Planetarium Jakarta - WisataHits
wisatahits

Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta

Jakarta kebetulan memiliki beberapa tempat wisata edukatif yang tidak hanya menghibur tetapi juga dapat menambah pengetahuan kita.

Jika Anda suka melihat bintang dan ingin mempelajari lebih jauh tentang astrologi dan astronomi, di Jakarta ada tempat wisata edukasi yang bernama Planetarium Jakarta yang dapat Anda kunjungi.

Bagaimana serunya liburan di tempat ini dan apa yang bisa kita lakukan di sini? Planetarium Jakarta ? Yuk, baca ulasannya berikut ini.

planetarium-jakarta-2019

Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta adalah sebuah gedung atau gedung yang berfungsi sebagai tempat pameran dan simulasi benda-benda langit seperti bintang, planet, meteor dan lain-lain.

Gedung ini dibangun pada tahun 1964 dan diprakarsai langsung oleh Presiden pertama Indonesia yaitu Bapak Ir. Soekarno.

Setelah masa konstruksi yang berlangsung sekitar 4 tahun, gedung ini diresmikan dan pengelolaannya dipercayakan kepada pemerintah daerah DKI pada tahun 1968.

Sejak saat itu, gedung ini mulai digunakan sebagai tempat penelitian serta dokumentasi benda langit dan instrumen astronomi.

Atraksi Planetarium Jakarta

Selain bentuk atau arsitektur bangunannya yang terkesan sangat unik, liburan di Planetarium Jakarta juga sangat menyenangkan dan akan menjadi kegiatan yang penuh manfaat.

Meskipun Anda tidak akan menemukan wahana seperti di tempat wisata lainnya, kunjungan ke tempat ini akan membuka wawasan Anda akan keajaiban alam semesta, terutama yang menyangkut luar angkasa.

image-planetarium-jakarta

Selain itu, di tempat ini juga banyak tempat tempat menarik untuk berfoto. Kemudian akan ada banyak atraksi dan pameran benda-benda langit untuk Anda lihat.

Jadi, meski tidak menawarkan wahana, liburan di Planetarium Jakarta tetap menarik dan tidak membosankan.

Ada berbagai macam atraksi dan aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Planetarium Jakarta. Berikut adalah beberapa:

1. Pertunjukan Benda-Benda Surgawi di Star Theater

planetarium-jakarta-theatre-star

Selama kurang lebih 60 menit, Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan pertunjukan benda-benda angkasa di teater berbintang ini.

Ruangan ini ditata seperti bioskop dengan layar pertunjukan diposisikan di langit-langit dan berbentuk kubah.

Dengan penonton di bawah, menonton pertunjukan di teater ini seperti Anda menonton bintang-bintang di langit yang sebenarnya.

2. Galeri Astronomi

planetarium-jakarta-galeri-astronomi

Di ruangan ini, Anda akan menemukan berbagai jenis benda yang berhubungan dengan ruang angkasa dengan informasi rinci yang memungkinkan Anda mempelajarinya dengan lebih mudah.

Di dalam ruangan seperti terowongan ini, Anda akan disuguhi pameran benda-benda astronomi dan perlengkapannya seperti gambar bintang, pecahan meteorit, dan pakaian astronot.

Anda bahkan bisa melihat koleksi meteorit yang jatuh di Indonesia pada tahun 1975 di ruangan ini.

3. Teleskop observasi

planetarium-jakarta-teleskop-observatorium

Planetarium Jakarta tidak hanya digunakan sebagai tempat pameran, tetapi pada periode-periode tertentu, tempat ini juga sering menjadi tempat mengamati benda-benda langit dan fenomena astronomi yang berlangsung secara terbuka dan dapat dilihat langsung oleh masyarakat umum. .

Yang menarik, di sini Anda bisa melihat berbagai jenis teleskop yang digunakan petugas untuk mengamati bintang atau fenomena astronomi.

Jika Anda seorang muslim, maka salah satu teleskop untuk melihat hilal sebagai penentu datang dan berakhirnya Ramadhan, bisa Anda lihat di sini.

Baca juga: Seaworld Ancol Jakarta

Teleskop untuk melihat bulan baru disebut teleskop Asko. Teleskop ini merupakan teleskop reflektor yang menggunakan cermin dengan diameter 32 sentimeter.

Lalu ada juga Teleskop Takahashi. Ini juga merupakan teleskop reflektor yang memiliki diameter 16 sentimeter.

Lalu ada juga teleskop Elbow dengan diameter 15 sentimeter yang bisa Anda lihat.

Alamat Planetarium Jakarta

Alamat Planetarium Jakarta berlokasi di Jalan Cikini Raya No.73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Lokasi tepatnya ada di Taman Ismail Marzuki, jadi Anda pasti tidak akan kesulitan menemukannya.

bagaimana-planetarium-jakarta

Petunjuk Menuju Planetarium Jakarta

Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju Planetarium Jakarta tergantung dari arah kedatangan dan sarana transportasi yang Anda gunakan.

