PKL kota bandung jadi destinasi wisata bertema dan bersiap - WisataHits
Jawa Barat

PKL kota bandung jadi destinasi wisata bertema dan bersiap

Data terakhir jumlah PKL pada tahun 2020 mencapai sekitar 1.800 di Monumen Perjuangan (Monju), menurut Evy Oktaviyanti, Kepala Bidang Usaha Non Formal Biro Koperasi dan UKM (Diskopukm) Kota Bandung.

“Namun, kami tidak tahu apakah angka itu akan naik atau turun. Oleh karena itu, bersama Satgasus PKL langsung kami datangi,” kata Evy usai Acara Jawab Bandung, Rabu 7 September 2022.

Tim Satgas PKL tersebar di 10 blok di sepanjang Monju. Pengumpulan data akan berlanjut hingga minggu depan.

“Setelah itu kita akan fokus di Cilaki. Itu untuk penataan Cilaki Atas nanti,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, penertiban akan dilakukan oleh 55 zona merah di 13 kecamatan di seluruh Kota Bandung. Audiensi akan diadakan hari ini di distrik Kiaracondong untuk menertibkan pedagang kaki lima yang hadir di sana.

“Sesuai arahan Sekda untuk melakukan pendataan terlebih dahulu. Kami juga akan koordinasikan pengendalian jangka pendek, menengah, dan panjang di beberapa tempat,” katanya.

Ia mengakui, pendataan selama ini bermanfaat karena menggunakan pendekatan humanistik.

“Kami selalu berkoordinasi dengan PKL dan tim pendampingnya. Kami bercita-cita agar para pedagang kaki lima di kota Bandung bisa segera naik ke SPP,” ujarnya.

“Departemen Cipta Karya, Pembangunan Gedung dan Tata Ruang (Ciptabintar) akan merancang seberapa luas ukuran PKL di Monju dapat digunakan. Kami akan memilih topik yang sesuai nanti,” jelasnya.

Tangani ini sebagai upaya pemulihan ekonomi yang tetap patuh. Menurut dia, Pemkot Bandung juga akan mengoptimalkan potensi tersebut dengan acara-acara promosi.

“Kami juga melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimcam) untuk membawa ini ke pedagang kaki lima,” tambahnya. (Kebisingan)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung

Yayan A. Brilyana

Source: www.bandung.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button