PLN Nusantara Power Raih Penghargaan dari Kementerian Desa dan PDTT - WisataHits
Jawa Barat

PLN Nusantara Power Raih Penghargaan dari Kementerian Desa dan PDTT

PLN Nusantara Power Raih Penghargaan dari Kementerian Desa dan PDTT

Dua program CSR

Kamis: 02 Februari 2023 : 18:53:59


CSR PLTU Tenayan dan PLTA Cirata meraih medali perak dan perunggu tingkat nasional dari kementerian desa dan PDTT (Foto: IN/ist)

INFOnews.id | Surabaya – PT PLN Nusantara Power (PT PLN NP) memiliki DNA inovasi dan pemberdayaan masyarakat di seluruh unit pembangkit yang dikelolanya. Dua program Corporate Social Responsibility (CSR) PLTU Tenayan dan PLTA Cirata berhasil meraih medali perak dan perunggu tingkat nasional yang diprakarsai oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes dan PDTT).

Penyerahan penghargaan berlangsung pada Rabu (1/2/2023) di Jakarta. Penghargaan ini merupakan komitmen PT PLN TN dalam memberdayakan masyarakat melalui program CSR dan kontribusi perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan dan sosial.

Menteri Desa dan PDTT Abdul Halim Iskandar mengapresiasi komitmen dan kontribusi PT PLN TN dalam memajukan daerah melalui program CSR unggulannya.

Menurutnya, sudah sepantasnya keluarga BUMN mencurahkan perhatian dan kontribusinya untuk kemajuan negara.

“Terima kasih kepada PT PLN Nusantara Power yang berhasil memajukan daerah tempat fasilitas pembangkit listrik berada. Program CSR yang diinisiasi memuat peta dan cara yang jelas untuk memajukan desa dan memberdayakan masyarakat berdasarkan data dan kebutuhan yang dibutuhkan,” lanjut Halim.

Berbasis di Pekanbaru, program CSR PLTU Tenayan berhasil mengubah lahan terbuka seluas 4 hektar menjadi salah satu andalan pariwisata Kota Pekanbaru. Terletak di belakang PLTU Tenayan, program ini disebut Taman Bunga Okura Dream.

PLTU Tenayan berhasil memperkuat masyarakat rentan di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Siak dan mendukung perekonomian masyarakat sekitar. Bahkan Taman Bunga Okura menjadi andalan pariwisata Kota Pekanbaru karena merupakan satu-satunya taman bunga di Pembagi Siak.

Dengan menggandeng 21 warga asli setempat, Taman Bunga Okura juga berhasil membantu UMKM setempat hingga 7 kepala keluarga yang mendirikan kios dan sekitarnya.

Taman wisata ini memiliki omzet tahunan sebesar 30 juta dan telah berhasil meningkatkan perekonomian kelompok pengelola dan UMKM sekitar menjadi 1,5 juta per bulan.

Semua pengurus mendapatkan pelatihan kepribadian yang mencakup pelatihan kepemimpinan, pemandu wisata, pelatihan berpikir kritis dan inovasi, serta administrasi dan keuangan. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung program pariwisata agar pengelolaannya dapat dilakukan dengan kualitas yang tinggi.

Direktur Utama PT PLN NP Ruly Firmansyah memediasi kontribusi PT PLN NP terhadap realisasi program ini.

“Sudah menjadi DNA PT PLN NP untuk dapat memberikan manfaat bagi seluruh unit pembangkit kami. Selain menyediakan listrik berkualitas bagi masyarakat Indonesia, kami juga berkomitmen untuk meningkatkan kelestarian lingkungan dan memberdayakan masyarakat dalam segala aspek bisnis kami,” ujar Ruly.

Program peraih penghargaan lainnya adalah Program Simping Kaum Mekar Rasa (SIMEKAR) di PLTA Cirata, Purwakarta, Jawa Barat. Minimnya kesempatan kerja bagi ibu rumah tangga (IRT) di Kabupaten Tegalwaru menjadi salah satu alasan dibentuknya kelompok SIMEKAR.

Program ini bertujuan untuk memperkenalkan makanan khas Purwakarta (simpanse) kepada masyarakat luas. Hingga saat ini SIMEKAR telah mendukung 20 IRT di 3 desa yaitu Desa Cadasmekar, Desa Gandasoli dan Desa Karoya.

Dengan 20 IRT yang tergabung dalam Grup SIMEKAR, UMKM tersebut kini mampu menghasilkan produk berkualitas dan menjadi salah satu pemasok toko oleh-oleh di Cipanas dan Bogor. (info/rls/merah)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemberi komentar sebagaimana diatur dalam UU ITE

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button