunjawa,” ujarnya.

Baca juga: PLN Perkuat Listrik di Jepara

Senada dengan Irwansyah, PJ Bupati Jepara menyambut baik kerjasama dengan PLN dan menyampaikan komitmen pemerintah Kabupaten Jepara dalam mendukung dan mengawal proses pengalihan pengelolaan tenaga listrik ke PLN.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada General Manager PLN UID Jawa Tengah & DI Yogyakarta atas mendukung dan komunikasi yang baik sehingga nota kesepahaman ini dapat ditandatangani pada akhirnya,” kata Edy.

Proses alih kelola listrik di Kepulauan Parang, Genting dan Nyamuk ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan industri pariwisata di Karimunjawa. Sebagai pengelola ketenagalistrikan yang baru, PLN berkomitmen memberikan pelayanan terbaik di ketiga pulau tersebut.

Source: jateng.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button