PLN meremajakan instalasi listrik Candi Mangkunegaran sekaligus melestarikan cagar budaya Solo - WisataHits
Jawa Tengah

PLN meremajakan instalasi listrik Candi Mangkunegaran sekaligus melestarikan cagar budaya Solo

Siaran Pers No. 958.PR/STH.00.01/XII/2022

Solo, 9 Desember 2022 – Sebagai salah satu langkah pelestarian budaya yang merupakan bagian dari prinsip Lingkungan, Keberlanjutan dan Tata Kelola (ESG) PLN meremajakan instalasi listrik Candi Mangkunegaran. PLN mengganti beberapa komponen instalasi listrik warisan Solo yang sudah berusia ratusan tahun.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, langkah PLN mengganti instalasi listrik Candi Mangkunegaran dengan sistem yang lebih modern merupakan bagian dari “Nguri Nguri Budaya”. Belakangan, Candi Mangkunegaran tidak hanya menjadi tujuan wisata yang menarik, tetapi juga menjadi pusat peradaban dan pelestarian budaya Jawa.

“Kami adalah bagian dari kekuatan budaya Nuri-Nuri. Kami juga membantu salah satunya pelestarian pencahayaan Pelita dari Candi Mangkunegaran yang usianya ratusan tahun,” kata Darmawan.

Darmawan menjelaskan, PLN melakukan transformasi kelistrikan di Candi Mangkunegaran dengan meremajakan penerangan interior untuk memperbaharui penerangan dan memperindah interior agar lebih menarik.

“Dengan demikian, diharapkan ke depan Candi Mangkunegaran menjadi kawasan wisata edukasi budaya, memadukan unsur klasik dan modern, melestarikan dan mengembangkan budaya Jawa, serta mampu menjadi rujukan masyarakat untuk belajar tentang adat-istiadat Jawa, Pengetahuan , norma dan belajar seni,” ujarnya.

Selain itu, PLN juga mengganti beberapa instalasi listrik dan kabel lama dengan instalasi baru.

“Kami juga mengganti MCB, kabel lama. Kami memastikan instalasi listrik di Candi Mangkunegaran lebih modern, handal dan aman saat ini. Ini bagian dari langkah kita untuk melestarikan budaya nenek moyang kita,” pungkas Darmawan.

teman bicara
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Corporate Communications dan TJSL PLN
Telp.021 7261122
Fakta 021 7227059

Sekilas tentang PLN
PT PLN (Persero) merupakan BUMN ketenagalistrikan yang terus bergerak dan berinovasi untuk mewujudkan misi besar mencerdaskan dan menggerakkan negeri. Dengan visi menjadi perusahaan listrik terkemuka di Asia Tenggara, PLN bercita-cita menjadi pelanggan No.1 untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda transformasi dengan aspirasi green, lean, inovatif dan customer-centric untuk memberikan tenaga untuk kehidupan yang lebih baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button