Misalnya, jika Anda datang dengan kereta api, rutenya adalah sebagai berikut:

Dari arah Bekasi

Bagi Anda yang datang dari Bekasi, silakan naik kereta api dari stasiun Bekasi ke stasiun Jakarta Kota atau stasiun Cikini.

Kini, setelah sampai di Stasiun Cikini, Anda bisa mengakses lokasi Taman Ismail Marzuki dengan naik ojek, taksi, atau ojol.

Jarak antara Stasiun Cikini dan Taman Ismail Marzuki hanya sekitar 1 kilometer. Pengemudi atau ojol juga harus mengetahui lokasi Taman Ismail Marzuki.

Baca juga: Museum Kota Tua Jakarta

Dari Tangerang

Bagi yang berangkat dari Tangerang, naik kereta KRL ke stasiun Duri, lalu lanjutkan dengan kereta api lain ke stasiun Manggarai.

Dari stasiun Manggarai, Anda kemudian naik kereta api lain dengan tujuan menuju stasiun Jakarta Kota atau Cikini.

Sesampainya di stasiun Cikini, Anda bisa menggunakan ojol atau taksi menuju Taman Ismail Marzuki seperti jalur Bekasi di atas.

Selain arah Tangerang dan Bekasi, jalur menuju Planetarium Jakarta dengan kereta api juga bisa digunakan bagi Anda yang datang dari arah Bogor atau Depok.

Faktanya adalah Anda hanya perlu pergi ke stasiun Cikini dan kemudian menggunakan transportasi umum untuk mengaksesnya Taman Ismail Marzuki disinilah letak Planetarium Jakarta.

Jam Buka Planetarium Jakarta

jadwal-planetarium-jakarta

Jam buka Planetarium Jakarta mulai dari pukul 08:00 WIB hingga 15:00 WIB setiap hari kecuali hari Senin.

Hari Jam buka
Selasa – Minggu 08.00 – 15.00 WIB

Dari Selasa hingga Kamis, Anda dapat mengunjungi dan mempelajari semua tentang astrologi selama jam buka Planetarium Jakarta.

Namun untuk pertunjukan atau atraksi yang diadakan di Planetarium Jakarta ada jadwal tertentu yang dibagi menjadi 3 sesi setiap harinya.

Baca juga: Samudra Mimpi Samudra

Jadwal pertunjukan Planetarium Jakarta bisa kamu lihat di bawah ini:

Hari (Akhir) Tampilkan kalender
Selasa – Jumat (Grup) 09:30 WIB (Sesi 1) – 13:30 WIB (Sesi 2)
Sabtu – Minggu dan hari libur nasional (Perorangan) 09.00 WIB (Sesi 1) – 12.00 WIB (Sesi 2) – 15.30 WIB (Sesi 3)

Harap dicatat bahwa jadwal pertunjukan untuk individu dan kelompok bervariasi dari hari ke hari.

Jadi jika datang secara rombongan, datanglah pada hari Selasa hingga Jumat, sedangkan bagi yang datang sendiri, datanglah pada hari Sabtu dan Minggu atau pada hari libur dan berangkat bersama-sama.

Dengan mengetahui jadwal pertunjukan, Anda mungkin bisa mengatur waktu keberangkatan agar tidak terlambat saat tiba di venue.

Harga Tiket Masuk Planetarium Jakarta

harga-tiket-masuk-planetarium-jakarta

Untuk menghadiri atraksi atau pertunjukan di Planetarium Jakarta, pengunjung harus membeli tiket Tiket Masuk Planetarium Jakarta.

Baca juga: Wisata sejarah di Jakarta, museum Fatahillah

Anda dapat melihat harga tiket masuk pada tabel berikut:

Jenis tiket Harga
Individu Rp 7.000 (anak-anak) – Rp 12.000 (dewasa)
pita Rp 5000 (mahasiswa) – Rp 12.000 (masyarakat umum)

Sebagai informasi tambahan, tiket grup hanya berlaku jika grup terdiri dari minimal 100 orang.

Baca juga: Petualangan Air Atlantis

Fasilitas Planetarium Jakarta

Fasilitas umum di Planetarium Jakarta cukup lengkap. Di tempat ini, Anda akan menemukan beberapa fasilitas antara lain area parkir, toilet, ruang tunggu, AC di setiap kamar, tempat sampah dan tempat ibadah.

fasilitas-planetarium-jakarta

Baca juga: Pemandangan & Tengara di Jakarta

Liburan di Planetarium Jakarta bisa anda lakukan sebagai penutup liburan setelah menjelajahi semua tempat wisata di jakarta. Setelah bersenang-senang di tempat wisata alam atau taman bermain, jangan lupa untuk memperbarui latar belakang Anda di Planetarium Jakarta Cikini.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button